Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 4 Januari 2024 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 4 Januari 2024 dan Injil

123119
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 4 Januari 2024, Bacaan Injil Yohanes 1:35-42 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Yoh. 3:7-10; Mazmur: 98:1. 7-8. 9; R:3cd; PEKAN SEBELUM EPIFANI (P); Sta.Elisabeth Anna Bayley Seton; B.Angela dr Foligno, Biarw.;

BACAAN I – 1 Yohanes 3

1Yoh 3:7
Anak-anakku, janganlah membiarkan seorangpun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benar, sama seperti Kristus adalah benar;

1Yoh 3:8
barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu.

1Yoh 3:9
Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.

1Yoh 3:10
Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya.

 

MAZMUR 98 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 4 Januari 2024

Mzm 98:1
Mazmur. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.

Mzm 98:7
Biarlah gemuruh laut serta isinya, dunia serta yang diam di dalamnya!

Mzm 98:8
Biarlah sungai-sungai bertepuk tangan, dan gunung-gunung bersorak-sorai bersama-sama

Mzm 98:9
di hadapan TUHAN, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kebenaran.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 4 Januari 2024

Sekali peristiwa Yohanes berdiri di tempat ia membaptis orang di Sungai Yordan bersama dengan dua orang muridnya. Ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata, “Lihat, inilah Anak Domba Allah!” Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus. Namun, Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka, “Apa yang kamu cari?” Kata mereka kepada-Nya, “Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?” la berkata kepada mereka, “Marilah dan kamu akan melihatnya.”

Mereka pun datang dan melihat di mana la tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama Dia. Waktu itu kira-kira pukul empat. Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus. Andreas mula-mula menemui Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya, “Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus).” Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata, “Engkau adalah Simon, anak Yohanes. Engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus).”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 4 Januari 2024, Bacaan Injil

Yesus dalam Injil hari ini berkata, “Mari dan lihatlah,” ketika dua murid Yohanes Pembaptis bertanya kepada-Nya di mana Dia tinggal. Ini adalah undangan pertama Yesus untuk “datang” kepada-Nya. Ternyata waktu singkat tinggal bersama Yesus telah mengubah hidup mereka. Di kemudian hari, la mengundang mereka lagi dengan berkata, “Ikutlah aku, dan kamu akan kujadikan penjala manusia” (Mrk. 1:17) dan sejak itu mereka menjadi pengikut setia Yesus mewartakan kabar gembira.

Dengan kata lain, pertama-tama Dia mengundang untuk melihat dan mengenal, lalu diajak bersama Dia untuk menjadi pewarta kabar baik. Jika kita sungguh punya pengalaman personal dengan Kristus, kita dapat “menunjukkan” Dia kepada orang lain. Sebagaimana yang dilakukan Yohanes, dia hanya mengarahkan murid-muridnya kepada Kristus, lalu mereka pergi dan melihatnya sendiri. Setelah kita ditarik dan dikenal oleh Yesus, kita akan terdorong untuk membawa orang lain kepada-Nya.

Andreas tidak bisa menyimpan rahasia untuk dirinya sendiri. Dia mulai bersaksi. Menjadi perekrut bagi Kristus. Dia mencari saudaranya Simon, dan membawanya kepada Yesus.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Januari 2024

.

.

Tuhan, semoga kami dikuatkan oleh perjumpaan dengan-Mu sehingga kami siap menjadi pewarta kasih setia-Mu. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here