Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 26 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 26 Mei 2024 Bacaan Injil

224468
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 26 Mei 2024, Bacaan Injil Matius 28:16-20 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Ul. 4:32-34. 39-40; Mazmur: 33:4-5. 6.9. 18-19. 20. 22; R:12; Bacaan II: Rm. 8:14-17; HR TRITUNGGAL MAHA KUDUS (P);

BACAAN I

Ul 4:32
Sebab cobalah tanyakan, dari ujung langit ke ujung langit, tentang zaman dahulu, yang ada sebelum engkau, sejak waktu Allah menciptakan manusia di atas bumi, apakah ada pernah terjadi sesuatu hal yang demikian besar atau apakah ada pernah terdengar sesuatu seperti itu.

Ul 4:33
Pernahkah suatu bangsa mendengar suara ilahi, yang berbicara dari tengah-tengah api, seperti yang kaudengar dan tetap hidup?

Ul 4:34
Atau pernahkah suatu allah mencoba datang untuk mengambil baginya suatu bangsa dari tengah-tengah bangsa yang lain, dengan cobaan-cobaan, tanda-tanda serta mujizat-mujizat dan peperangan, dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung dan dengan kedahsyatan-kedahsy yang besar, seperti yang dilakukan TUHAN, Allahmu, bagimu di Mesir, di depan matamu?

Ul 4:39
Sebab itu ketahuilah pada hari ini dan camkanlah, bahwa Tuhanlah Allah yang di langit di atas dan di bumi di bawah, tidak ada yang lain.

Ul 4:40
Berpeganglah pada ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian, dan supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk selamanya.”

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 26 Mei 2024

Mzm 33:4
Sebab firman TUHAN itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan.

Mzm 33:5
Ia senang kepada keadilan dan hukum; bumi penuh dengan kasih setia TUHAN.

Mzm 33:6
Oleh firman TUHAN langit telah dijadikan, oleh nafas dari mulut-Nya segala tentaranya.

Mzm 33:9
Sebab Dia berfirman, maka semuanya jadi; Dia memberi perintah, maka semuanya ada.

Mzm 33:18
Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya,

Mzm 33:19
untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.

Mzm 33:20
Jiwa kita menanti-nantikan TUHAN. Dialah penolong kita dan perisai kita!

Mzm 33:22
Kasih setia-Mu, ya TUHAN, kiranya menyertai kami, seperti kami berharap kepada-Mu.

 

BACAAN II – Renungan Harian Hari Ini 26 Mei 2024

Rm 8:14
Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

Rm 8:15
Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”

Rm 8:16
Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.

Rm 8:17
Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 26 Mei 2024

Sesudah Yesus bangkit dari antara orang mati, kesebelas murid berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata, “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi.

Karena itu, pergilah, jadikan semua bangsa murid-Ku, dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 26 Mei 2024, Bacaan Injil

Banyak orang menuduh orang Kristen mempunyai tiga Allah. Tuduhan tersebut dapat saja berangkat dari kesalahpahaman maupun dari kekerasan hati. Mereka tidak mengerti atau tidak mau memahami bahwa orang Kristen percaya pada Allah Tritunggal, yaitu satu Allah dalam tiga Pribadi.

Mereka bersikeras bahwa orang Kristen percaya pada tiga Allah, yaitu Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Padahal, menurut iman kita, Bapa, Putra, dan Roh Kudus itu adalah tiga Pribadi Allah dan tiga Pribadi itu adalah satu kodrat ilahi. Pengalaman sehari-hari dapat membantu manusia memahami misteri Tritunggal Maha Kudus tersebut.

Singular (tunggal) selalu mengandaikan plural (banyak), dan sebaliknya. Kita dapat memahami bahwa satu rumah terdiri atas beberapa kamar, satu keluarga atau perkumpulan dibangun atas beberapa anggota, atau satu benda dapat dibagi dalam beberapa bagian yang berbeda-beda. Lantas, mengapa kita tidak dapat memahami bahwa satu Allah terdiri atas tiga Pribadi?

Orang dapat saja menolak kebenaran Tritunggal Maha Kudus karena tidak mau menerima konsekuensi dari iman tersebut. Salah satu konsekuensinya adalah kita harus mencintai sesama sebagaimana Allah mencintai. Kita percaya bahwa Allah adalah kasih dan kasih itu mengandaikan pluralitas. Bapa tidak dapat dikatakan mencintai jika tidak ada Putra yang dicintai-Nya.

 

Cinta antara Bapa dan Putra akan menjadi eksklusif atau tertutup jika tidak dibagikan kepada Roh Kudus. Berkaca pada Allah yang adalah kasih, cinta di antara kita harus melibatkan orang lain. Kita menjadi narsistik jika kita berpusat pada diri sendiri dan tidak mampu mencintai orang lain. Jika kita hanya mencintai pasangan atau kelompok kita, kita akan jatuh dalam sikap eksklusif.

Cinta antara suami-istri tetap langgeng karena mereka berdua mencintai anak-anak mereka. Supaya kasih di antara kita umat Katolik berkembang, kita perlu menghormati penganut agama lain. Supaya relasi dalam satu kelompok semakin kuat, mereka perlu peduli terhadap orang-orang di luar kelompok mereka, terutama yang miskin, lemah, menderita, dan tersingkirkan.

Iman kita akan Allah Tritunggal bukan hanya pengetahuan yang indah dan benar, melainkan juga iman yang harus dihidupi dengan baik. Maka, kita peru mempertanggungjawabkan misteri iman ini dalam perbuatan dan perkataan. Hanya dengan demikian, kita dapat menawarkannya kepada orang lain. Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala abad. Amin.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 25 Mei 2024

.

.

Bapa Yang Maha Kudus, semoga nama-Mu selalu dikuduskan dalam perkataan dan perbuatan kami. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here