Renungan Harian Hari Ini 19 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 19 Juni 2024, Bacaan Injil Matius 6:1-6. 16-18 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 2Raj. 2:1.6-14; Mazmur: 31:20.21.24; R:25; PEKAN BIASA XI (H) St.Romualdus; Sta.Yuliana Falconieri;

BACAAN I

2Raj 2:1
Menjelang saatnya TUHAN hendak menaikkan Elia ke sorga dalam angin badai, Elia dan Elisa sedang berjalan dari Gilgal.

2Raj 2:6
Berkatalah Elia kepadanya: “Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke sungai Yordan.” Jawabnya: “Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau.” Lalu berjalanlah keduanya.

2Raj 2:7
Lima puluh orang dari rombongan nabi itu ikut berjalan, tetapi mereka berdiri memandang dari jauh, ketika keduanya berdiri di tepi sungai Yordan.

2Raj 2:8
Lalu Elia mengambil jubahnya, digulungnya, dipukulkannya ke atas air itu, maka terbagilah air itu ke sebelah sini dan ke sebelah sana, sehingga menyeberanglah keduanya dengan berjalan di tanah yang kering.

2Raj 2:9
Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: “Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu.” Jawab Elisa: “Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu.”

2Raj 2:10
Berkatalah Elia: “Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi.”

2Raj 2:11
Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

2Raj 2:12
Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: “Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!” Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan.

2Raj 2:13
Sesudah itu dipungutnya jubah Elia yang telah terjatuh, lalu ia berjalan hendak pulang dan berdiri di tepi sungai Yordan.

2Raj 2:14
Ia mengambil jubah Elia yang telah terjatuh itu, dipukulkannya ke atas air itu sambil berseru: “Di manakah TUHAN, Allah Elia?” Ia memukul air itu, lalu terbagi ke sebelah sini dan ke sebelah sana, maka menyeberanglah Elisa.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 19 Juni 2024

Mzm 31:20
(31-21) Engkau menyembunyikan mereka dalam naungan wajah-Mu terhadap persekongkolan orang-orang; Engkau melindungi mereka dalam pondok terhadap perbantahan lidah.

Mzm 31:21
(31-22) Terpujilah TUHAN, sebab kasih setia-Nya ditunjukkan-Nya kepadaku dengan ajaib pada waktu kesesakan!

Mzm 31:24
(31-25) Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu, hai semua orang yang berharap kepada TUHAN!

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 19 Juni 2024

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata, “Ingatlah, jangan kamu mengamalkan kesalehanmu di depan umum supaya dilihat orang, karena jika melakukan demikian, kamu tidak memperoleh upah dari Bapamu di surga. Jadi, apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau menggembar-gemborkan hal itu, seperti yang dilakukan onang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang.

Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Mereka sudah mendapat upahnya. Namun, jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. Apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik.

Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Mereka sudah mendapat upahnya. Namun, jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu, dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka, Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

Apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Mereka sudah mendapat upahnya. Namun, apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 19 Juni 2024, Bacaan Injil

Rajin berdoa, beribadah, serta melakukan berbagai bentuk kesalehan dan devosi bukanlah jaminan bahwa kita adalah pribadi yang dibenarkan Tuhan. Begitu banyak tawaran bentuk doa dan komunitas yang bagus-bagus. Sayangnya, dalam berbagai komunitas itu, tidak jarang kita jumpai pula perselisihan dan pertengkaran, intrik dan persaingan. Kemunafikan dalam hidup keagamaan ini tidak menghasilkan buah yang baik, tetapi justru menambah masalah dan keresahan dalam Gereja.

Nabi Elisa menjadi contoh pribadi yang sungguh-sungguh mau belajar mengikuti Tuhan dengan tekun dan setia. la mengarahkan seluruh perhatian dan hidupnya untuk belajar menjadi peka pada suara Tuhan. Akhirnya, ia sendiri dipakai Tuhan sebagai nabi untuk meneruskan tugas perutusan gurunya, Nabi Elia.

Di tengah berbagai kegiatan kerohanian yang kita lakukan, entah banyak atau sedikit, entah rutin atau sesekali, baiklah kita selalu ingat bahwa yang paling penting dari semua kegiatan tersebut adalah relasi pribadi kita dengan Tuhan yang semakin bertumbuh dan berbuah dalam hidup sehari-hari. Jika tidak, pantaslah jika kita disebut orang munafik!

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 18 Juni 2024

.

.

Ya Yesus, Guru kehidupan kami, ingatkanlah kami selalu mengenai apa yang pokok dari praktik keagamaan kami, yaitu persatuan kami yang semakin erat dengan Engkau. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here