Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Desember 2023 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Desember 2023 dan Injil

118498
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Desember 2023, Bacaan Injil Yohanes 20:2-8 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Yoh. 1:1-4; Mazmur: 97:1-2.5-6.11-12 Ref: 12a; HARI KE-3 OKTAF NATAL; Pesta St.Yohanes Rasul & Peng. Injil (P);

BACAAN I – 1 Yohanes 1

1Yoh 1:1
Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup?itulah yang kami tuliskan kepada kamu.

1Yoh 1:2
Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.

1Yoh 1:3
Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.

1Yoh 1:4
Dan semuanya ini kami tuliskan kepada kamu, supaya sukacita kami menjadi sempurna.

 

MAZMUR 97 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Desember 2023

Mzm 97:1
TUHAN adalah Raja! Biarlah bumi bersorak-sorak, biarlah banyak pulau bersukacita!

Mzm 97:2
Awan dan kekelaman ada sekeliling Dia, keadilan dan hukum adalah tumpuan takhta-Nya.

Mzm 97:5
Gunung-gunung luluh seperti lilin di hadapan TUHAN, di hadapan Tuhan seluruh bumi.

Mzm 97:6
Langit memberitakan keadilan-Nya, dan segala bangsa melihat kemuliaan-Nya.

Mzm 97:11
Terang sudah terbit bagi orang benar, dan sukacita bagi orang-orang yang tulus hati.

Mzm 97:12
Bersukacitalah karena TUHAN, hai orang-orang benar, dan nyanyikanlah syukur bagi nama-Nya yang kudus.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Desember 2023

Pada hari Minggu Paskah, setelah mendapati makam Yesus kosong. Maria Magdalena berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus. Ia berkata kepada mereka, “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya, dan kami tidak tahu di mana la diletakkan.” Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur.

Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat daripada Petrus, sehingga ia lebih dahulu sampai di kubur. Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kafan terletak di tanah; tetapi ia tidak masuk ke dalam. Maka tibalah Simon menyusul dia, dan masuk ke dalam kubur itu. la melihat kain kafan terletak di tanah,

sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kafan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain, dan sudah tergulung. Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu; ia melihatnya dan percaya.

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Desember 2023, Bacaan Injil

Yohanes dikenal sebagai salah satu rasul yang dekat dengan Tuhan Yesus. Dia bersama Petrus dan Yakobus bahkan mengalami peristiwa-peristiwa penting bersama Tuhan Yesus saat berkarya. Kedekatan dengan Tuhan itu, Yohanes refleksikan secara mendalam dan tuliskan dalam kitab Injil. la juga mengajarkan dengan kata-kata yang indah tentang cinta kasih Tuhan dalam surat-suratnya.

Kita belajar dari Yohanes, rasul dan penulis Injil, bahwa untuk menjadi pengajar yang baik, kita perlu terlebih dahulu menjadi murid yang baik. Kita menimba pengetahuan dan pengalaman melalui pengalaman langsung, mendengar dan membaca berbagai informasi. Semua itu menjadi modal untuk disampaikan kepada orang-orang lain. “Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu pun beroleh persekutuan dengan kami …. Dan semuanya ini kami tuliskan kepada kamu, supaya sukacita kami meniadi sempurna” (1Yoh. 1:3 -4).

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Desember 2023

.

.

Ya Tuhan, semoga kami dapat mengalami Engkau yang begitu dekat dan akrab dengan kami, seperti yang dialami oleh Yohanes, rasul dan penulis Injil. Jadikan kami pewarta ulung kerajaan-Mu bagi dunia zaman sekarang. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here