Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 20 Maret 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 20 Maret 2024 Bacaan Injil

163795
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 20 Maret 2024, Bacaan Injil Yohanes 8:31-42 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Dan. 3:14-20. 24-25. 28; Mazmur: Dan. 3:52. 53. 54. 55. 56; R:52b; PEKAN PRAPASKAH V (U);

BACAAN I

Dan 3:14
berkatalah Nebukadnezar kepada mereka: “Apakah benar, hai Sadrakh, Mesakh dan Abednego, bahwa kamu tidak memuja dewaku dan tidak menyembah patung emas yang kudirikan itu?

Dan 3:15
Sekarang, jika kamu bersedia, demi kamu mendengar bunyi sangkakala, seruling, kecapi, rebab, gambus, serdam dan berbagai-bagai jenis bunyi-bunyian, sujudlah menyembah patung yang kubuat itu! Tetapi jika kamu tidak menyembah, kamu akan dicampakkan seketika itu juga ke dalam perapian yang menyala-nyala. Dan dewa manakah yang dapat melepaskan kamu dari dalam tanganku?”

Dan 3:16
Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: “Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini.

Dan 3:17
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja;

Dan 3:18
tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.”

Dan 3:19
Maka meluaplah kegeraman Nebukadnezar, air mukanya berubah terhadap Sadrakh, Mesakh dan Abednego; lalu diperintahkannya supaya perapian itu dibuat tujuh kali lebih panas dari yang biasa.

Dan 3:20
Kepada beberapa orang yang sangat kuat dari tentaranya dititahkannya untuk mengikat Sadrakh, Mesakh dan Abednego dan mencampakkan mereka ke dalam perapian yang menyala-nyala itu.

Dan 3:24
Ketiga orang itu berjalan-jalan di tengah nyala api seraya bernyanyi kepada Allah serta memuji Tuhan.

Dan 3:25
Maka Azarya berdiri dan berdoa sebagai berikut. Ia membuka mulutnya di tengah-tengah api itu, katanya:

Dan 3:28
Keputusan-keputusan benar telah Kaujalankan dalam segala sesuatunya yang Kaudatangkan atas diri kami dan atas kota suci nenek moyang kami, yaitu Yerusalem. Sungguh, sesuai dengan keadilan dan kebenaran telah Kaudatangkan semuanya itu oleh sebab segala dosa kami!

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 20 Maret 2024

Dan 3:52
“Terpujilah Engkau, Tuhan, Allah nenek moyang kami, yang patut dihormati dan ditinggikan selama-lamanya. Terpujilah namaMu yang mulia dan kudus, yang patut dihormat dan ditinggikan selama-lamanya.

Dan 3:53
Terpujilah Engkau dalam BaitMu yang mulia dan kudus, Engkau patut dinyanyikan dan dimuliakan selama-lamanya.

Dan 3:54
Terpujilah Engkau di atas takhta kerajaanMu, Engkau patut dinyanyikan dan ditinggikan selama-lamanya.

Dan 3:55
Terpujilah Engkau yang mendugai samudera raya dan bersemayam di atas kerub-kerub, Engkau patut dihormat dan ditinggikan selama-lamanya.

Dan 3:56
Terpujilah Engkau di bentangan langit, Engkau patut dinyanyikan dan dimuliakan selama-lamanya.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 20 Maret 2024

Sekali peristiwa, Yesus berkata kepada orang-orang Yahudi yang telah percaya kepada-Nya, “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” Jawab mereka, “Kami adalah keturunan Abraham dan tidak pernah menjadi hamba siapa pun. Bagaimana Engkau dapat berkata: Kamu akan merdeka?”

Kata Yesus kepada mereka, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa. Hamba tidak selamanya tinggal dalam rumah, tetapi anak tinggal dalam rumah selamanya. Jadi, apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.

Aku tahu bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu berusaha membunuh Aku karena firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu. Apa yang telah Kulihat pada Bapa, itulah yang Kukatakan, dan apa yang kamu dengar dari bapakmu, itulah yang kamu perbuat” Jawab mereka kepada-Nya, “Bapa kami ialah Abraham.”

Kata Yesus kepada mereka, “Jikalau sekiranya kamu anak-anak Abraham tentulah kamu mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan oleh Abraham. Namun, sekarang kamu berusaha membunuh Aku, seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu, kebenaran yang Kudengar dari Allah. Pekerjaan yang demikian tidak dikerjakan oleh Abraham. Kamu melakukan pekerjaan bapakmu sendiri.”

Jawab mereka, “Kami tidak dilahirkan dari zina. Bapa kami satu, yaitu Allah.” Kata Yesus kepada mereka, “Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku datang dari Allah dan sekarang Aku ada di sini. Lagi pula Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 20 Maret 2024, Bacaan Injil

Kesombongan adalah ciri khas manusia yang membuatnya sulit untuk bertobat. Kesombongan membuat orang sulit untuk mendengarkan orang lain dan memeriksa diri. Akibatnya, akan sulit juga orang yang demikian sampai pada pertobatan. Hal ini tampak dalam pembicaraan antara Tuhan Yesus dengan orang-orang Yahudi. Orang-orang Yahudi merasa menjadi orang merdeka, bukan hamba.

Bahkan, dalam diri mereka ada kehendak jahat, yaitu ingin membunuh Tuhan Yesus. Membunuh adalah perbuatan yang tidak sesuai status keturunan Abraham. Orang-orang Yahudi yang berhadapan dengan Yesus sulit masuk dalam pertobatan karena kesombongan mereka terhadap status sebagai keturunan Abraham. Mereka sombong sebab keturunan Abraham bukan hamba.

Marilah kita dengan rendah hati mengakui bahwa kita orang yang sering jatuh dalam dosa. Dengan demikian, kita sampai pada pertobatan. Mau dan mampukah kita?

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 19 Maret 2024

.

.

Ya Bapa di surga, semoga pada masa Prapaskah ini kami mampu untuk mawas diri dan dengan rendah hati sampai pada pertobatan. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here