Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 5 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 5 Mei 2024 Bacaan Injil

197219
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 5 Mei 2024, Bacaan Injil Yohanes 15:9-17 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 10:25-26. 34-35. 44-48; Mazmur: 98:1. 2-3ab. 3cd-4; R:2b; Bacaan II: 1Yoh. 4:7-10; O PEKAN II PEKAN PASKAH VI (P);

BACAAN I

Kis 10:25
Ketika Petrus masuk, datanglah Kornelius menyambutnya, dan sambil tersungkur di depan kakinya, ia menyembah Petrus.

Kis 10:26
Tetapi Petrus menegakkan dia, katanya: “Bangunlah, aku hanya manusia saja.”

Kis 10:34
Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: “Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.

Kis 10:35
Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.

Kis 10:44
Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu.

Kis 10:45
Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga,

Kis 10:46
sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. Lalu kata Petrus:

Kis 10:47
“Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?”

Kis 10:48
Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 5 Mei 2024

Mzm 98:1
Mazmur. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.

Mzm 98:2
TUHAN telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa.

Mzm 98:3
Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

Mzm 98:3
Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

Mzm 98:4
Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!

 

BACAAN II – Renungan Harian Hari Ini 5 Mei 2024

1Yoh 4:7
Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.

1Yoh 4:8
Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.

1Yoh 4:9
Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya.

1Yoh 4:10
Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 5 Mei 2024

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikian juga Aku telah mengasihi kamu. Tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.

Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar daripada ini, yakni seseorang memberikan nyawanya demi sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu melakukan apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak lagi menyebut kamu hamba, sebab hamba tidak tahu apa yang diperbuat oleh tuannya. Namun, Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. Inilah perintah-Ku kepadamu: Hendaklah kamu saling mengasihi.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 5 Mei 2024, Bacaan Injil

Bapa mencintai semua orang karena la adalah kasih. la mencintai siapa saja tanpa melihat latar belakang, jenis kelamin, umur, pendidikan, jabatan, kekayaan, suku, negara, maupun agama. Jika Bapa mencintai semua orang, berarti la mencintai pemeluk agama lain, bahkan yang tidak beragama sebagaimana la mencintai kita orang Katolik.

Kita masih dapat memahami pernyataan seperti itu dalam kehidupan kita di dunia ini. Kenyataannya, Tuhan menerbitkan matahari dan menurunkan hujan bagi semua orang, baik bagi kita orang Katolik maupun penganut agama lain, bahkan kaum atheis. Namun, apakah Bapa yang adalah cinta juga menyelamatkan semua orang? Dari awal mula Gereja, pertanyaan ini berusaha dijawab.

Dalam Bacaan Pertama, kita melihat bagaimana bangsa yang tidak bersunat diselamatkan. Tanpa harus disunat, mereka diperbolehkan dibaptis supaya dapat mengambil bagian dalam hidup menggereja. Roh Kudus sudah turun atas mereka. Karena itu, tidak ada alasan untuk menolak permintaan mereka untuk dibaptis. Pertanyaan kita sekarang: Apakah mereka yang tidak dibaptis akan selamat?

Kasih Tuhan melampaui hal itu. Tuhan akan mengupayakan berbagai cara supaya setiap anak-Nya tidak binasa. Jika semua orang akan selamat, mengapa kita perlu dibaptis dalam Gereja Katolik? Janganlah kita kecewa dan bersungut-sungut terhadap kasih Tuhan yang melebihi pemahaman kita. Apakah kita tidak bahagia bahwa kita sudah diselamatkan? Apakah kita tidak bahagia kalau orang lain juga diselamatkan?

 

Bapa telah mengampuni dosa-dosa kita lewat Sakramen Baptis dan Sakramen Tobat sebagaimana Tuhan telah mengampuni mereka yang tidak seagama dengan kita lewat cara yang Dia sendiri ketahui. Jika kita melihat sesama sebagaimana Bapa melihat mereka, sukacita kita akan sama dengan sukacita Bapa. Inilah sukacita orang Katolik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan melihat orang lain sebagai musuh, tetapi sungguh sebagai saudara dan saudari dari satu Bapa.

Karena kita adalah pengikut Kristus, kita mampu bertindak seperti itu. Maka, tugas kita adalah mewartakan kepada semua orang, termasuk penganut agama lain bahwa Bapa adalah Kasih dan la mencintai kita semua. Bapa menghendaki kita semua selamat. Jika ada di antara mereka meminta untuk dibaptis, janganlah kita berpikir bahwa itu adalah hasil kerja kita, tetapi itu adalah semata-mata karya Roh Kudus.

Kasih Bapa itu terwujud secara nyata dalam diri Putra-Nya, Tuhan kita Yesus Kristus yang rela mengorbankan diri-Nya demi keselamatan umat manusia. Di sini Yesus menunjukkan bahwa aspek yang menonjol dalam cinta kasih adalah berkorban. Sebab berkorban berarti memberikan sesuatu dari diri sendiri, bahkan yang paling berharga, yaitu nyawa. Untuk menyelamatkan umat manusia, Yesus menyerahkan nyawa-Nya dengan mati di kayu salib. Hidup-Nya, nyawa-Nya, la korbankan.

Dengan pengorbanan Yesus ini, kita umat manusia memperoleh keselamatan, memperoleh kehidupan, dan memperoleh kemerdekaan yang sesungguhnya. Dengan teladan ini, Yesus hendak menunjukkan kepada kita bahwa keselamatan, kehidupan, dan kemerdekaan terjadi jika ada kerelaan untuk berkorban, kesediaan dari hati untuk memberikan sesuatu, serta kerelaan untuk melepaskan sesuatu dari diri sendiri.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 4 Mei 2024

.

.

Bapa, semoga kami semakin mencintai sesama sebagaimana Engkau telah mencintai kami. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here