Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Januari 2024 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Januari 2024 dan Injil

138946
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Januari 2024, Bacaan Injil Lukas 10:1-9 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 2Tim. 1:1-8 atau Tit. 1:1-5; Mazmur: 96:1-2. 2b-3. 7-8a. 10; R3; PEKAN BIASA III (P) Pw St.Timotius dan Titus; Sta.Paula; St.Stefanus Harding, St.Robertus Molesmes;

BACAAN I – 2 Timotius 1

2Tim 1:1
Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah untuk memberitakan janji tentang hidup dalam Kristus Yesus,

2Tim 1:2
kepada Timotius, anakku yang kekasih: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai engkau.

2Tim 1:3
Aku mengucap syukur kepada Allah, yang kulayani dengan hati nurani yang murni seperti yang dilakukan nenek moyangku. Dan selalu aku mengingat engkau dalam permohonanku, baik siang maupun malam.

2Tim 1:4
Dan apabila aku terkenang akan air matamu yang kaucurahkan, aku ingin melihat engkau kembali supaya penuhlah kesukaanku.

2Tim 1:5
Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.

2Tim 1:6
Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.

2Tim 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

2Tim 1:8
Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah.

MAZMUR 96 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Januari 2024

Mzm 96:1
Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, menyanyilah bagi TUHAN, hai segenap bumi!

Mzm 96:2
Menyanyilah bagi TUHAN, pujilah nama-Nya, kabarkanlah keselamatan yang dari pada-Nya dari hari ke hari.

Mzm 96:2
Menyanyilah bagi TUHAN, pujilah nama-Nya, kabarkanlah keselamatan yang dari pada-Nya dari hari ke hari.

Mzm 96:3
Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatan yang ajaib di antara segala suku bangsa.

Mzm 96:7
Kepada TUHAN, hai suku-suku bangsa, kepada TUHAN sajalah kemuliaan dan kekuatan!

Mzm 96:8
Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya!

Mzm 96:10
Katakanlah di antara bangsa-bangsa: “TUHAN itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran.”

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Januari 2024

Pada suatu hari, Tuhan menunjuk tujuh puluh murid yang lain, lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya. Kata-Nya kepada mereka, “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang punya tuaian, supaya la mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala. Janganlah membawa pundi-pundi atau kantong perbekalan atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapa pun selama dalam perjalanan.

Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini. Jikalau di situ ada orang yang cinta damai, salam damaimu itu akan tinggal padanya. Namun, jika tidak, salam damaimu itu kembali kepadamu. Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah. Jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu, dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Januari 2024, Bacaan Injil

Hari ini kita merayakan Santo Timotius dan Titus, para uskup. Kita bersyukur ketika mengenang kemurahan hati dan perngabdian kedua murid Santo Paulus ini. Mereka telah menghadapi banyak kesulitan dalam pengajaran mereka, tetapi mereka tetap setia. Mereka mampu bangkit dari segala kesusahan dan telah memberikan kesaksian pemberian hidup. Seperti 72 murid yang diutus, kita juga dipanggil dan diutus oleh Tuhan untuk bersaksi, untuk meniadi kolaborator-Nya.

Paulus dalam misinya jelas dibantu oleh para kolaborator, seperti Santo Timotius dan Titus yang mampu mewartakan lnjil ke berbagai tempat di Asia Kecil, sekaligus meneguhkan iman beberapa komunitas Kristiani yang membutuhkan dukungan mereka. Ke mana pun mereka sebagai utusan Tuhan pergi, mereka diutus membawa damai Tuhan. Damai adalah sekaligus buah dari pewartaan Injil. Damai, shalom, adalah harmoni batin yang mendalam dalam relasi dengan diri sendiri, dengan orang lain, dengan lingkungan, dan dengan Tuhan. Kedamaian batin adalah hadiah paling berharga yang bisa kita berikan kepada orang lain. Iman, harapan, dan kasih adalah kunci menuju kedamaian itu.

Tuhan, tambahkanlah selalu iman, harapan, dan kasih kami. Semoga karenanya kami selalu membawa damai ke mana pun kami melangkah. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here