Renungan Harian Hari Ini 5 Juli 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 5 Juli 2024, Bacaan Injil Matius 9:9-13 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Am. 8:4-6.9-12; Mazmur: 119:2. 10. 20. 30. 40. 131; R: Mat. 4:4; PEKAN BIASA XIII (H); St.Antonius Maria Zakaria, Im.;

BACAAN I

Am 8:4
Dengarlah ini, kamu yang menginjak-injak orang miskin, dan yang membinasakan orang sengsara di negeri ini

Am 8:5
dan berpikir: “Bilakah bulan baru berlalu, supaya kita boleh menjual gandum dan bilakah hari Sabat berlalu, supaya kita boleh menawarkan terigu dengan mengecilkan efa, membesarkan syikal, berbuat curang dengan neraca palsu,

Am 8:6
supaya kita membeli orang lemah karena uang dan orang yang miskin karena sepasang kasut; dan menjual terigu rosokan?”

Am 8:9
“Pada hari itu akan terjadi,” demikianlah firman Tuhan ALLAH, “Aku akan membuat matahari terbenam di siang hari dan membuat bumi gelap pada hari cerah.

Am 8:10
Aku akan mengubah perayaan-perayaanmu menjadi perkabungan, dan segala nyanyianmu menjadi ratapan. Dan aku akan mengenakan kain kabung pada setiap pinggang dan menjadikan gundul setiap kepala. Aku akan membuatnya sebagai perkabungan karena kematian anak tunggal, sehingga akhirnya menjadi seperti hari yang pahit pedih.”

Am 8:11
“Sesungguhnya, waktu akan datang,” demikianlah firman Tuhan ALLAH, “Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.

Am 8:12
Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.

 

MAZMUR TANGGAPAN – Renungan Harian Hari Ini 5 Juli 2024

Mzm 119:2
Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati,

Mzm 119:10
Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu.

Mzm 119:20
Hancur jiwaku karena rindu kepada hukum-hukum-Mu setiap waktu.

Mzm 119:30
Aku telah memilih jalan kebenaran, telah menempatkan hukum-hukum-Mu di hadapanku.

Mzm 119:40
Sesungguhnya aku rindu kepada titah-titah-Mu, hidupkanlah aku dengan keadilan-Mu!

Mzm 119:131
Mulutku kungangakan dan megap-megap, sebab aku mendambakan perintah-perintah-Mu.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 5 Juli 2024

Mat 9:9
Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.

Mat 9:10
Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya.

Mat 9:11
Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: “Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?”

Mat 9:12
Yesus mendengarnya dan berkata: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.

Mat 9:13
Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 5 Juli 2024, Bacaan Injil

Matius mungkin tidak pernah membayangkan Yesus, Sang Pengajar terkenal yang banyak dicari orang mau berhenti di tempat pemungutan cukai.

la dan teman-temannya, yang dimusuhi orang Yahudi, dianggap berdosa, hina, dan tidak pantas, didatangi Yesus. la tidak mendatangi rumah pribadi Matius, tetapi tempat pemungutan cukai, tempat ia dan teman-temannya berkumpul.

Karena itu, ketika Yesus meminta dia, “Ikutlah Aku”, ia mengiyakannya tanpa banyak komentar, gugatan atau komplain. Matius bangkit berdiri tanpa kata-kata, dan mengikuti Yesus.

Pengalaman Matius tentu menjadi buah bibir di kalangan para pemungut cukai; mereka pun berkumpul di rumah Matius untuk mengalami sukacita perjumpaan dengan makan bersama Yesus.

Makan bersama berarti duduk semeja dan merasakan persahabatan dan kasih Yesus dari dekat.

Matius dan teman-temannya berlaku laksana orang-orang yang mendengarkan seruan yang disampaikan dalam Kitab Amsal, “Kepadamu aku berseru … Hai orang yang tak berpengalaman, tuntutlah kecerdasan.

Hai orang bebal, mengertilah dalam hatimu. Terimalah didikanku, lebih daripada perak, dan pengetahuan lebih daripada emas pilihan. Karena hikmat lebih berharga daripada permata, apa pun yang orang inginkan, tidak dapat menyamainya.”

Marilah kita belajar mengikuti Yesus dengan meneladan sikap Matius, yang bangkit berdiri tanpa banyak komplain, gugatan, dan keluhan.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 4 Juli 2024

.

.

Ya Tuhan, kuatkanlah kami untuk selalu bangkit berdiri mengikuti Engkau tanpa banyak mengeluh. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here