Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 28 Desember 2023 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 28 Desember 2023 dan Injil

119169
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 28 Desember 2023, Bacaan Injil Matius 2:13-18 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Yoh. 1:5-2:2; Mazmur: 124:2-3.4-5.7b-8; R:7a; HARI KE-4 OKTAF NATAL; Pesta Kanak-kanak Suci (M);

BACAAN I – 1 Yohanes 1

1Yoh 1:5
Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

1Yoh 1:6
Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.

1Yoh 1:7
Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.

1Yoh 1:8
Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.

1Yoh 1:9
Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

1Yoh 1:10
Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita.

1Yoh 2:1
Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.

1Yoh 2:2
Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

 

MAZMUR 124 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 28 Desember 2023

Mzm 124:2
jikalau bukan TUHAN yang memihak kepada kita, ketika manusia bangkit melawan kita,

Mzm 124:3
maka mereka telah menelan kita hidup-hidup, ketika amarah mereka menyala-nyala terhadap kita;

Mzm 124:4
maka air telah menghanyutkan kita, dan sungai telah mengalir melingkupi diri kita,

Mzm 124:5
maka telah mengalir melingkupi diri kita air yang meluap-luap itu.

Mzm 124:7
Jiwa kita terluput seperti burung dari jerat penangkap burung; jerat itu telah putus, dan kitapun terluput!

Mzm 124:8
Pertolongan kita adalah dalam nama TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 28 Desember 2023

Setelah orang-orang majus yang mengunjungi Bayi Yesus di Betlehem itu pulang, tampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi. Malaikat itu berkata, “Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya! Larilah ke Mesir, dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Raja Herodes akan mencari Anak itu untuk dibunuh.”

Maka Yusuf pun bangunlah. Malam itu juga diambilnya Anak itu serta ibu-Nya, lalu menyingkir ke Mesir, dan tinggal di sana sampai Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan lewat nabi-Nya, “Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku.” Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, sangat marahlah ia.

Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu. Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia: “Terdengarlah suara di Rama, tangis dan ratap yang amat memilukan; Rahel menangisi anak-anaknya, dan ia tidak mau dihibur, sebab mereka tidak ada lagi.”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 28 Desember 2023, Bacaan Injil

Hari ini, Gereja mengenang kematian sejumlah anak di Betlehem yang dibunuh oleh Herodes. Herodes ingin membunuh kanak-kanak Yesus yang baru saja lahir di wilayah itu. Akan tetapi, karena tidak mendapat informasi yang jelas, ia lalu membunuh semua anak yang berumur dua tahun ke bawah di Betlehem.

Padahal sebelum itu, Herodes berpesan kepada orang-orang majus untuk memberi informasi tentang Bayi yang baru lahir itu supaya ia juga datang menyembah-Nya. Peristiwa itu menyadarkan kita akan penguasa duniawi yang cenderung mengorbankan orang-orang kecil dan lemah demi kepentingan kekuasaan.

Demikian pula, kata-kata indah tentang hal-hal baik yang mereka ucapkan belum tentu sejalan dengan perbuatan mereka. Rasul Yohanes, dalam suratnya, mengajak kita untuk hidup suci dan berlaku jujur di hadapan Tuhan. Iman, menurut Yohanes, tidak hanya dalam kata-kata atau doa.

Sikap dan perbuatan mesti mencerminkan apa yang kita imani itu. Bahkan, ketika kita berdosa, baiklah kita mengaku di hadapan Tuhan untuk mendapat belas kasih-Nya. “Jika kita mengaku dosa kita, maka la adalah setia dan adil, sehingga la akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” (1 Yoh. 1:9).

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Desember 2023

.

.

Ya Tuhan, kuatkanlah kami untuk senantiasa memelihara hidup yang suci di hadapan-Mu dengan berlaku baik terhadap sesama dan alam lingkungan. Semoga iman yang kami ucapkan dengan kata-kata dapat kami hayati selalu dalam sikap dan tindakan kami. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here