Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 2 Januari 2024 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 2 Januari 2024 dan Injil

120699
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 2 Januari 2024, Bacaan Injil Yohanes 1:19-28 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Yoh. 2:22-28; Mazmur: 98:1.2-3ab. 3cd4; R:3b; PEKAN SEBELUM EPIFANI; Pw St.Basilius Agung dan St.Gregorius dr Nazianze (P);

BACAAN I – 1 Yohanes 1

1Yoh 2:22
Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.

1Yoh 2:23
Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa.

1Yoh 2:24
Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari mulanya, itu harus tetap tinggal di dalam kamu. Jika apa yang telah kamu dengar dari mulanya itu tetap tinggal di dalam kamu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa.

1Yoh 2:25
Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal.

1Yoh 2:26
Semua itu kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu.

1Yoh 2:27
Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu?dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta?dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

1Yoh 2:28
Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya.

 

MAZMUR 98 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 2 Januari 2024

Mzm 98:1
Mazmur. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.

Mzm 98:2
TUHAN telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa.

Mzm 98:3
Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

Mzm 98:3
Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

Mzm 98:4
Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 2 Januari 2024

Inilah kesaksian Yohanes ketika para pemuka Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia, “Siapakah engkau?” Ia mengaku dan berterus terang, katanya, “Aku bukan Mesias.” Lalu, mereka bertanya kepadanya, “Kalau begitu, siapa? Apakah engkau Elia?” la menjawab, “Bukan!”

“Engkaukah nabi yang akan datang?” la pun menjawab, “Bukan!” Karena itu, kata mereka kepadanya, “Siapakah engkau? Sebab kami harus memberi jawab kepada mereka yang mengutus kami. Apakah katamu tentang dirimu sendiri?” Jawabnya, “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlsh jalan Tuhan! seperti yang telah dikatakan Nabi Yesaya.”

Di antara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi. Mereka bertanya kepadanya, “Kalau demikian, mengapa engkau membaptis, jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?” Yohanes menjawab mereka, “Aku membaptis dengan air. Namun, di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal, yaitu Dia, yang datang sesudah aku. Membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.” Hal itu terjadi di Betania, di seberang Sungai Yordan, tempat Yohanes membaptis.

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 2 Januari 2024, Bacaan Injil

“Siapakah Engkau?” Pertanyaan yang ditujukan kepada Yohanes ini diajukan oleh beberapa imam dan orang Lewi. Yohanes memberikan jawaban sejujur-jujurnya, sebagaimana ia melihat dirinya. la hanya seorang utusan yang mempersiapkan jalan bagi Tuhan. Jika pertanyaan yang sama diajukan kepada kita, apa jawaban kita?

Di dunia kita yang kompleks, pertanyaan ini bukan pertanyaan sepele. Ada banyak yang bersedia menawarkan kepada kita identitas yang sudah jadi. Lalu, kita tergoda untuk menempelkan identitas itu agar menjadi bagian dari jati diri kita supaya bisa diterima, dihargai, dan dihormati oleh orang lain. Kesuksesan, kekayaan, ketenaran, atau bahkan jumlah followers di media sosial seolah-olah menjadi bagian yang harus ditempelkan pada identitas kita supaya kita diterima atau dianggap ada.

Santo Yohanes melihat diri dengan jujur serta rendah hati untuk menerimanya. Kerendahan hati adalah sikap yang penting untuk maju dalam kehidupan rohani. Maka, dibutuhkan kemauan terus-menerus untuk menyangkal diri dan terbuka terhadap bimbingan Tuhan, bahkan kalau la membimbing kita kepada hal yang sungguh berbeda dengan apa yang ditawarkan dunia.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini 1 Januari 2024

.

.

Tuhan, mampukan kami melihat diri sebagaimana Engkau melihat kami, yakni sebagai pribadi-pribadi yang Engkau terima dan cintai tanpa syarat. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here