Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 5 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 5 Juni 2024 Bacaan Injil

231762
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 5 Juni 2024, Bacaan Injil Markus 12:18-27 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 2Tim. 1:1-3.6-12; Mazmur: 123:1-2a. 2bcd; R:1a; PEKAN BIASA IX; Pw St.Bonifasius, UskMrt (M);

BACAAN I

2Tim 1:1
Dari Paulus, rasul Kristus Yesus oleh kehendak Allah untuk memberitakan janji tentang hidup dalam Kristus Yesus,

2Tim 1:2
kepada Timotius, anakku yang kekasih: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai engkau.

2Tim 1:3
Aku mengucap syukur kepada Allah, yang kulayani dengan hati nurani yang murni seperti yang dilakukan nenek moyangku. Dan selalu aku mengingat engkau dalam permohonanku, baik siang maupun malam.

2Tim 1:6
Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu.

2Tim 1:7
Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

2Tim 1:8
Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah.

2Tim 1:9
Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman

2Tim 1:10
dan yang sekarang dinyatakan oleh kedatangan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang oleh Injil telah mematahkan kuasa maut dan mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa.

2Tim 1:11
Untuk Injil inilah aku telah ditetapkan sebagai pemberita, sebagai rasul dan sebagai guru.

2Tim 1:12
Itulah sebabnya aku menderita semuanya ini, tetapi aku tidak malu; karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya kepadaku hingga pada hari Tuhan.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 5 Juni 2024

Mzm 123:1
Nyanyian ziarah. Kepada-Mu aku melayangkan mataku, ya Engkau yang bersemayam di sorga.

Mzm 123:2
Lihat, seperti mata para hamba laki-laki memandang kepada tangan tuannya, seperti mata hamba perempuan memandang kepada tangan nyonyanya, demikianlah mata kita memandang kepada TUHAN, Allah kita, sampai Ia mengasihani kita.

Mzm 123:2
Lihat, seperti mata para hamba laki-laki memandang kepada tangan tuannya, seperti mata hamba perempuan memandang kepada tangan nyonyanya, demikianlah mata kita memandang kepada TUHAN, Allah kita, sampai Ia mengasihani kita.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 5 Juni 2024

Pada suatu hari datanglah kepada Yesus orang-orang Saduki, yang mengatakan bahwa tidak ada kebangkitan. Mereka bertanya kepada-Nya, “Guru, Musa menuliskan hal ini untuk kita: Jika seorang, yang mempunyai saudara laki-laki, mati dengan meninggalkan seorang istri tetapi tidak meninggalkan anak, saudaranya harus mengawini perempuan itu dan memberi keturunan bagi saudaranya itu.

Ada tujuh orang bersaudara. Yang pertama mengawini seorang perempuan, lalu mati tanpa meninggalkan keturunan. Lalu yang kedua juga mengawini dia dan mati tanpa meninggalkan keturunan. Demikian juga dengan yang ketiga. Begitulah seterusnya, ketujuhnya tidak meninggalkan keturunan. Akhirnya, sesudah mereka semua, perempuan itu pun mati.

Pada waktu kebangkitan, ketika mereka bangkit, siapakah yang menjadi suami perempuan itu? Sebab, ketujuhnya telah beristrikan dia.” Jawab Yesus kepada mereka, “Bukankah kamu sesat, sebab kamu tidak mengerti Kitab Suci maupun kuasa Allah? Sebab, bilamana mereka bangkit dari antara orang mati, mereka tidak kawin dan tidak dikawinkan tetapi menjadi seperti malaikat di surga.

Juga tentang bangkitnya orang-orang mati, tidakkah kamu baca dalam Kitab Musa, dalam cerita tentang semak duri, bagaimana Allah berfirman kepadanya: Akulah Allah Abraham, Allah Ishak, dan Allah Yakub? la bukanlah Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup. Kamu benar-benar sesat!”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 5 Juni 2024, Bacaan Injil

Apa yang terjadi di dunia ini tidak serta-merta akan terjadi sama persis dalam kehidupan setelah hidup di dunia ini. Tentu tidak sepenuhnya kita tahu yang akan terjadi setelah kematian. Atau bahkan bisa dipastikan bahwa kita hanya tahu sedikit. Karena itu, dalam beriman, kita jangan bersikap “sok tahu” segala sesuatu. Apalagi “sok tahu” terkait dengan dunia setelah kita mengalami kematian.

Yang dibutuhkan dalam beriman adalah kerendahan hati dan pengharapan. Memang benar bahwa selama kita di dunia ini ada kawin dan dikawinkan. Akan tetapi, Yesus menegaskan bahwa setelah kematian, tidak ada lagi kawin dan dikawinkan. Sebab setelah kematian, jiwa hidup laksana para malaikat. Maka, kehidupan di dunia ini adalah kesempatan bagi kita untuk mempersiapkan jiwa memperoleh harta surgawi itu, yaitu hidup dalam sukacita dan kegembiraan surgawi.

Maka, hati-hatilah dalam beriman. Jangan sampai kita hidup dalam ketersesatan; hidup yang justru “menyesatkan” orang lain. Mari kita bermenung, apa sikap dan cara hidup kita yang justru masuk dalam kategori “ketersesatan” dan “menyesatkan” itu? Mampukah kita memperbaiki diri sebelum terlambat dan fatal?

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 4 Juni 2024

.

.

Terima kasih, ya Tuhan, Engkau selalu meluruskan hidup kami dan bahkan menegur kami agar kami bisa kembali mengikuti jalan-Mu. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here