Renungan Harian Hari Ini 21 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 21 Juni 2024, Bacaan Injil Matius 6:19-23 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 2Raj. 11:1-4.9-18.20; Mazmur: 132:11.12.13-14.17-18; R:13; PEKAN BIASA XI; Pw St.Aloysius Gonzaga, Biarw (P);

BACAAN I

2Raj 11:1
Ketika Atalya, ibu Ahazia, melihat bahwa anaknya sudah mati, maka bangkitlah ia membinasakan semua keturunan raja.

2Raj 11:2
Tetapi Yoseba, anak perempuan raja Yoram, saudara perempuan Ahazia, mengambil Yoas bin Ahazia, menculik dia dari tengah-tengah anak-anak raja yang hendak dibunuh itu, memasukkan dia dengan inang penyusunya ke dalam gudang tempat tidur, dan menyembunyikan dia terhadap Atalya, sehingga dia tidak dibunuh.

2Raj 11:3
Maka tinggallah dia enam tahun lamanya bersama-sama perempuan itu dengan bersembunyi di rumah TUHAN, sementara Atalya memerintah negeri.

2Raj 11:4
Dalam tahun yang ketujuh Yoyada mengundang para kepala pasukan seratus dari orang Kari dan dari pasukan bentara penunggu. Disuruhnyalah mereka datang kepadanya di rumah TUHAN, lalu diikatnya perjanjian dengan mereka dengan menyuruh mereka bersumpah di rumah TUHAN. Kemudian diperlihatkannyalah anak raja itu kepada mereka.

2Raj 11:9
Para kepala pasukan seratus itu melakukan tepat seperti yang diperintahkan imam Yoyada. Masing-masing mengambil orang-orangnya yang selesai bertugas pada hari Sabat bersama-sama dengan orang-orang yang masuk bertugas pada hari itu, lalu datanglah mereka kepada imam Yoyada.

2Raj 11:10
Imam memberikan kepada para kepala pasukan seratus itu tombak-tombak dan perisai-perisai kepunyaan raja Daud yang ada di rumah TUHAN.

2Raj 11:11
Kemudian para bentara itu, masing-masing dengan senjatanya di tangannya, mengambil tempatnya di lambung kanan sampai ke lambung kiri rumah itu, dengan mengelilingi mezbah dan rumah itu untuk melindungi raja.

 

2Raj 11:12
Sesudah itu Yoyada membawa anak raja itu ke luar, mengenakan jejamang kepadanya dan memberikan hukum Allah kepadanya. Mereka menobatkan dia menjadi raja serta mengurapinya, dan sambil bertepuk tangan berserulah mereka: “Hiduplah raja!”

2Raj 11:13
Ketika Atalya mendengar suara bentara-bentara penunggu dan rakyat, pergilah ia mendapatkan rakyat itu ke dalam rumah TUHAN.

2Raj 11:14
Lalu dilihatnyalah raja berdiri dekat tiang menurut kebiasaan, sedang para pemimpin dengan para pemegang nafiri ada dekat raja. Dan seluruh rakyat negeri bersukaria sambil meniup nafiri. Maka Atalya mengoyakkan pakaiannya sambil berseru: “Khianat, khianat!”

2Raj 11:15
Tetapi imam Yoyada memerintahkan para kepala pasukan seratus, yakni orang-orang yang mengepalai tentara, katanya kepada mereka: “Bawalah dia keluar dari barisan! Siapa yang memihak kepadanya bunuhlah dengan pedang!” Sebab tadinya imam itu telah berkata: “Janganlah ia dibunuh di rumah TUHAN!”

2Raj 11:16
Lalu mereka menangkap perempuan itu. Pada waktu ia masuk ke istana raja dengan melalui pintu bagi kuda, dibunuhlah dia di situ.

