Renungan Harian Hari Ini 3 Februari 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 3 Februari 2024, Bacaan Injil Markus 6:30-34 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Raj. 3:4-13; Mazmur: 119:9-14; R:12b; PEKAN BIASA IV (H); Hari Sabtu Imam; St.Blasius, UskMrt; St.Ansgarius; St.Gilbertus;

BACAAN I

1Raj 3:4
Pada suatu hari raja pergi ke Gibeon untuk mempersembahkan korban, sebab di situlah bukit pengorbanan yang paling besar; seribu korban bakaran dipersembahkan Salomo di atas mezbah itu.

1Raj 3:5
Di Gibeon itu TUHAN menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi pada waktu malam. Berfirmanlah Allah: “Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.”

1Raj 3:6
Lalu Salomo berkata: “Engkaulah yang telah menunjukkan kasih setia-Mu yang besar kepada hamba-Mu Daud, ayahku, sebab ia hidup di hadapan-Mu dengan setia, benar dan jujur terhadap Engkau; dan Engkau telah menjamin kepadanya kasih setia yang besar itu dengan memberikan kepadanya seorang anak yang duduk di takhtanya seperti pada hari ini.

1Raj 3:7
Maka sekarang, ya TUHAN, Allahku, Engkaulah yang mengangkat hamba-Mu ini menjadi raja menggantikan Daud, ayahku, sekalipun aku masih sangat muda dan belum berpengalaman.

1Raj 3:8
Demikianlah hamba-Mu ini berada di tengah-tengah umat-Mu yang Kaupilih, suatu umat yang besar, yang tidak terhitung dan tidak terkira banyaknya.

 

1Raj 3:9
Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yanjahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?”

1Raj 3:10
Lalu adalah baik di mata Tuhan bahwa Salomo meminta hal yang demikian.

1Raj 3:11
Jadi berfirmanlah Allah kepadanya: “Oleh karena engkau telah meminta hal yang demikian dan tidak meminta umur panjang atau kekayaan atau nyawa musuhmu, melainkan pengertian untuk memutuskan hukum,

1Raj 3:12
maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorangpun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorangpun seperti engkau.

1Raj 3:13
Dan juga apa yang tidak kauminta Aku berikan kepadamu, baik kekayaan maupun kemuliaan, sehingga sepanjang umurmu takkan ada seorangpun seperti engkau di antara raja-raja.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 3 Februari 2024

Mzm 119:9
Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Mzm 119:10
Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu.

Mzm 119:11
Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.

Mzm 119:12
Terpujilah Engkau, ya TUHAN; ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.

Mzm 119:13
Dengan bibirku aku menceritakan segala hukum yang Kauucapkan.

Mzm 119:14
Atas petunjuk peringatan-peringatan-Mu aku bergembira, seperti atas segala harta.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 3 Februari 2024

Pada waktu itu Yesus mengutus murid-murid-Nya mewartakan Injil. Setelah menunaikan tugas itu mereka kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan. Lalu la berkata kepada mereka, “Marilah menyendiri ke tempat yang terpencil, dan beristirahat sejenak!” Sebab, memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat. Lalu berangkatlah mereka dengan perahu menyendiri ke tempat yang terpencil.

Pada waktu mereka bertolak, banyak orang melihat dan mengenali mereka, dengan mengambil jalan darat bergegas-gegaslah orang dari semua kota ke tempat itu sehingga mendahului mereka. Ketika mendarat, Yesus melihat orang banyak berkerumun, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah la mengajarkan banyak hal kepada mereka.
.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 3 Februari 2024, Bacaan Injil

Yesus mengutus para murid-Nya untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Dia berikan. Ketika kembali dari tugas perutusan itu, mereka melaporkan semua hasilnya kepada Yesus. Tentu saja laporan mereka kepada Yesus menimbulkan rasa sukacita bagi-Nya sebab mereka berhasil. Lalu, la mengajak mereka untuk mengalami bersama quality time dengan menyendiri dan beristirahat di tempat yang sunyi. Namun, Yesus selalu memiliki skala prioritas yang jelas.

Hati-Nya tergerak oleh belas kasihan kepada begitu banyak orang yang datang kepada-Nya, yang lebih membutuhkan-Nya karena mereka seperti domba tanpa gembala. la menunjukkan belas kasih-Nya dengan mengajar banyak hal kepada mereka. Dalam hidup ini, kita juga selalu berhadapan dengan banyak pilihan. Kadang-kadang kita mengalami pengalaman Yesus dan para murid-Nya ini, yakni ingin memiliki quality time dan bersenang-senang bersama orang-orang yang dekat dengan kita. Namun, ternyata masih ada orang lain yang jauh lebih membutuhkan kehadiran dan pelayanan kita sehingga merekalah yang menjadi prioritas pelayanan kita.

 

Pengalaman Yesus adalah pengalaman keseharian kita. Hati yang tergerak oleh belas kasih adalah sebuah hikmat. Dalam Bacaan Pertama, kita mendengar pengalaman Raja Salomo yang terplih untuk menggantikan Daud, ayahnya. Pada saat Tuhan Allah bertanya kepadanya tentang apa yang dia butuhkan sebagai seorang raja baru. Salomo ternyata tidak meminta umur panjang, harta, dan kuasa, tetapi ia meminta hikmat untuk memimpin dengan adil dan jujur.

la berkata, “Berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang penuh pengertian untuk menjadi hakim atas umat-Mu dan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat; sebab, siapakah yang sanggup menjadi hakim atas umat-Mu yang besar ini” (1 Raj.3:9). Jika dalam Injil Yesus memiliki hati yang tergerak oleh belas kasih, Salomo memohon supaya Tuhan menganugerahkan kepadanya hati yang penuh hikmat. Mari kita memohon kepada Tuhan agar la memberikan kepada kita hati yang baru, yang penuh belas kasih dan hikmat.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 2 Februari 2024

.

.

Yesus, berikanlah kami hati yang penuh belas kasih dan hikmat supaya kami tetap setia dalam melayani Engkau dan sesama. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here