Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 21 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 21 Mei 2024 Bacaan Injil

218781
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 21 Mei 2024, Bacaan Injil Markus 9:30-37 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Yak. 4:1-10; Mazmur: 55:7-8.9-10a. 10b-11a. 23; R:23a; PEKAN BIASA VII (H); St.Eugenius de Mazenod; St.Kristoforus dr Magalla;

BACAAN I

Yak 4:1
Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?

Yak 4:2
Kamu mengingini sesuatu, tetapi tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; juga kamu iri hati, tetapi tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.

Yak 4:3
Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Yak 4:4
Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

Yak 4:5
Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: “Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!”

Yak 4:6
Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

Yak 4:7
Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!

Yak 4:8
Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!

Yak 4:9
Sadarilah kemalanganmu, berdukacita dan merataplah; hendaklah tertawamu kamu ganti dengan ratap dan sukacitamu dengan dukacita.

Yak 4:10
Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 21 Mei 2024

Mzm 55:7
(55-8) bahkan aku akan lari jauh-jauh dan bermalam di padang gurun. Sela

Mzm 55:8
(55-9) Aku akan segera mencari tempat perlindungan terhadap angin ribut dan badai.”

Mzm 55:9
(55-10) Bingungkanlah mereka, kacaukanlah percakapan mereka, ya Tuhan, sebab aku melihat kekerasan dan perbantahan dalam kota!

Mzm 55:10
(55-11) Siang malam mereka mengelilingi kota itu di atas tembok-temboknya, dan di dalamnya ada kemalangan dan bencana;

Mzm 55:10
(55-11) Siang malam mereka mengelilingi kota itu di atas tembok-temboknya, dan di dalamnya ada kemalangan dan bencana;

Mzm 55:11
(55-12) penghancuran ada di tengah-tengahnya, di tanah lapangnya tidak habis-habisnya ada penindasan dan tipu.

Mzm 55:10
(55-11) Siang malam mereka mengelilingi kota itu di atas tembok-temboknya, dan di dalamnya ada kemalangan dan bencana;

Mzm 55:11
(55-12) penghancuran ada di tengah-tengahnya, di tanah lapangnya tidak habis-habisnya ada penindasan dan tipu.

Mzm 55:23
(55-24) Tetapi Engkau, ya Allah, akan menjerumuskan mereka ke lubang sumur yang dalam; orang penumpah darah dan penipu tidak akan mencapai setengah umurnya. Tetapi aku ini percaya kepada-Mu.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 21 Mei 2024

Pada suatu hari Yesus dan murid-murid-Nya melintasi Galilea. Yesus tidak mau hal itu diketahui orang, sebab la sedang mengajar murid-murid-Nya. la berkata kepada mereka, “Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia, mereka akan membunuh Dia, dan tiga hari sesudah la dibunuh, la akan bangkit.” Mereka tidak mengerti perkataan itu, namun mereka takut menanyakannya kepada-Nya.

Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Kapernaum. Setibanya di rumah, Ia bertanya kepada mereka, “Apa yang kamu perdebatkan tadi di tengah jalan?” Namun, mereka diam, sebab di tengah jalan tadi mereka memperdebatkan siapa yang terbesar di antara mereka. Lalu Yesus duduk dan memanggil kedua belas murid itu.

Kata-Nya kepada mereka, “Jika seseorang ingin menjadi yang pertama, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya.” Lalu Yesus mengambil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka, kemudian la memeluk anak itu dan berkata kepada mereka, “Siapa saja yang menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku. Siapa yang menyambut Aku, bukan Aku yang disambutnya, tetapi Dia yang mengutus Aku.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 21 Mei 2024, Bacaan Injil

Kita perlu serius dengan hidup kita, terutama ketika kita berurusan dengan kematian. Kita kadang-kadang lupa bahwa pada saat kita meninggal, kita akan mempertanggungjawabkan hidup kita ini. Bacaan Injil (Mrk. 9:30-37) menceritakan bahwa para murid tidak mengerti ketika Yesus berbicara soal kematian-Nya.

Daripada mereka berbicara tentang kematian, mereka berbicara tentang hal duniawi, misalnya kekuasaan. Banyak dari antara kita tidak nyaman berbicara tentang kematian, apalagi kematian kita sendiri. Kita sibuk dengan banyak hal di dunia ini sehingga lupa bahwa suatu saat kita akan meninggalkan dunia ini.

Dalam kesibukan duniawi, kadang-kadang kita menganggap dosa sebagai perkara kecil, bahkan sesuatu yang normal. Dalam Bacaan Pertama (Yak. 4:1-10), Rasul Yakobus meminta kita orang-orang berdosa untuk meratapi dosa-dosa kita. Kita perlu bertobat, meninggalkan perbuatan yang merugikan sesama.

Janganlah kita berdalih bahwa dosa-dosa kita kelihatannya kecil. atau Tuhan itu penuh belas kasihan. Setiap dosa melukai hubungan kita dengan Tuhan dan dapat menyebabkan konflik dengan sesama. Hari ini adalah saat yang tepat untuk menata hidup kita supaya kita siap mempertanggungjawabkan hidup kita saat Tuhan memanggil kita.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 20 Mei 2024

.

.

Bapa, berkatilah setiap pelayanan yang diberikan oleh para pekerja di rumah-rumah duka dan berikanlah rezeki yang berlimpah kepada mereka. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here