Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Desember 2023 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Desember 2023 dan Injil

117968
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Desember 2023, Bacaan Injil Matius 10:17-22 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 6:8-10; 7:54-59; Mazmur: 31:3c-4.6.8a.16b.17; R:6a; HARI KE-2 OKTAF NATAL; Pesta St.Stefanus, Mrt. Pertama (M);

BACAAN I – Kisah Para Rasul 6

Kis 6:8
Dan Stefanus, yang penuh dengan karunia dan kuasa, mengadakan mujizat-mujizat dan tanda-tanda di antara orang banyak.

Kis 6:9
Tetapi tampillah beberapa orang dari jemaat Yahudi yang disebut jemaat orang Libertini?anggota-anggota jemaat itu adalah orang-orang dari Kirene dan dari Aleksandria?bersama dengan beberapa orang Yahudi dari Kilikia dan dari Asia. Orang-orang itu bersoal jawab dengan Stefanus,

Kis 6:10
tetapi mereka tidak sanggup melawan hikmatnya dan Roh yang mendorong dia berbicara.

Kis 7:54
Ketika anggota-anggota Mahkamah Agama itu mendengar semuanya itu, sangat tertusuk hati mereka. Maka mereka menyambutnya dengan gertakan gigi.

Kis 7:55
Tetapi Stefanus, yang penuh dengan Roh Kudus, menatap ke langit, lalu melihat kemuliaan Allah dan Yesus berdiri di sebelah kanan Allah.

Kis 7:56
Lalu katanya: “Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah.”

Kis 7:57
Maka berteriak-teriaklah mereka dan sambil menutup telinga serentak menyerbu dia.

Kis 7:58
Mereka menyeret dia ke luar kota, lalu melemparinya. Dan saksi-saksi meletakkan jubah mereka di depan kaki seorang muda yang bernama Saulus.

Kis 7:59
Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katanya: “Ya Tuhan Yesus, terimalah rohku.”

 

MAZMUR 31 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Desember 2023

Mzm 31:3
(31-4) Sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena nama-Mu Engkau akan menuntun dan membimbing aku.

Mzm 31:4
(31-5) Engkau akan mengeluarkan aku dari jaring yang dipasang orang terhadap aku, sebab Engkaulah tempat perlindunganku.

Mzm 31:6
(31-7) Engkau benci kepada orang-orang yang memuja berhala yang sia-sia, tetapi aku percaya kepada TUHAN.

Mzm 31:8
(31-9) dan tidak menyerahkan aku ke tangan musuh, tetapi menegakkan kakiku di tempat yang lapang.

Mzm 31:16
(31-17) Buatlah wajah-Mu bercahaya atas hamba-Mu, selamatkanlah aku oleh kasih setia-Mu!

Mzm 31:17
(31-18) TUHAN, janganlah membiarkan aku mendapat malu, sebab aku berseru kepada-Mu; biarlah orang-orang fasik mendapat malu dan turun ke dunia orang mati dan bungkam.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Desember 2023

Pada waktu mengutus murid-murid-Nya, Yesus berkata, “Waspadalah terhadap semua orang! Sebab ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama; dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. Karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.

Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu khawatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berbicara, melainkan Roh Bapamu; Dialah yang akan berbicara dalam dirimu.

Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh; demikian juga seorang ayah akan menyerahkan anaknya. Anak-anak akan memberontak terhadap orangtuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya, akan selamat.

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 26 Desember 2023, Bacaan Injil

Stefanus mengalami apa yang disabdakan Tuhan Yesus, “Janganlah kamu khawatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan karena semua itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu” (Mat. 10: 19-20).

Stefanus memberi kesaksian tentang Tuhan Yesus yang bangkit dengan tidak ragu-ragu di depan para pemuka bangsa Yahudi. la bertahan dalam imannya sampai mati karena dilempari batu. Stefanus dihormati sebagai martir pertama dalam Gereja. Kita perlu meneladan semangat martir Stefanus dalam memberi kesaksian tentang iman akan Kristus pada zaman sekarang.

Memberi kesaksian iman tidak selalu melalui khotbah pada mimbar gereja atau kesempatan ibadat. Kita juga memberi kesaksian lewat tutur kata, sikap, dan cara hidup yang baik di tengah masyarakat. Untuk itu, kita perlu selalu berdoa meminta Roh Kudus memimpin kita dalam bersikap dan bertindak. Roh Kuduslah yang memberanikan kita untuk memberi kesaksian tentang Kristus yang bangkit, bahkan ketika itu ditantang dan dilawan oleh orang lain.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini 25 Desember 2023

.

.

Ya Tuhan, semoga semangat Santo Stefanus, martir-Mu, menyala dalam hati kami. Pimpinlah kami agar berani memberi kesaksian iman di tengah masyarakat. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here