Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 4 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 4 Juni 2024 Bacaan Injil

230960
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 4 Juni 2024, Bacaan Injil Markus 12:13-17 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 2Ptr. 3:12-15a. 17-18; Mazmur: 90:2. 34. 10. 14. 16; R:1; PEKAN BIASA IX (H); B.Yakobus dr Viterbo; St.Petrus dr Verona;

BACAAN I

2Ptr 3:12
yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.

2Ptr 3:13
Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.

2Ptr 3:14
Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.

2Ptr 3:15
Anggaplah kesabaran Tuhan kita sebagai kesempatan bagimu untuk beroleh selamat, seperti juga Paulus, saudara kita yang kekasih, telah menulis kepadamu menurut hikmat yang dikaruniakan kepadanya.

2Ptr 3:17
Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, kamu telah mengetahui hal ini sebelumnya. Karena itu waspadalah, supaya kamu jangan terseret ke dalam kesesatan orang-orang yang tak mengenal hukum, dan jangan kehilangan peganganmu yang teguh.

2Ptr 3:18
Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 4 Juni 2024

Mzm 90:2
Sebelum gunung-gunung dilahirkan, dan bumi dan dunia diperanakkan, bahkan dari selama-lamanya sampai selama-lamanya Engkaulah Allah.

Mzm 90:3
Engkau mengembalikan manusia kepada debu, dan berkata: “Kembalilah, hai anak-anak manusia!”

Mzm 90:4
Sebab di mata-Mu seribu tahun sama seperti hari kemarin, apabila berlalu, atau seperti suatu giliran jaga di waktu malam.

Mzm 90:10
Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.

Mzm 90:14
Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami.

Mzm 90:16
Biarlah kelihatan kepada hamba-hamba-Mu perbuatan-Mu, dan semarak-Mu kepada anak-anak mereka.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 4 Juni 2024

Pada waktu itu beberapa orang Farisi dan pendukung Herodes diutus kepada Yesus untuk menjerat Dia dalam perkataan-Nya. Orang-orang itu datang dan berkata kepada- Nya, “Guru, kami tahu, Engkau orang yang jujur. Engkau tidak takut terhadap penilaian orang, sebab Engkau tidak memandang muka, melainkan dengan jujur mengajar tentang jalan Allah.

Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak?” Namun, Yesus mengetahui kemunafikan mereka, lalu berkata kepada mereka, “Mengapa kamu mencobai Aku? Bawalah kepada-Ku satu dinar supaya Kulihat!”

Mereka pun membawanya. Lalu la bertanya kepada mereka, “Gambar dan nama siapakah ini?” Jawab mereka, “Gambar dan nama Kaisar,” Lalu kata Yesus kepada mereka, “Berikanlah milik Kaisar kepada Kaisar dan milik Allah kepada Allah!” Mereka sangat heran mendengar Dia.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 4 Juni 2024, Bacaan Injil

Hati-hatilah dengan kemunafikan. Sebab selain Tuhan, hanya diri kita sendirilah yang mengetahui bahwa kita bersikap munafik. Kemunafikan selalu berkaitan keburukan-keburukan yang tersembunyi. Maka, segala sesuatu yang dilakukan tentu tidak berdasar pada kemurnian hati. Yang ada hanyalah ingin menjatuhkan orang lain.

Dalam Injil hari ini, kita mendengar bahwa orang-orang Farisi hanya ingin mencari-cari kesalahan Yesus. Di hadapan mereka, tidak ada kebaikan yang Yesus lakukan. Karena itu, mereka mengajukan pertanyaan untuk mencobai Dia. Padahal, mereka sendiri sudah tahu jawaban dari pertanyaan itu. Akan tetapi, Yesus mempunyai ketajaman hati untuk melihat kemunafikan mereka.

Bagi sebagian orang, bersikap munafik itu melelahkan. Karena itu, mereka berjuang mengubah hati mereka menjadi baik. Akan tetapi, sebagian orang tertentu justru menikmati kemunafikan itu. Hal itu terjadi karena bersikap munafik sudah merupakan kebiasaan dalam hidup mereka dan hati mereka sudah tumpul.

Terhadap orang-orang seperti ini, Yesus tidak menaruh kebencian. Sebaliknya, Yesus justru ingin mengubah hati mereka. Yesus ingin membersihkan hati mereka agar mereka bersikap jujur, tidak berpura-pura, tidak mendua. Maka, Yesus menantang mereka. Jika kamu tidak jujur, bagaimana mungkin rahmat akan hadir dalam dirimu. Jika kamu tidak jujur, bagaimana kamu bisa dibersihkan dan diselamatkan? Itulah yang hendak Yesus wartakan bagi mereka dan kita semua. Bagaimana dengan kita?

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 3 Juni 2024

.

.

Tuhan, bukalah hati kami agar kami senantiasa berani untuk bersikap jujur dan terbuka, baik terhadap Engkau maupun terhadap sesama. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here