Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 6 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 6 Juni 2024 Bacaan Injil

232697
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 6 Juni 2024, Bacaan Injil Markus 12:28b-34 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 2Tim. 2:8-15; Mazmur: 25:4bc-5ab. 8-9. 10. 14; R:4b; PEKAN BIASA IX (H); St.Norbertus;

BACAAN I

2Tim 2:8
Ingatlah ini: Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati, yang telah dilahirkan sebagai keturunan Daud, itulah yang kuberitakan dalam Injilku.

2Tim 2:9
Karena pemberitaan Injil inilah aku menderita, malah dibelenggu seperti seorang penjahat, tetapi firman Allah tidak terbelenggu.

2Tim 2:10
Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal.

2Tim 2:11
Benarlah perkataan ini: “Jika kita mati dengan Dia, kitapun akan hidup dengan Dia;

2Tim 2:12
jika kita bertekun, kitapun akan ikut memerintah dengan Dia; jika kita menyangkal Dia, Diapun akan menyangkal kita;

2Tim 2:13
jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya.”

2Tim 2:14
Ingatkanlah dan pesankanlah semuanya itu dengan sungguh-sungguh kepada mereka di hadapan Allah, agar jangan mereka bersilat kata, karena hal itu sama sekali tidak berguna, malah mengacaukan orang yang mendengarnya.

2Tim 2:15
Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 6 Juni 2024

Mzm 25:4
Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku.

Mzm 25:5
Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku, Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari.

Mzm 25:8
TUHAN itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat.

Mzm 25:9
Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati.

Mzm 25:10
Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya.

Mzm 25:14
TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 6 Juni 2024

Pada suatu hari datanglah seorang ahli Taurat kepada Yesus, dan bertanya, “Perintah manakah yang paling utama?” Jawab Yesus, “Perintah yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhanlah Allah kita, Tuhan itu esa. Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

Perintah yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada perintah lain yang lebih utama daripada kedua perintah ini.” Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus, “Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia. Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan,

dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri jauh lebih utama daripada semua kurban bakaran dan kurban lainnya.” ” Melihat bahwa orang itu menjawab dengan bijaksana, Yesus berkata kepadanya “Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah!” Lalu tidak seorang pun berani lagi menanyakan sesuatu kepada-Nya.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 6 Juni 2024, Bacaan Injil

Mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama adalah hukum atau perintah utama. Apa maksudnya hukum atau perintah utama? Setidaknya, apa yang dikatakan Yesus iu adalah tuntunan dalam hidup kita sehari-hari. Jangan hanya “omong doang”, tetapi sungguh- sungguh bisa kita hidupi.

Bahkan, Tuhan bisa mengatakan kepada kita, “Jika engkau ingin mencintai-Ku, wujudkanlah dengan mencintai sesamamu!” Bagaimana kita bisa mencintai Tuhan? Tidak hanya diukur dengan banyaknya waktu yang kita pakai dalam doa! Tentu saja tidak bermaksud mengesampingkan kehidupan doa, tetapi hidup doa kita itu harus sungguh berbuah dalam kasih kepada sesama.

Lalu, siapakah yang kita sebut sebagai sesama itu? Di sinilah kita harus tegas. Sesama bukan melulu orang yang selalu mendukung kita, keluarga kita. Atau yang seagama dengan kita. Yang selalu sependapat dengan kita. Juga orang yang selalu baik dengan kita.

Namun, sesama adalah semua orang, termasuk musuh-musuh kita sebagaimana Yesus mengatakan bahwa cintailah musuh-musuhmu dan doakanlah orang yang menganiaya kamu! Itu berarti, kita harus mencintai semua orang. Semua orang patut mendapatkan “pertobatan” hidup dan berbalik kepada-Nya. Dan inilah tugas kita. Jika bisa demikian, gembiralah kita, karena sudah menabur benih surga di dunia. Mampukah kita menjadi sesama bagi siapa pun?

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 5 Juni 2024

.

.

Tuhan, jadikanlah kami pembawa damai bagi siapa pun di dunia ini. Jauhkan dari pada kami sikap-sikap yang dapat menyulut konflik. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here