Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 30 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 30 Mei 2024 Bacaan Injil

226712
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 30 Mei 2024, Bacaan Injil Markus 10:46-52 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Ptr 2:2-5.9-12; Mazmur: 100:2. 3. 4. 5; R:2c; PEKAN BIASA VIII (H); B.Baptista Varani; B.Marta Wieka; B.Yakobus Filipus Bertonius;

BACAAN I

1Ptr 2:2
Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,

1Ptr 2:3
jika kamu benar-benar telah mengecap kebaikan Tuhan.

1Ptr 2:4
Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah.

1Ptr 2:5
Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

1Ptr 2:9
Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

1Ptr 2:10
kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

1Ptr 2:11
Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa.

1Ptr 2:12
Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 30 Mei 2024

Mzm 100:2
Beribadahlah kepada TUHAN dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!

Mzm 100:3
Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah; Dialah yang menjadikan kita dan punya Dialah kita, umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.

Mzm 100:4
Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, ke dalam pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya dan pujilah nama-Nya!

Mzm 100:5
Sebab TUHAN itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 30 Mei 2024

Pada suatu hari Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Yerikho. Ketika mereka keluar dari Yerikho bersama orang banyak yang berbondong-bondong, ada seorang pengemis yang buta, bernama Bartimeus, anak Timeus, duduk di pinggir jalan. Ketika didengarnya bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru, “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!”

Banyak orang menegurnya supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru, “Anak Daud, kasihanilah aku!” Lalu Yesus berhenti dan berkata, “Panggillah dia!” Mereka memanggil orang buta itu dan berkata kepadanya, “Teguhkan hatimu dan berdirilah, la memanggil engkau.” Orang buta itu menanggalkan jubahnya, lalu segera berdiri dan pergi kepada Yesus.

Tanya Yesus kepadanya, “Apa yang kaukehendaki Kuperbuat bagimu?” Jawab orang buta itu, “Rabuni, aku ingin dapat melihat!” Lalu kata Yesus kepadanya, “Pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau!” Seketika itu juga ia dapat melihat lagi, lalu ia mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 30 Mei 2024, Bacaan Injil

Apakah kita sudah mengecap kebaikan Tuhan hari ini? Jika kita dapat membaca renungan ini, kita adalah orang yang terberkati. Itu berarti kita masih hidup, kita dapat membaca, dan kita masih waras. Itu juga berarti bahwa ada kerinduan dan ada waktu untuk bertemu dengan Bapa kita yang ada di surga. Kita menjadi kuat dan bersemangat, disembuhkan dan diampuni oleh Firman Tuhan.

Hari ini Tuhan Yesus mengatakan kepada kita: imanmu telah menyelamatkan engkau. Itulah salah satu contoh kebaikan Tuhan yang kita alami hari ini. Hari-hari selanjutnya, kebaikan Tuhan sudah menanti. Janganlah kita putus asa dan patah semangat ketika kita difitnah, dipersulit, didiskriminasi, ataupun disiksa. Dalam situasi seperti itu, Tuhan tetap memelihara, melindungi, dan membela kita.

Tidak ada alasan untuk membalas dendam. Maka, tepatlah kata-kata Rasul Petrus dalam Bacaan Pertama: Milikilah cara hidup yang baik di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai pelaku kejahatan, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari la melawat mereka (1Ptr. 2:12). Mari kita mengalahkan kejahatan dengan kebaikan. Kebaikan Tuhan kepada kita sudah cukup menjadi alasan untuk berbuat baik kepada sesama, termasuk musuh-musuh kita.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 29 Mei 2024

.

.

Bapa, dengarkanlah ratapan saudara-saudari kami yang sedang dianiaya di berbagai negara, sebab Engkaulah tempat perlindungan mereka. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here