2Raj 11:17
Kemudian Yoyada mengikat perjanjian antara TUHAN dengan raja dan rakyat, bahwa mereka menjadi umat TUHAN; juga antara raja dengan rakyat.

2Raj 11:18
Sesudah itu masuklah seluruh rakyat negeri ke rumah Baal, lalu merobohkannya; mereka memecahkan sama sekali mezbah-mezbahnya dan patung-patung dan membunuh Matan, imam Baal, di depan mezbah-mezbah itu. Kemudian imam Yoyada mengangkat penjaga-penjaga untuk rumah TUHAN.

2Raj 11:20
Bersukarialah seluruh rakyat negeri dan amanlah kota itu, setelah Atalya mati dibunuh dengan pedang di istana raja.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 21 Juni 2024

Mzm 132:11
TUHAN telah menyatakan sumpah setia kepada Daud, Ia tidak akan memungkirinya: “Seorang anak kandungmu akan Kududukkan di atas takhtamu;

Mzm 132:12
jika anak-anakmu berpegang pada perjanjian-Ku, dan pada peraturan-peraturan-Ku yang Kuajarkan kepada mereka, maka anak-anak mereka selama-lamanya akan duduk di atas takhtamu.”

Mzm 132:13
Sebab TUHAN telah memilih Sion, mengingininya menjadi tempat kedudukan-Nya:

Mzm 132:14
“Inilah tempat perhentian-Ku selama-lamanya, di sini Aku hendak diam, sebab Aku mengingininya.

Mzm 132:17
Di sanalah Aku akan menumbuhkan sebuah tanduk bagi Daud, Aku akan menyediakan sebuah pelita bagi orang yang Kuurapi.

Mzm 132:18
Musuh-musuhnya akan Kukenakan pakaian penuh malu, tetapi di atas kepalanya akan bersemarak mahkotanya.”

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 21 Juni 2024

Dalam khotbah di bukit, berkatalah Yesus, “Janganlah kamu mengumpulkan harta bagi dirimu di bumi, di mana ngengat dan karat merusaknya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Namun, kumpulkanlah bagimu harta di surga, yang tidak dirusak oleh ngengat dan karat, dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

Sebab, di mana hartamu berada, di sítu juga hatimu berada. Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi, jika terang yang ada padamu itu menjadi gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 21 Juni 2024, Bacaan Injil

Santo Aloysius Gonzaga berasal dari keluarga bangsawan. la sendiri merupakan ahli waris dalam keluarganya. Keluarganya senang bertengkar dan bertarung. Akan tetapi, ia sendiri merupakan pribadi yang halus dan rendah hati. Ketika rekan-rekan seusianya asyik membangun karier, bersaing untuk memperoleh kedudukan yang tersohor,

ia memilih menjadi religius (biarawan), membina diri dan dibentuk seturut karya Allah, seumpama besi yang ditempa oleh Allah sendiri. Akhirnya, ia wafat dalam usia yang masih muda, usia 20-an tahun, karena tertular sakit dari orang-orang yang ia layani. Santo Aloysius Gonzaga sungguh-sungguh menjalankan sabda yang disampaikan Yesus dalam Injil hari ini.

la sungguh-sungguh mengumpulkan harta yang tidak bisa dirusak oleh ngengat dan karat. Karena keteladanan hidupnya mengumpulkan harta untuk kehidupan kekal itu, Gereja menetapkan dia sebagai salah satu “pelindung orang muda”. Dari pemuda kudus ini kita diingatkan bahwa di tengah dunia yang sering kali diliputi kegelapan ini,

kita diajak untuk menjaga mata hati kita tetap terang, lewat matiraga dan amal kasih. Dengan begitu, kita, tanpa bermaksud mencari imbalan, perlahan namun pasti sedang mengumpulkan harta surgawi.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 20 Juni 2024

.

.

Ya Bapa, terangilah selalu mata hati kami agar kami mampu nenemukan harta surgawi di tengah kegelapan dunia ini. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here