Renungan Harian Hari Ini 23 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 23 Juni 2024, Bacaan Injil Markus 4:35-40 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Ayb. 38:1. 8-11; Mazmur: 107:23-24, 25-26, 28-29,30-31 R:16; Bacaan II: 2Kor. 5:14-17; O PEKAN IV; PEKAN BIASA XII (H);

BACAAN I

Ayb 38:1
Maka dari dalam badai TUHAN menjawab Ayub:

Ayb 38:8
Siapa telah membendung laut dengan pintu, ketika membual ke luar dari dalam rahim? ?

Ayb 38:9
ketika Aku membuat awan menjadi pakaiannya dan kekelaman menjadi kain bedungnya;

Ayb 38:10
ketika Aku menetapkan batasnya, dan memasang palang dan pintu;

Ayb 38:11
ketika Aku berfirman: Sampai di sini boleh engkau datang, jangan lewat, di sinilah gelombang-gelombangmu yang congkak akan dihentikan!

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 23 Juni 2024

Mzm 107:23
Ada orang-orang yang mengarungi laut dengan kapal-kapal, yang melakukan perdagangan di lautan luas;

Mzm 107:24
mereka melihat pekerjaan-pekerjaan TUHAN, dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di tempat yang dalam.

Mzm 107:25
Ia berfirman, maka dibangkitkan-Nya angin badai yang meninggikan gelombang-gelombangnya.

Mzm 107:26
Mereka naik sampai ke langit dan turun ke samudera raya, jiwa mereka hancur karena celaka;

Mzm 107:28
Maka berseru-serulah mereka kepada TUHAN dalam kesesakan mereka, dan dikeluarkan-Nya mereka dari kecemasan mereka,

Mzm 107:29
dibuat-Nyalah badai itu diam, sehingga gelombang-gelombangnya tenang.

Mzm 107:30
Mereka bersukacita, sebab semuanya reda, dan dituntun-Nya mereka ke pelabuhan kesukaan mereka.

Mzm 107:31
Biarlah mereka bersyukur kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, karena perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib terhadap anak-anak manusia.

 

BACAAN II – Renungan Harian Hari Ini 23 Juni 2024

2Kor 5:14
Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati.

2Kor 5:15
Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka.

2Kor 5:16
Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian.

2Kor 5:17
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 23 Juni 2024

Sekali peristiwa, menjelang malam. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya. “Marilah kita bertolak ke seberang.” Mereka meninggalkan orang banyak itu lalu bertolak bersama Yesus yang sudah ada dalam perahu, dan perahu-perahu lain menyertai Dia. Lalu mengamuklah topan yang dahsyat sekali dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air.

Yesus sedang tidur di buritan memakai bantal, lalu murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya, “Guru, tidak pedulikah Engkau kalau kita binasa?” la pun bangun, menghardik angin itu dengan berkata kepada danau itu, “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. Lalu Ia berkata kepada mereka, “Mengapa kamu ketakutan? Belumkah kamu percaya?”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 23 Juni 2024, Bacaan Injil

Rasul Paulus menyatakan bahwa “Siapa yang ada dalam Kristus ia adalah ciptaan baru: Yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” Orang yang hidup dalam Kristus, berdasarkan Surat Rasul Paulus yang dibacakan hari ini, setidaknya memiliki tiga ciri berikut.

Pertama, ia tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi hidup untuk Kristus. Kedua, ia tidak menilai seseorang menurut ukuran manusia, termasuk tidak memahami Kristus menurut sudut pandangnya sendiri sebagai manusia. Ketiga, ia hidup untuk masa sekarang, bukan untuk masa lalu.

Kerap kali kita keliru atau bahkan gagal mengenali Kristus karena kita terlalu mudah memusatkan perhatian pada diri kita sendiri. Kita mengalami kekecewaan dalam hidup karena apa yang kita lakukan tidak pernah sungguh-sungguh mendatangkan kepuasan: Padahal, kepenuhan batin, menurut Rasul Paulus, diperoleh dari kita hidup bagi Kristus.

Itu berarti, segala hal yang kita perbuat diarahkan sebagai pemberian bagi Kristus, suatu persembahan diri. Seorang yang hidup dalam Kristus juga berusaha memahami segala sesuatu dari sudut pandang Kristus, Sang Putra-bukan dari kacamata manusia belaka. Apa yang dipahami manusia tidak melulu sejalan dengan maksud Allah, bahkan sering kali bertentangan.

 

Hal ini terjadi karena manusia adalah insan yang terbatas, sebagaimana ditunjukkan dalam Kitab Ayub. Ada batas-batas yang tidak pernah akan dapat dilewati jika hanya mengandalkan kemampuan manusia. Itulah sebabnya selalu ada perbedaan pendapat di tengah masyarakat karena manusia memahami segala sesuatu secara terbatas dan tidak lengkap.

Seorang yang hidup dalam Kristus akhirnya hidup untuk masa sekarang. la tidak hanyut diombang-ambingkan oleh badai masa lalu, dan tidak juga terlalu mencemaskan masa depan yang belum tiba. Belajar dari pengalaman para murid di tengah badai, kepanikan membuat mereka lupa bahwa mereka sedang berada bersama Yesus.

Bahkan, setelah badai reda pun, mereka tetap heran dan tidak mengenal siapa Yesus sesungguhnya. “Hidup pada masa sekarang” itu seperti sedang berlayar di tengah perairan yang bisa menjadi ganas, namun sadar bahwa Yesus ada bersama kita. Mari kita menikmati setiap momen hidup ini dengan memberikan perhatian kepada orang-orang di sekeliling kita, terutama mereka yang membutuhkan, bukan justru terus-menerus menutup mata dan berkutat dengan diri kita sendiri.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 22 Juni 2024

.

.

Ya Yesus, semoga kami mampu melihat Engkau yang hadir dalam diri orang-orang di sekitar kami, sehingga kami mampu menjadi perpanjangan tangan-Mu. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here