Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 25 Desember 2023 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 25 Desember 2023 dan Injil

118091
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 25 Desember 2023, Bacaan Injil Malam: Luk 2:1-14/Fajar: Luk. 2:15-20 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Malam: Yes. 9:1-6/Fajar Yes. 62:11-12; Mazmur: Mzm 96:1-2a.2b-3.11-12.13: R:Luk. 2:11/Fajar Mzm. 97: 1.6.11-12; Bacaan II: Malam: Tit 2:11-14/Fajar: Tit 3:4-7; O PEKAN I; HARI RAYA NATAL (P);

BACAAN I – Yesaya 9/62

MALAM

Yes 9:1
(8-23) Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman untuk negeri yang terimpit itu. Kalau dahulu TUHAN merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, maka di kemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain.

Yes 9:2
(9-1) Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.

Yes 9:3
(9-2) Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan sukacita yang besar; mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan.

Yes 9:4
(9-3) Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian.

Yes 9:5
(9-4) Sebab setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api.

Yes 9:6
(9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

FAJAR

Yes 62:11
Sebab inilah yang telah diperdengarkan TUHAN sampai ke ujung bumi! Katakanlah kepada puteri Sion: Sesungguhnya, keselamatanmu datang; sesungguhnya, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.

Yes 62:12
Orang akan menyebutkan mereka “bangsa kudus”, “orang-orang tebusan TUHAN”, dan engkau akan disebutkan “yang dicari”, “kota yang tidak ditinggalkan”.

 

MAZMUR 96/97 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 25 Desember 2023

MALAM

Mzm 96:1
Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, menyanyilah bagi TUHAN, hai segenap bumi!

Mzm 96:2
Menyanyilah bagi TUHAN, pujilah nama-Nya, kabarkanlah keselamatan yang dari pada-Nya dari hari ke hari.

Mzm 96:2
Menyanyilah bagi TUHAN, pujilah nama-Nya, kabarkanlah keselamatan yang dari pada-Nya dari hari ke hari.

Mzm 96:3
Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatan yang ajaib di antara segala suku bangsa.

Mzm 96:11
Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorak, biarlah gemuruh laut serta isinya,

Mzm 96:12
biarlah beria-ria padang dan segala yang di atasnya, maka segala pohon di hutan bersorak-sorai

Mzm 96:13
di hadapan Tuhan, sebab Ia datang. sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia datang menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kesetianNya.

FAJAR

Mzm 97:1
TUHAN adalah Raja! Biarlah bumi bersorak-sorak, biarlah banyak pulau bersukacita!

Mzm 97:6
Langit memberitakan keadilan-Nya, dan segala bangsa melihat kemuliaan-Nya.

Mzm 97:11
Terang sudah terbit bagi orang benar, dan sukacita bagi orang-orang yang tulus hati.

Mzm 97:12
Bersukacitalah karena TUHAN, hai orang-orang benar, dan nyanyikanlah syukur bagi nama-Nya yang kudus.

 

BACAAN II – Titus 2/3 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 25 Desember 2023

MALAM

Tit 2:11
Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.

Tit 2:12
Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keingina duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini

Tit 2:13
dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,

Tit 2:14
yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

FAJAR

Tit 3:4
Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia,

Tit 3:5
pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

Tit 3:6
yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juruselamat kita,

Tit 3:7
supaya kita, sebagai orang yang dibenarkan oleh kasih karunia-Nya, berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 25 Desember 2023

Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia. Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi gubernur di Siria. Karena itu pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri.

Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem-karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud-supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. Ketika mereka berada di Betlehem, tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung.

Lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Lalu berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka, dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka sehingga mereka sangat ketakutan.

Kata malaikat itu kepada mereka, “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juru Selamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud, Inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan.”

Tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara Surga yang memuji Allah, katanya: “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang Mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 25 Desember 2023, Bacaan Injil

Penginjil Yohanes tidak menceritakan bagaimana Tuhan Yesus lahir. Akan tetapi, ia merefleksikan secara mendalam peristiwa kelahiran itu. la menyebut Yesus sebagai Firman Allah, Dia yang menciptakan segala sesuatu dan Firman itu adalah Allah sendiri. Peristiwa kelahiran Tuhan Yesus lalu menjadi misteri inkarnasi Allah yang masuk ke dalam sejarah dunia yang fana, terbatas oleh ruang dan waktu. “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita.”

Kelahiran Tuhan Yesus menunjukkan kasih dan kebaikan Tuhan, yang rela turun dari takhta kemuliaan-Nya dan masuk ke dalam dunia yang fana. Peristiwa iman ini terjadi karena cinta kasih-Nva pada manusia, untuk membebaskan kita dari kematian akibat dosa dan mengangkat kembali martabat kita sebagai orang-orang yang diselamatkan. Inilah kabar sukacita yang kita rayakan dengan meriah dan penuh rasa syukur saat Natal.

Namun, pada saat yang sama, refleksi Yohanes Penginjil mengajak kita untuk juga berinkarnasi, masuk ke dalam pengalaman nyata kehidupan sehari-hari. Seperti Tuhan Yesus yang hadir membawa pembaruan, keselamatan, dan pengharapan bagi manusia, demikian pula kita melakukan perbuatan-perbuatan baik sebagai ungkapan aktif dari iman akan Allah. Kita lalu menjadi perpanjangan tangan Tuhan bagi diri sendiri dan sesama dalam menghadapi aneka persoalan dan tantangan hidup.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini 24 Desember 2023

.

.

Ya Bapa, perayaan kelahiran Putra-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus, membawa sukacita bagi kami. Semoga kami juga dikuatkan untuk selalu hadir bagi sesama yang membutuhkan perhatian dan bantuan dalam hidup sehari-hari. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here