Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 23 Januari 2024 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 23 Januari 2024 dan Injil

137473
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 23 Januari 2024, Bacaan Injil Markus 3:31-35 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 2Sam 6:12b-15. 17-19; Mazmur: 24:7.8.9.10: R8a; PEKAN BIASA III (H); St.Yohanes Penderma; Sta.Martina; B.Hendrikus SuSo OP; B.Yosepha Maria; Hari Keenam Pekan Doa Sedunia;

BACAAN I – 2 Samuel 6

2Sam 6:12
Diberitahukanlah kepada raja Daud, demikian: “TUHAN memberkati seisi rumah Obed-Edom dan segala yang ada padanya oleh karena tabut Allah itu.” Lalu Daud pergi mengangkut tabut Allah itu dari rumah Obed-Edom ke kota Daud dengan sukacita.

2Sam 6:13
Apabila pengangkat-pengangkat tabut TUHAN itu melangkah maju enam langkah, maka ia mengorbankan seekor lembu dan seekor anak lembu gemukan.

2Sam 6:14
Dan Daud menari-nari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga; ia berbaju efod dari kain lenan.

2Sam 6:15
Daud dan seluruh orang Israel mengangkut tabut TUHAN itu dengan diiringi sorak dan bunyi sangkakala.

2Sam 6:17
Tabut TUHAN itu dibawa masuk, lalu diletakkan di tempatnya, di dalam kemah yang dibentangkan Daud untuk itu, kemudian Daud mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan di hadapan TUHAN.

2Sam 6:18
Setelah Daud selesai mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan, diberkatinyalah bangsa itu demi nama TUHAN semesta alam.

2Sam 6:19
Lalu dibagikannya kepada seluruh bangsa itu, kepada seluruh khalayak ramai Israel, baik laki-laki maupun perempuan, kepada masing-masing seketul roti bundar, sekerat daging, dan sepotong kue kismis. Sesudah itu pergilah seluruh bangsa itu, masing-masing ke rumahnya.

 

MAZMUR 24 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 23 Januari 2024

Mzm 24:7
Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan!

Mzm 24:8
“Siapakah itu Raja Kemuliaan?” “TUHAN, jaya dan perkasa, TUHAN, perkasa dalam peperangan!”

Mzm 24:9
Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan!

Mzm 24:10
“Siapakah Dia itu Raja Kemuliaan?” “TUHAN semesta alam, Dialah Raja Kemuliaan!”

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 23 Januari 2024

Sekali peristiwa datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus ke tempat la sedang mengajar. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia. Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya, “Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan mencari Engkau.” Jawab Yesus kepada mereka “Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku? la melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata, “Inilah ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Siapa saja yang melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, saudara-Ku perempuan, dan ibu-Ku.”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 23 Januari 2024, Bacaan Injil

Hari ini Yesus mengajarkan suatu kebenaran tentang Kerajaan Allah. la mengajar tentang realitas kekerabatan spiritual yang lebih tinggi, yaitu keluarga Allah. Kita belajar dari perikop Injil ini tentang Yesus dan keluarga-Nya. Pertama, kita menjadi bagian dari keluarga Allah dengan melakukan kehendak-Nya. Yesus berkata, “Siapa saja yang melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, saudara-Ku perempuan, dan ibu-Ku.” Melalui kata-kata ini, relasi biologis dengan Kristus tidak masuk hitungan. Kekeluargaan sejati bukan hanya soal darah dan daging.

Di sini Yesus benar-benar menekankan bahwa hubungan rohani lebih unggul daripada ikatan keluarga, apalagi kadang-kadang keluarga kita tidak memahami kita ketika kita melayani Tuhan. Kedua, Bunda Maria adalah teladan bagi kita dalam melakukan kehendak Allah. Bunda Maria tidak membanggakan tempat istimewanya dalam sejarah keselamatan. Sebaliknya, ia adalah hamba Tuhan. Kehendak Tuhan adalah yang terpenting dalam hidupnya. Dia mencari kesempurnaan dan kebahagiaannya dari sumber segala kekudusan dan kesempurnaan, yaitu Yesus sendiri. Dengan kata lain, Bunda Maria mengajar kita bagaimana menjadi anggota keluarga Allah.

Bunda Maria, doakanlah agar kami selalu mengarahkan hati untuk mencari dan melakukan kehendak Allah dalam hidup kami sehari-hari. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here