Renungan Harian Hari Ini 25 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 25 Juni 2024, Bacaan Injil Matius 7:6. 12-14 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 2Raj. 19:9b-11. 14-21. 31-35a. 36; Mazmur: 48:2-3a. 3b 4. 10-11; R: 9d; PEKAN BIASA XII (H);

BACAAN I

2Raj 19:9
Dalam pada itu raja mendengar tentang Tirhaka, raja Etiopia, berita yang demikian: “Sesungguhnya, ia telah keluar berperang melawan engkau,” maka disuruhnyalah kembali utusan-utusan kepada Hizkia dengan pesan:

2Raj 19:10
“Beginilah harus kamu katakan kepada Hizkia, raja Yehuda: Janganlah Allahmu yang kaupercayai itu memperdayakan engkau dengan menjanjikan: Yerusalem tidak akan diserahkan ke tangan raja Asyur.

2Raj 19:11
Sesungguhnya, engkau ini telah mendengar tentang yang dilakukan raja-raja Asyur kepada segala negeri, yakni bahwa mereka telah menumpasnya; masakan engkau ini akan dilepaskan?

2Raj 19:14
Hizkia menerima surat itu dari tangan para utusan, lalu membacanya; kemudian pergilah ia ke rumah TUHAN dan membentangkan surat itu di hadapan TUHAN.

2Raj 19:15
Hizkia berdoa di hadapan TUHAN dengan berkata: “Ya TUHAN, Allah Israel, yang bertakhta di atas kerubim! Hanya Engkau sendirilah Allah segala kerajaan di bumi; Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi.

2Raj 19:16
Sendengkanlah telinga-Mu, ya TUHAN, dan dengarlah; bukalah mata-Mu, ya TUHAN, dan lihatlah; dengarlah perkataan Sanherib yang telah dikirimnya untuk mengaibkan Allah yang hidup.

2Raj 19:17
Ya TUHAN, memang raja-raja Asyur telah memusnahkan bangsa-bangsa dan negeri-negeri mereka

 

2Raj 19:18
dan menaruh para allah mereka ke dalam api, sebab mereka bukanlah Allah, hanya buatan tangan manusia, kayu dan batu; sebab itu dapat dibinasakan orang.

2Raj 19:19
Maka sekarang, ya TUHAN, Allah kami, selamatkanlah kiranya kami dari tangannya, supaya segala kerajaan di bumi mengetahui, bahwa hanya Engkau sendirilah Allah, ya TUHAN.”

2Raj 19:20
Lalu Yesaya bin Amos menyuruh orang kepada Hizkia mengatakan: “Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Apa yang telah kaudoakan kepada-Ku mengenai Sanherib, raja Asyur, telah Kudengar.

2Raj 19:21
Inilah firman yang telah diucapkan TUHAN mengenai dia: Anak dara, yaitu puteri Sion, telah menghina engkau, telah mengolok-olokkan engkau; dan puteri Yerusalem telah geleng-geleng kepala di belakangmu.

2Raj 19:31
Sebab dari Yerusalem akan keluar orang-orang yang tertinggal dan dari gunung Sion orang-orang yang terluput; giat cemburu TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.

2Raj 19:32
Sebab itu beginilah firman TUHAN mengenai raja Asyur: Ia tidak akan masuk ke kota ini dan tidak akan menembakkan panah ke sana; juga ia tidak akan mendatanginya dengan perisai dan tidak akan menimbun tanah menjadi tembok untuk mengepungnya.

2Raj 19:33
Melalui jalan, dari mana ia datang, ia akan pulang, tetapi ke kota ini ia tidak akan masuk, demikianlah firman TUHAN.

2Raj 19:34
Dan Aku akan memagari kota ini untuk menyelamatkannya, oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku.”

2Raj 19:35
Maka pada malam itu keluarlah Malaikat TUHAN, lalu dibunuh-Nyalah seratus delapan puluh lima ribu orang di dalam perkemahan Asyur. Keesokan harinya pagi-pagi tampaklah, semuanya bangkai orang-orang mati belaka!

2Raj 19:36
Sebab itu berangkatlah Sanherib, raja Asyur, dan pulang, lalu tinggallah ia di Niniwe.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 25 Juni 2024

Mzm 48:2
(48-3) Gunung-Nya yang kudus, yang menjulang permai, adalah kegirangan bagi seluruh bumi; gunung Sion itu, jauh di sebelah utara, kota Raja Besar.

Mzm 48:3
(48-4) Dalam puri-purinya Allah memperkenalkan diri-Nya sebagai benteng.

Mzm 48:3
(48-4) Dalam puri-purinya Allah memperkenalkan diri-Nya sebagai benteng.

Mzm 48:4
(48-5) Sebab lihat, raja-raja datang berkumpul, mereka bersama-sama berjalan maju;

Mzm 48:10
(48-11) Seperti nama-Mu, ya Allah, demikianlah kemasyhuran-Mu sampai ke ujung bumi; tangan kanan-Mu penuh dengan keadilan.

Mzm 48:11
(48-12) Biarlah gunung Sion bersukacita; biarlah anak-anak perempuan Yehuda bersorak-sorak oleh karena penghukuman-Mu!

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 25 Juni 2024

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata,

Mat 7:6
“Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu.”

Mat 7:12
“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Mat 7:13
Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya;

Mat 7:14
karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 25 Juni 2024, Bacaan Injil

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka.” Sekilas pernyataan ini dapat dipahami serupa dengan ungkapan bahasa Latin yang berbunyi, “Do ut des”,

yang kurang lebih berarti, “Aku memberi karena kamu memberi; aku berbuat begini karena kamu berbuat demikian.” Dengan kata lain, prinsip tersebut mengajarkan bahwa kita perlu memberi setimpal dengan apa yang kita terima, seperti dalam hubungan transaksi jual-beli.

Akan tetapi, mari kita baca dengan lebih cermat. Pernyataan Yesus tersebut tidak berbicara tentang menerima sesuatu, melainkan prinsip dasar untuk memperlakukan orang lain dengan baik; sebagaimana kita juga mengharapkan diperlakukan baik oleh orang lain.

la tidak menjamin bahwa kebaikan kita akan dibalas dengan kebaikan. Karena dalam kenyataannya, sering kali kita mengalami bahwa “air susu dibalas dengarn air tuba’- ada saja orang yang menderita justru karena berbuat baik.

Yesus tidak mengharapkan murid-murid-Nya berbuat baik demi mengharapkan imbalan atau balas jasa. la mau supaya ketika tidak memperoleh apa-apa atau bahkan di tengah penolakan, murid-murid-Nya tetap berbuat baik, sama seperti Dia.

Itulah pintu sempit yang tidak digemari kebanyakan orang. Akan tetapi, hanya melalui pintu yang sempit itu kita sampai pada kehidupan. Mau dan mampukah kita melewati pintu yang sempit itu? 

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 24 Juni 2024

.

.

Tuhan Maha Baik, senoga kami tetap tekun berbuat baik tanpa mengharapkan imbalan apa pun, dan semakin tekun menjadi baik, bahkan ketika kami ditolak dan menderita. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here