Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 6 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 6 Mei 2024 Bacaan Injil

197861
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 6 Mei 2024, Bacaan Injil Yohanes 15:26-16:4a (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 16:11-15; Mazmur: 149:12.3-4. 5-6a. 9b; R:4a; PEKAN PASKAH VI (P); St.Dominikus Savio; B.Anna Rosa Gattorno;

BACAAN I

Kis 16:11
Lalu kami bertolak dari Troas dan langsung berlayar ke Samotrake, dan keesokan harinya tibalah kami di Neapolis;

Kis 16:12
dari situ kami ke Filipi, kota pertama di bagian Makedonia ini, suatu kota perantauan orang Roma. Di kota itu kami tinggal beberapa hari.

Kis 16:13
Pada hari Sabat kami ke luar pintu gerbang kota. Kami menyusur tepi sungai dan menemukan tempat sembahyang Yahudi, yang sudah kami duga ada di situ; setelah duduk, kami berbicara kepada perempuan-perempuan yang ada berkumpul di situ.

Kis 16:14
Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus.

Kis 16:15
Sesudah ia dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, ia mengajak kami, katanya: “Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku.” Ia mendesak sampai kami menerimanya.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 6 Mei 2024

Mzm 149:1
Haleluya! Nyanyikanlah bagi TUHAN nyanyian baru! Pujilah Dia dalam jemaah orang-orang saleh.

Mzm 149:2
Biarlah Israel bersukacita atas Yang menjadikannya, biarlah bani Sion bersorak-sorak atas raja mereka!

Mzm 149:3
Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tari-tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi!

Mzm 149:4
Sebab TUHAN berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan.

Mzm 149:5
Biarlah orang-orang saleh beria-ria dalam kemuliaan, biarlah mereka bersorak-sorai di atas tempat tidur mereka!

Mzm 149:6
Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan mereka,

Mzm 149:9
untuk melaksanakan terhadap mereka hukuman seperti yang tertulis. Itulah semarak bagi semua orang yang dikasihi-Nya. Haleluya!

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 6 Mei 2024

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Ketika Penolong yang akan Kuutus kepadamu dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, la akan bersaksi tentang Aku. Kamu juga harus bersaksi, karena kamu sejak semula bersama-sama dengan Aku. Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan terguncang dan jatuh.

Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbakti kepada Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. Tetapi, semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saat mereka, kamu ingat bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 6 Mei 2024, Bacaan Injil

Roh Kudus adalah saksi utama dalam pewartaan Injil. Meskipun demikian, kita tetap ada bagian dalam pewartaan Injil tersebut. Kita juga perlu bersaksi sebagaimana Yesus telah mengatakannya: Roh Kudus akan bersaksi tentang Aku, tetapi kamu juga harus bersaksi.

Mengapa kita perlu selalu mengingat bahwa saksi utama adalah Roh Kudus? Ketika kita mewartakan Injil, akan ada orang yang menerima pewartaan kita seperti Lidia dalam Bacaan Pertama (Kis. 16:11-15), dan akan ada pula yang menolak. Ketika kita ditolak, bahkan dianiaya, kita tidak perlu kecewa dan putus asa karena ini adalah pekerjaan Roh Kudus.

Tugas kita adalah menabur benih Injil tersebut. Tuhanlah yang akan memberikan pertumbuhan. Demikian juga, jika kesaksian kita diterima, kita tidak boleh lupa diri dan sombong, menjadikannya sebagai kesuksesan pribadi karena Tuhanlah yang memberikan pertumbuhan.

Sukacita kita adalah kita telah diperkenankan ikut mengambil bagian dalam pewartaan Injil. Semua itu kita lakukan demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan sesama. Dengan demikian, kita jauh dari sikap kecewa, putus asa, lupa diri, dan sombong.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 5 Mei 2024

.

.

Bapa, jadikanlah kami pembawa penghiburan-Mu bagi nmreka yang sedang berduka, tawar hati, atau sakit hati. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here