Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 19 Maret 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 19 Maret 2024 Bacaan Injil

162148
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 19 Maret 2024, Bacaan Injil Matius 1:16. 18-21. 24a (Luk. 2:41-51a) (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 2Sam. 7:4-5a. 12-14a.16; Mazmur: 89:2-3. 4-5. 27. 29; R:37; Bacaan II: Rm. 4:13. 16-18. 22; PEKAN PRAPASKAH V (P) HR ST.YOSEF, SUAMI SP MARIA;

BACAAN I

2Sam 7:4
Tetapi pada malam itu juga datanglah firman TUHAN kepada Natan, demikian:

2Sam 7:5
“Pergilah, katakanlah kepada hamba-Ku Daud: Beginilah firman TUHAN: Masakan engkau yang mendirikan rumah bagi-Ku untuk Kudiami?

2Sam 7:12
Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya.

2Sam 7:13
Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya.

2Sam 7:14
Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia.

2Sam 7:16
Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya.”

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 19 Maret 2024

Mzm 89:2
(89-3) Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya; kesetiaan-Mu tegak seperti langit.

Mzm 89:3
(89-4) Engkau telah berkata: “Telah Kuikat perjanjian dengan orang pilihan-Ku, Aku telah bersumpah kepada Daud, hamba-Ku:

Mzm 89:4
(89-5) Untuk selama-lamanya Aku hendak menegakkan anak cucumu, dan membangun takhtamu turun-temurun.” Sela

Mzm 89:5
(89-6) Sebab itu langit bersyukur karena keajaiban-keajaiban-Mu, ya TUHAN, bahkan karena kesetiaan-Mu di antara jemaah orang-orang kudus.

Mzm 89:27
(89-28) Akupun juga akan mengangkat dia menjadi anak sulung, menjadi yang mahatinggi di antara raja-raja bumi.

Mzm 89:29
(89-30) Aku menjamin akan adanya anak cucunya sampai selama-lamanya, dan takhtanya seumur langit.

 

BACAAN II

Rm 4:13
Sebab bukan karena hukum Taurat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya, bahwa ia akan memiliki dunia, tetapi karena kebenaran, berdasarkan iman.

Rm 4:16
Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, ?

Rm 4:17
seperti ada tertulis: “Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa” ?di hadapan Allah yang kepada-Nya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada.

Rm 4:18
Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.”

Rm 4:22
Karena itu hal ini diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 19 Maret 2024

Yakub mempunyai anak, Yusuf suami Maria. Dari Maria lahir Yesus yang disebut Kristus. Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, sebelum mereka hidup sebagai suami istri, ia didapati mengandung dari Roh Kudus. Karena Yusuf suaminya, seorang yang benar dan tidak mau mencemarkan nama istrinya di depan umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.

Namun, ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan tampak kepadanya dalam mimpi dan berkata, “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai istrimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. la akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa-dosa mereka.” Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. 

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 19 Maret 2024, Bacaan Injil

Hari Raya Santo Yosef mengingatkan kita akan seorang pribadi dan kepala keluarga yang memiliki banyak keutamaan. Namun, pada hari ini, kita merenungkan dua keutamaan saja. Pertama, Santo Yosef adalah orang yang taat kepada hukum agama. Ketaatan ini lahir dari kepercayaannya akan sabda Tuhan.

Berbeda dengan Bunda Maria yang berhadapan langsung dengan Malaikat Gabriel, Santo Yosef ditemui malaikat selalu di dalam mimpi. Namun, walaupun hanya bertemu dalam mimpi, Santo Yosef selalu taat melakukan apa yang dikatakan malaikat kepadanya. Sebab, ia yakin dan percaya bahwa yang disampaikan malaikat itu merupakan kehendak Tuhan sendiri.

Kedua, Santo Yosef adalah orang yang rendah hati. Meskipun perannya sangat penting dalam kehadiran Yesus Sang Penyelamat, dia bukanlah orang yang menonjolkan diri dalam perannya sebagai kepala Keluarga Kudus Nazaret. Dia hanya disebut pada beberapa peristiwa awal dalam proses kelahiran Tuhan Yesus. la berkarya dalam kesunyian.

Santo Yosef adalah pria sejati. Marilah para kepala keluarga meneladan Santo Yosef untuk menjadi pria sejati, yaitu taat pada kehendak Tuhan yang lahir dari relasi personal dengan Yesus. Dengan ketaatan kepada kehendak Tuhan, para kepala keluarga akan menjadi pribadi yang rendah hati dalam keluarga.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 18 Maret 2024

.

.

Ya Yesus, semoga kami mampu menjadi pribadi dan pelayan yang rendah hati dalam keluarga dan komunitas. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here