Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 31 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 31 Mei 2024 Bacaan Injil

227830
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 31 Mei 2024, Bacaan Injil Lukas 1:39-56 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Zef. 3:14-18a atau Rm. 12:9-16b; Mazmur: Yes. 12:2-3. 4bcd. 5-6; R:6b; PEKAN BIASA VIII; Pesta SP Maria Mengunjungi Elisabet (P);

BACAAN I

Zef 3:14
Bersorak-sorailah, hai puteri Sion, bertempik-soraklah, hai Israel! Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati, hai puteri Yerusalem!

Zef 3:15
TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu, telah menebas binasa musuhmu. Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu; engkau tidak akan takut kepada malapetaka lagi.

Zef 3:16
Pada hari itu akan dikatakan kepada Yerusalem: “Janganlah takut, hai Sion! Janganlah tanganmu menjadi lemah lesu.

Zef 3:17
TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai,

Zef 3:18
seperti pada hari pertemuan raya.” “Aku akan mengangkat malapetaka dari padamu, sehingga oleh karenanya engkau tidak lagi menanggung cela.

Rm 12:9
Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.

Rm 12:10
Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

Rm 12:11
Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Rm 12:12
Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Rm 12:13
Bantulah dalam kekurangan orang-orang kudus dan usahakanlah dirimu untuk selalu memberikan tumpangan!

Rm 12:14
Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!

Rm 12:15
Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!

Rm 12:16
Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 31 Mei 2024

Yes 12:2
Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gementar, sebab TUHAN ALLAH itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku.”

Yes 12:3
Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.

Yes 12:4
Pada waktu itu kamu akan berkata: “Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, beritahukanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah, bahwa nama-Nya tinggi luhur!

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 31 Mei 2024

Beberapa waktu sesudah kedatangan Malaikat Gabriel, berangkatlah Maria dan bergegas menuju sebuah kota di pegunungan Yehuda. Lalu ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. Ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabet pun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring,

“Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab, pada saat salammu sampai ke telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Berbahagialah ia yang percaya bahwa apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan akan terlaksana.”

Lalu kata Maria, “Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab la telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Maha Kuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan kuduslah nama-Nya.

Rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia. la memperlihatkan memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang yang congkak hatinya. la menurunkan orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang yang rendah. la melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa.

la menolong Israel, hamba-Nya, karena mengingat rahmat-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya.” Maria tínggal kira-kira tiga bulan bersama Elisabet, lalu pulang ke rumahnya.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 31 Mei 2024, Bacaan Injil

Hari ini kita mengakhiri bulan Mei yang didedikasikan sebagai bulan Maria. Pada akhir bulan ini, kita merayakan pesta Santa Perawan Maria Mengunjungi Elisabet. Pesta ini dirayakan di antara Hari Raya Kabar Sukacita (25 Maret) dan Kelahiran Yohanes Pembaptis (24 Juni), seperti yang tertulis dalam Kitab-Kitab Injil. Dalam pertemuan tersebut, Maria mengagungkan Tuhan (Magnificat) sebagai bentuk kerendahan hati. Dikatakan bahwa Maria bergegas menemui Elisabet. Ini merupakan satu contoh bagaimana kita melaksanakan kebaikan kepada sesama.

Kabar baik, kabar yang membangun dan menggembirakan sesama, janganlah kita tunda atau simpan bagi diri kita sendiri. Kita patut bergembira dengan mereka yang sedang bergembira. Demikian pula sebaliknya. Jika sesama dalam situasi membutuhkan bantuan kita, janganlah kita menunda, tetapi secepatnya kita membantu. Kita membagikan apa yang kita dapat bagikan setiap kali ada kesempatan.

Perjumpaan pribadi seperti yang dilakukan oleh Maria dan Elisabet semakin sering digantikan oleh pertemuan virtual. Meskipun demikian, para lansia, misalnya, amat membutuhkan perjumpaan pribadi face to face. Kehangatan manusiawi tidak dapat digantikan dengan kecanggihan teknologi.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 30 Mei 2024

.

.

Bunda Maria, doakanlah para lansia untuk tetap semangat dalam hidup mereka. Semoga mereka tidak mengalami kesepian dalam hari-hari mereka. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here