Renungan Harian Hari Ini 26 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 26 Juni 2024, Bacaan Injil Matius 7:15-20 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 2Raj. 22:8-13; 23:1-3; Mazmur: 119:33. 34. 35. 37. 40; R:33a; PEKAN BIASA XII (H); B.Margareta Rutan; B.Nemesia Valle; Sta.Maria Magdalena Fontaine, dkk.;

BACAAN I

2Raj 22:8
Berkatalah imam besar Hilkia, kepada Safan, panitera itu: “Telah kutemukan kitab Taurat itu di rumah TUHAN!” Lalu Hilkia memberikan kitab itu kepada Safan, dan Safan terus membacanya.

2Raj 22:9
Kemudian Safan, panitera itu, masuk menghadap raja, disampaikannyalah kabar tentang itu kepada raja: “Hamba-hambamu ini telah mengambil seluruh uang yang terdapat di rumah TUHAN dan memberikannya ke tangan para pekerja yang diangkat mengawasi rumah itu.”

2Raj 22:10
Safan, panitera itu, memberitahukan juga kepada raja: “Imam Hilkia telah memberikan kitab kepadaku,” lalu Safan membacakannya di depan raja.

2Raj 22:11
Segera sesudah raja mendengar perkataan kitab Taurat itu, dikoyakkannyalah pakaiannya.

2Raj 22:12
Kemudian raja memberi perintah kepada imam Hilkia, kepada Ahikam bin Safan, kepada Akhbor bin Mikha, kepada Safan, panitera itu, dan kepada Asaya, hamba raja, katanya:

2Raj 22:13
“Pergilah, mintalah petunjuk TUHAN bagiku, bagi rakyat dan bagi seluruh Yehuda, tentang perkataan kitab yang ditemukan ini, sebab hebat kehangatan murka TUHAN yang bernyala-nyala terhadap kita, oleh karena nenek moyang kita tidak mendengarkan perkataan kitab ini dengan berbuat tepat seperti yang tertulis di dalamnya.”

2Raj 23:1
Sesudah itu raja menyuruh orang mengumpulkan semua tua-tua Yehuda dan Yerusalem.

2Raj 23:2
Kemudian pergilah raja ke rumah TUHAN dan bersama-sama dia semua orang Yehuda dan semua penduduk Yerusalem, para imam, para nabi dan seluruh orang awam, dari yang kecil sampai yang besar. Dengan didengar mereka ia membacakan segala perkataan dari kitab perjanjian yang ditemukan di rumah TUHAN itu.

2Raj 23:3
Sesudah itu berdirilah raja dekat tiang dan diadakannyalah perjanjian di hadapan TUHAN untuk hidup dengan mengikuti TUHAN, dan tetap menuruti perintah-perintah-Nya, peraturan-peraturan-Nya dan ketetapan-ketetapan-Nya dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa dan untuk menepati perkataan perjanjian yang tertulis dalam kitab itu. Dan seluruh rakyat turut mendukung perjanjian itu.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 26 Juni 2024

Mzm 119:33
Perlihatkanlah kepadaku, ya TUHAN, petunjuk ketetapan-ketetapan-Mu, aku hendak memegangnya sampai saat terakhir.

Mzm 119:34
Buatlah aku mengerti, maka aku akan memegang Taurat-Mu; aku hendak memeliharanya dengan segenap hati.

Mzm 119:35
Biarlah aku hidup menurut petunjuk perintah-perintah-Mu, sebab aku menyukainya.

Mzm 119:36
Condongkanlah hatiku kepada peringatan-peringatan-Mu, dan jangan kepada laba.

Mzm 119:37
Lalukanlah mataku dari pada melihat hal yang hampa, hidupkanlah aku dengan jalan-jalan yang Kautunjukkan!

Mzm 119:40
Sesungguhnya aku rindu kepada titah-titah-Mu, hidupkanlah aku dengan keadilan-Mu!

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 26 Juni 2024

Dalam khotbah di bukit Yesus berkata,

Mat 7:15
“Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Mat 7:16
Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?

Mat 7:17
Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.

Mat 7:18
Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.


Mat 7:19
Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.

Mat 7:20
Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

 

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 26 Juni 2024, Bacaan Injil

“Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. ” Perkataan Yesus hari ini memperingatkan kita supaya waspada kepada berbagai tipu muslihat roh jahat, yang mungkin menawarkan berbagai hal yang kelihatannya baik.

Sebab apa yang kelihatannya baik belum tentu sebenarnya baik. Sama halnya seperti apa yang enak disantap belum tentu menyehatkan. Racun mematikan bisa saja terasa manis.

Demikian pula halnya dengan segala sesuatu yang berlebihan: Meskipun tindakan itu sendiri baik, namun karena porsinya tidak pas, justru merugikan.

Yesus memang berbicara tentang para nabi palsu, namun peringatan tersebut kiranya juga patut kita renungkan. Sebab, peringatan tersebut ditujukan juga kepada kita.

Maka, kita diajak untuk sungguh-sungguh mencermati pilihan-pilihan kita. Apakah sungguh-sungguh menghasilkan sesuatu yang baik dan berguna bagi keselamatan kita dan orang-orang yang kita jumpai atau justru hanya kelihatannya saja baik, padahal mendatangkan malapetaka?

Apa yang baik tidak selalu menyenangkan, namun perlu dilakukan. Demikian halnya yang dilakukan Raja Yosia dan Imam Hilkia, ketika menemukan KitabTaurat di Rumah Tuhan.

Taurat berisi tuntunan hidup bagi orang-orang Yahudi. Di dalamnya tidak melulu disajikan kata-kata manis, tetapi berbagai ketetapan yang membutuhkan komitmen dan disiplin.

Walaupun berat, dalam iman mereka percaya bahwa sabda Tuhan yang tertuang di dalam kitab itu mendatangkan keselamatan. Karena itu, dengan segenap hati mereka menaatinya.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 25 Juni 2024

.

.

Ya Tuhan, semoga kami mampu memandang sebagaimana Engkau memandang agar kami memahami apa yang sungguh berbuah baik di hadapan-Mu. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here