Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 20 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 20 Mei 2024 Bacaan Injil

217846
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 20 Mei 2024, Bacaan Injil Yohanes 19:25-34 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kej 3:9-15, 20 atau Kis. 1:12-14; Mazmur: 87:1-2, 3, 5, 6-7, R:3; O PEKAN III PEKAN BIASA VII; Pw SP Maria Bunda Gereja (P); St.Bernardinus dr Siena; B.Yosefa H.Stenmans;

BACAAN I

Kej 3:9
Tetapi TUHAN Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?”

Kej 3:10
Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.”

Kej 3:11
Firman-Nya: “Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?”

Kej 3:12
Manusia itu menjawab: “Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.”

Kej 3:13
Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: “Apakah yang telah kauperbuat ini?” Jawab perempuan itu: “Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.”

Kej 3:14
Lalu berfirmanlah TUHAN Allah kepada ular itu: “Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.

Kej 3:15
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.”

Kej 3:20
Manusia itu memberi nama Hawa kepada isterinya, sebab dialah yang menjadi ibu semua yang hidup.


Kis 1:12
Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut Bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem.

Kis 1:13
Setelah mereka tiba di kota, naiklah mereka ke ruang atas, tempat mereka menumpang. Mereka itu ialah Petrus dan Yohanes, Yakobus dan Andreas, Filipus dan Tomas, Bartolomeus dan Matius, Yakobus bin Alfeus, dan Simon orang Zelot dan Yudas bin Yakobus.

Kis 1:14
Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 20 Mei 2024

Mzm 87:1
Mazmur bani Korah: suatu nyanyian. Di gunung-gunung yang kudus ada kota yang dibangunkan-Nya:

Mzm 87:2
TUHAN lebih mencintai pintu-pintu gerbang Sion dari pada segala tempat kediaman Yakub.

Mzm 87:3
Hal-hal yang mulia dikatakan tentang engkau, ya kota Allah. Sela

Mzm 87:5
Tetapi tentang Sion dikatakan: “Seorang demi seorang dilahirkan di dalamnya,” dan Dia, Yang Mahatinggi, menegakkannya.

Mzm 87:6
TUHAN menghitung pada waktu mencatat bangsa-bangsa: “Ini dilahirkan di sana.” Sela

Mzm 87:7
Dan orang menyanyi-nyanyi sambil menari beramai-ramai: “Segala mata airku ada di dalammu.”

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 20 Mei 2024

Waktu Yesus bergantung di salib, di dekat salib itu berdirilah ibu Yesus dan saudara ibu-Nya, Maria istri Kleopas dan Maria Magdalena. Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah la kepada ibu-Nya, “Ibu, inilah, anakmu!” Kemudian kata-Nya kepada murid-Nya, “Inilah ibumu!”

Sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya. Sesudah itu, karena Yesus tahu bahwa segala sesuatu telah selesai, berkatalah la – supaya digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci – “Aku haus!” Di situ ada suatu bejana penuh anggur asam. Lalu mereka melilitkan bunga karang, yang telah dicelupkan dalam anggur asam,

pada sebatang hisop lalu mengulurkannya ke mulut Yesus. Sesudah Yesus meminum anggur asam itu berkatalah la, “Sudah selesai.” Lalu la menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya. Karena hari itu hari Persiapan dan Sabat itu hari yang besar,

supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib para pemuka Yahudi meminta kepada Pilatus agar kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan. Lalu datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama Yesus.

Namun, ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya, tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 20 Mei 2024, Bacaan Injil

Bunda Maria adalah Bunda Yesus dan Bunda Gereja, Bunda para rasul. Bunda Maria tidak hanya hadir dalam hidup Yesus, dari lahir sampai mati, tetapi juga dalam hidup para rasul, dari perjamuan di Kana sampai hari Pentakosta. Pada bulan Maria ini, kita mengenang bahwa Bunda Maria adalah Bunda kita juga.

“Santa Maria Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati” adalah salah satu bagian dari doa Salam Maria yang selalu kita daraskan. Kita percaya bahwa Bunda Maria akan mendampingi kita sampai akhir hidup kita. Dia akan selalu menjadi pelindung dan penolong kita. Maka dari itu, kita perlu rajin-rajin meminta pertolongan kepadanya lewat pendarasan doa rosario.

Kita juga perlu mengenang para ibu yang telah berperan banyak bagi Gereja. Meskipun mereka, seperti Bunda Maria, tidak memegang jabatan kepemimpinan dalam Gereja, para ibu telah ikut ambil bagian dalam perkembangan dan pemeliharaan Gereja dengan mendidik anak-anak mereka menjadi orang Kristen yang baik,

mengurus rumah tangga mereka seturut kehendak Tuhan, ikut aktif dalam kegiatan sosial, mendorong putra mereka menjadi imam, menawarkan panggilan hidup membiara kepada putra-putri mereka, dan mendoakan berbagai kepentingan Gereja.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 19 Mei 2024

.

.

Bunda Maria, semoga para ibu kami juga terberkati sebagaimana engkau terberkati di antara para wanita. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here