Renungan Harian Hari Ini 18 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 18 Juni 2024, Bacaan Injil Mat 5:43-48 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Raj. 21:17-29; Mazmur: 61:3-4, 5-6a. 11.16; R:lh. 3a; PEKAN BIASA XI (H);

BACAAN I

1Raj 21:17
Tetapi datanglah firman TUHAN kepada Elia, orang Tisbe itu, bunyinya:

1Raj 21:18
“Bangunlah, pergilah menemui Ahab, raja Israel yang di Samaria. Ia telah pergi ke kebun anggur Nabot untuk mengambil kebun itu menjadi miliknya.

1Raj 21:19
Katakanlah kepadanya, demikian: Beginilah firman TUHAN: Engkau telah membunuh serta merampas juga! Katakan pula kepadanya: Beginilah firman TUHAN: Di tempat anjing telah menjilat darah Nabot, di situ jugalah anjing akan menjilat darahmu.”

1Raj 21:20
Kata Ahab kepada Elia: “Sekarang engkau mendapat aku, hai musuhku?” Jawabnya: “Memang sekarang aku mendapat engkau, karena engkau sudah memperbudak diri dengan melakukan apa yang jahat di mata TUHAN.

1Raj 21:21
Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan malapetaka kepadamu, Aku akan menyapu engkau dan melenyapkan setiap orang laki-laki dari keluarga Ahab, baik yang tinggi maupun yang rendah kedudukannya di Israel.

1Raj 21:22
Dan Aku akan memperlakukan keluargamu sama seperti keluarga Yerobeam bin Nebat dan seperti keluarga Baesa bin Ahia, oleh karena engkau menimbulkan sakit hati-Ku, dan oleh karena engkau mengakibatkan orang Israel berbuat dosa.

 

1Raj 21:23
Juga mengenai Izebel TUHAN telah berfirman: Anjing akan memakan Izebel di tembok luar Yizreel.

1Raj 21:24
Siapa dari keluarga Ahab yang mati di kota akan dimakan anjing dan yang mati di padang akan dimakan burung di udara.”

1Raj 21:25
Sesungguhnya tidak pernah ada orang seperti Ahab yang memperbudak diri dengan melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, karena ia telah dibujuk oleh Izebel, isterinya.

1Raj 21:26
Bahkan ia telah berlaku sangat keji dengan mengikuti berhala-berhala, tepat seperti yang dilakukan oleh orang Amori yang telah dihalau TUHAN dari depan orang Israel.

Raj 21:27
Segera sesudah Ahab mendengar perkataan itu, ia mengoyakkan pakaiannya, mengenakan kain kabung pada tubuhnya dan berpuasa. Bahkan ia tidur dengan memakai kain kabung, dan berjalan dengan langkah lamban.

1Raj 21:28
Lalu datanglah firman TUHAN kepada Elia, orang Tisbe itu:

1Raj 21:29
“Sudahkah kaulihat, bahwa Ahab merendahkan diri di hadapan-Ku? Oleh karena ia telah merendahkan diri di hadapan-Ku, maka Aku tidak akan mendatangkan malapetaka dalam zamannya; barulah dalam zaman anaknya Aku akan mendatangkan malapetaka atas keluarganya.”

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 18 Juni 2024

Mzm 51:3
(51-5) Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku.

Mzm 51:4
(51-6) Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Kauanggap jahat, supaya ternyata Engkau adil dalam putusan-Mu, bersih dalam penghukuman-Mu.

Mzm 51:5
(51-7) Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku.

Mzm 51:6
(51-8) Sesungguhnya, Engkau berkenan akan kebenaran dalam batin, dan dengan diam-diam Engkau memberitahukan hikmat kepadaku.

Mzm 51:11
(51-13) Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Mzm 51:16
(51-18) Sebab Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan; sekiranya kupersembahkan korban bakaran, Engkau tidak menyukainya.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 18 Juni 2024

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata, “Kamu telah mendengar yang difirmankan: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Namun, Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuh-musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Dengan demikian kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di surga, sebab la menerbitkan matahari-Nya bagi orang yang jahat maupun orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar maupun orang yang tidak benar.

Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apa lebihnya perbuatanmu? Bukankah bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian? Karena itu, haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di surga sempurna.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 18 Juni 2024, Bacaan Injil

Nabi Elia menyatakan bahwa Ahab memperbudak dirinya dengan melakukan yang jahat di mata Tuhan. la membiarkan bujuk-rayu dan kenikmatan pribadi mendikte pilihan-pilihannya. Di balik kekuasaan dan kekuatan yang ia tunjukkan, ada kerapuhan yang dengan sangat jelas dipertontonkan.

Ahab bukan pribadi yang bodoh. Namun, ternyata ia mempunyai karakter yang lemah. Pribadi berkarakter lemah dengan mudah terombang-ambing di antara memilih yang sungguh baik dengan apa yang sekadar sesuai dengan seleranya saja.

Dalam Injil hari ini, Yesus mengajak para murid-Nya untuk mengatasi kelemahan karakter tersebut dengan berani memilih sesuatu yang sukar, namun sungguh berarti bagi keutuhan pribadi manusia. Dengan meminta kita, murid-murid-Nya melakukan hal-hal tersebut, Yesus hendak melatih kita supaya kita tidak diperbudak oleh kelemahan-kelemahan kita sendiri.

la mau kita sungguh-sungguh menjadi pribadi yang merdeka dan bebas dari perbudakan, kelekatan, dan kelemahan agar kita dapat mengikuti Dia dengan hati yang utuh, gembira, sukacita, dan riang, walaupun tantangan datang silih berganti.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 17 Juni 2024

.

.

Ya Yesus, Engkau menghendaki kami menjadi pribadi yang merdeka. Semoga berkat kekuatan dan penyertaan-Mu, kami berani membebaskan diri dari perbudakan diri kami sendiri. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here