Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Januari 2024 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Januari 2024 dan Injil

122435
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Januari 2024, Bacaan Injil Yohanes 1:29-34 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Yoh. 2:29-3:6; Mazmur: 98:1. 3cd-4.5-6; R:3cd; PEKAN SEBELUM EPIFANI (P); St.Anterus, St.Fulgensius; Pfak Nama Yesus yang Tersuci;

BACAAN I – 1 Yohanes 2 dan 3

1Yoh 2:29
Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya.

1Yoh 3:1
Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.

1Yoh 3:2
Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.

1Yoh 3:3
Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.

1Yoh 3:4
Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.

1Yoh 3:5
Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa.

1Yoh 3:6
Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia.

 

MAZMUR 98 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Januari 2024

Mzm 98:1
Mazmur. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.

Mzm 98:3
Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

Mzm 98:4
Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!

Mzm 98:5
Bermazmurlah bagi TUHAN dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu yang nyaring,

Mzm 98:6
dengan nafiri dan sangkakala yang nyaring bersorak-soraklah di hadapan Raja, yakni TUHAN!

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Januari 2024

Ketika Yohanes membaptis di Sungai Yordan, ia melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata, “Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia. Dialah yang kumaksudkan ketika kukatakan: Sesudah aku akan datang seorang yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. Aku pun dulu tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya la dinyatakan kepada Israel.”

Selanjutnya Yohanes bersaksi, katanya, “Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan la tinggal di atas-Nya. Aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah.”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Januari 2024, Bacaan Injil

Kesaksian Yohanes Pembaptis tentang Yesus dalam Injil hari ini dapat dipercaya, terutama karena merupakan kesaksian yang hidup. Yohanes bukan orang munafik dan semua orang tahu itu. Mereka berduyun-duyun datang kepada dia karena keaslian hidupnya. Bahkan, orang Farisi datang untuk menerima baptisannya. Kata-katanya penuh kuasa dan didengarkan karena dia menghidupi apa yang dia khotbahkan.

Hidup seorang Kristen sejati harus autentik. Kritik utama terhadap kekristenan saat ini adalah bahwa orang Kristen tidak menjalankan apa yang mereka yakini. Gandhi pernah mengatakan bahwa dia akan menjadi Kristen jika orang Kristen telah menjalankan keyakinan mereka. Sayangnya, terlalu banyak dari kita gagal untuk hidup sesuai dengan ajaran Kristus.

Itulah sebabnya Paus Paulus VI yang menyebut evangelisasi sebagai “‘misi esensial Gereja” berkata, “Di atas segalanya, Injil harus diberitakan dengan kesaksian.” Bahkan, ketika kita tidak berbicara tentang Tuhan, orang akan melihat hidup kita. Apa yang kita lakukan menujukkan apa yang kita hayati.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini 2 Januari 2024

.

.

Ya Bapa, berilah kami semangat dan kesanggupan untuk meneladani Putra-Mu dalam langkah hidup sehari-hari, agar lewat hidup kami, semakin banyak orang percaya akan karya agung-Mu. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here