Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Januari 2024 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Januari 2024 dan Injil

139574
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Januari 2024, Bacaan Injil Markus 4:35-41 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 2Sam. 12:1-7a. 10-17; Mazmur: 51:12-13. 14-15. 16-17; R:12a; PEKAN BIASA III (H); St.Angela Merici; St.Robertus, Alberikus, dan Stefanus;

BACAAN I – 2 Samuel 12

2Sam 12:1
TUHAN mengutus Natan kepada Daud. Ia datang kepada Daud dan berkata kepadanya: “Ada dua orang dalam suatu kota: yang seorang kaya, yang lain miskin.

2Sam 12:2
Si kaya mempunyai sangat banyak kambing domba dan lembu sapi;

2Sam 12:3
si miskin tidak mempunyai apa-apa, selain dari seekor anak domba betina yang kecil, yang dibeli dan dipeliharanya. Anak domba itu menjadi besar padanya bersama-sama dengan anak-anaknya, makan dari suapnya dan minum dari pialanya dan tidur di pangkuannya, seperti seorang anak perempuan baginya.

2Sam 12:4
Pada suatu waktu orang kaya itu mendapat tamu; dan ia merasa sayang mengambil seekor dari kambing dombanya atau lembunya untuk memasaknya bagi pengembara yang datang kepadanya itu. Jadi ia mengambil anak domba betina kepunyaan si miskin itu, dan memasaknya bagi orang yang datang kepadanya itu.”

2Sam 12:5
Lalu Daud menjadi sangat marah karena orang itu dan ia berkata kepada Natan: “Demi TUHAN yang hidup: orang yang melakukan itu harus dihukum mati.

2Sam 12:6
Dan anak domba betina itu harus dibayar gantinya empat kali lipat, karena ia telah melakukan hal itu dan oleh karena ia tidak kenal belas kasihan.”

2Sam 12:7
Kemudian berkatalah Natan kepada Daud: “Engkaulah orang itu! Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Akulah yang mengurapi engkau menjadi raja atas Israel dan Akulah yang melepaskan engkau dari tangan Saul.

2Sam 12:10
Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu.

 

2Sam 12:11
Beginilah firman TUHAN: Bahwasanya malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu yang datang dari kaum keluargamu sendiri. Aku akan mengambil isteri-isterimu di depan matamu dan memberikannya kepada orang lain; orang itu akan tidur dengan isteri-isterimu di siang hari.

2Sam 12:12
Sebab engkau telah melakukannya secara tersembunyi, tetapi Aku akan melakukan hal itu di depan seluruh Israel secara terang-terangan.”

2Sam 12:13
Lalu berkatalah Daud kepada Natan: “Aku sudah berdosa kepada TUHAN.” Dan Natan berkata kepada Daud: “TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati.

2Sam 12:14
Walaupun demikian, karena engkau dengan perbuatan ini telah sangat menista TUHAN, pastilah anak yang lahir bagimu itu akan mati.”

2Sam 12:15
Kemudian pergilah Natan ke rumahnya. Dan TUHAN menulahi anak yang dilahirkan bekas isteri Uria bagi Daud, sehingga sakit.

2Sam 12:16
Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karena anak itu, ia berpuasa dengan tekun dan apabila ia masuk ke dalam, semalam-malaman itu ia berbaring di tanah.

2Sam 12:17
Maka datanglah kepadanya para tua-tua yang di rumahnya untuk meminta ia bangun dari lantai, tetapi ia tidak mau; juga ia tidak makan bersama-sama dengan mereka.

 

MAZMUR 51 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Januari 2024

Mzm 51:12
(51-14) Bangkitkanlah kembali padaku kegirangan karena selamat yang dari pada-Mu, dan lengkapilah aku dengan roh yang rela!

Mzm 51:13
(51-15) Maka aku akan mengajarkan jalan-Mu kepada orang-orang yang melakukan pelanggaran, supaya orang-orang berdosa berbalik kepada-Mu.

Mzm 51:14
(51-16) Lepaskanlah aku dari hutang darah, ya Allah, Allah keselamatanku, maka lidahku akan bersorak-sorai memberitakan keadilan-Mu!

Mzm 51:15
(51-17) Ya Tuhan, bukalah bibirku, supaya mulutku memberitakan puji-pujian kepada-Mu!

Mzm 51:16
(51-18) Sebab Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan; sekiranya kupersembahkan korban bakaran, Engkau tidak menyukainya.

Mzm 51:17
(51-19) Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Januari 2024

Pada suatu hari, menjelang malam, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Marilah kita bertolak ke seberang.” Mereka meninggalkan orang banyak itu lalu bertolak bersama Yesus yang sudah berada dalam perahu, dan perahu-perahu lain juga menyertai Dia. Lalu mengamuklah topan yang dahsyat sekali dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air. Yesus sedang tidur di buritan memakai bantal, lalu murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya.

“Guru, tidak pedulikah Engkau kalau kita binasa?” la pun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu, “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. Lalu la berkata kepada mereka, “Mengapa kamu ketakutan? Belumkah kamu percaya?” Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain, “Siapa sebenarnya orang ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?”
.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 27 Januari 2024, Bacaan Injil

Dari peristiwa peredaan angin ribut kita dapat menarik dua pesan. Yang pertama adalah tentang identitas sebenarnya dari Yesus, sebagai jawaban atas pertanyaan para murid yang takut dan takjub, “Siapa sebenarnya orang ini sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?” Angin reda menunjukkan bahwa Yesus adalah pribadi yang memiliki kuasa Allah sendiri. Pesan kedua terletak pada simbol dalam kisah, yang bisa kita pakai untuk melambangkan Gereja mula-mula. Perahu melambangkan komunitas Gereja. Laut di sekitarnya adalah dunia. Yesus naik ke perahu bersama para murid, dan Dia terlihat tidak berbeda dari mereka.

Kemudian, badai dahsyat muncul dan ombak akan menenggelamkan perahu. Lalu, di mana Yesus selama badai berlangsung? Tidur! Tidak sedikit pun khawatir. Murid-murid memarahi-Nya, “Guru, tidak pedulikah Engkau kalau kita binasa?” Betapa sering keluhan seperti ini muncul ketika komunitas kita babak belur oleh macam-macam kesulitan, dan kita bertanya di mana Tuhan ketika kita ada dalam masalah besar. Tuhan yang kemudian bangun dan menenangkan angin akan balik memarahi, “Mengapa kamu ketakutan? Belumkah kamu percaya?”

Tuhan, semoga kami selalu percaya bahwa Engkau peduli pada situasi sulit kami sehingga kami tetap tenang karena menyadari Engkau tidak jauh. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here