Renungan Harian Hari Ini 17 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 17 Juni 2024, Bacaan Injil Matius 5:38-42 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Raj. 21:1-16; Mazmur: 5:2-3.5-6.7; R:2b; PEKAN BIASA XI (H);

BACAAN I

1Raj 21:1
Sesudah itu terjadilah hal yang berikut. Nabot, orang Yizreel, mempunyai kebun anggur di Yizreel, di samping istana Ahab, raja Samaria.

1Raj 21:2
Berkatalah Ahab kepada Nabot: “Berikanlah kepadaku kebun anggurmu itu, supaya kujadikan kebun sayur, sebab letaknya dekat rumahku. Aku akan memberikan kepadamu kebun anggur yang lebih baik dari pada itu sebagai gantinya, atau jikalau engkau lebih suka, aku akan membayar harganya kepadamu dengan uang.”

1Raj 21:3
Jawab Nabot kepada Ahab: “Kiranya TUHAN menghindarkan aku dari pada memberikan milik pusaka nenek moyangku kepadamu!”

1Raj 21:4
Lalu masuklah Ahab ke dalam istananya dengan kesal hati dan gusar karena perkataan yang dikatakan Nabot, orang Yizreel itu, kepadanya: “Tidak akan kuberikan kepadamu milik pusaka nenek moyangku.” Maka berbaringlah ia di tempat tidurnya dan menelungkupkan mukanya dan tidak mau makan.

1Raj 21:5
Lalu datanglah Izebel, isterinya, dan berkata kepadanya: “Apa sebabnya hatimu kesal, sehingga engkau tidak makan?”

1Raj 21:6
Lalu jawabnya kepadanya: “Sebab aku telah berkata kepada Nabot, orang Yizreel itu: Berikanlah kepadaku kebun anggurmu dengan bayaran uang atau jika engkau lebih suka, aku akan memberikan kebun anggur kepadamu sebagai gantinya. Tetapi sahutnya: Tidak akan kuberikan kepadamu kebun anggurku itu.”

1Raj 21:7
Kata Izebel, isterinya, kepadanya: “Bukankah engkau sekarang yang memegang kuasa raja atas Israel? Bangunlah, makanlah dan biarlah hatimu gembira! Aku akan memberikan kepadamu kebun anggur Nabot, orang Yizreel itu.”

1Raj 21:8
Kemudian ia menulis surat atas nama Ahab, memeteraikannya dengan meterai raja, lalu mengirim surat itu kepada tua-tua dan pemuka-pemuka yang diam sekota dengan Nabot.

 

1Raj 21:9
Dalam surat itu ditulisnya demikian: “Maklumkanlah puasa dan suruhlah Nabot duduk paling depan di antara rakyat.

1Raj 21:10
Suruh jugalah dua orang dursila duduk menghadapinya, dan mereka harus naik saksi terhadap dia, dengan mengatakan: Engkau telah mengutuk Allah dan raja. Sesudah itu bawalah dia ke luar dan lemparilah dia dengan batu sampai mati.”

1Raj 21:11
Orang-orang sekotanya, yakni tua-tua dan pemuka-pemuka, yang diam di kotanya itu, melakukan seperti yang diperintahkan Izebel kepada mereka, seperti yang tertulis dalam surat yang dikirimkannya kepada mereka.

1Raj 21:12
Mereka memaklumkan puasa dan menyuruh Nabot duduk paling depan di antara rakyat.

1Raj 21:13
Kemudian datanglah dua orang, yakni orang-orang dursila itu, lalu duduk menghadapi Nabot. Orang-orang dursila itu naik saksi terhadap Nabot di depan rakyat, katanya: “Nabot telah mengutuk Allah dan raja.” Sesudah itu mereka membawa dia ke luar kota, lalu melempari dia dengan batu sampai mati.

1Raj 21:14
Setelah itu mereka menyuruh orang kepada Izebel mengatakan: “Nabot sudah dilempari sampai mati.”

1Raj 21:15
Segera sesudah Izebel mendengar, bahwa Nabot sudah dilempari sampai mati, berkatalah Izebel kepada Ahab: “Bangunlah, ambillah kebun anggur Nabot, orang Yizreel itu, menjadi milikmu, karena Nabot yang menolak memberikannya kepadamu dengan bayaran uang, sudah tidak hidup lagi; ia sudah mati.”

1Raj 21:16
Segera sesudah Ahab mendengar, bahwa Nabot sudah mati, ia bangun dan pergi ke kebun anggur Nabot, orang Yizreel itu, untuk mengambil kebun itu menjadi miliknya.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 17 Juni 2024

Mzm 5:2
(5-3) Perhatikanlah teriakku minta tolong, ya Rajaku dan Allahku, sebab kepada-Mulah aku berdoa.

Mzm 5:3
(5-4) TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu.

Mzm 5:5
(5-6) Pembual tidak akan tahan di depan mata-Mu; Engkau membenci semua orang yang melakukan kejahatan.

Mzm 5:6
(5-7) Engkau membinasakan orang-orang yang berkata bohong, TUHAN jijik melihat penumpah darah dan penipu.

Mzm 5:7
(5-8) Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 17 Juni 2024

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata, “Kamu telah mendengar yang difirmankan: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Namun, Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.

Kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam darimu,”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 17 Juni 2024, Bacaan Injil

Lihatlah apa yang telah diperbuat oleh Ahab dan Izebel karena ketamakan mereka! Mereka tega membunuh Nabot, rakyat mereka sendiri, demi mengambil kebun anggur milik Nabot. Peristiwa “Kebun Anggur Nabot” tidak hanya terjadi satu kali dalam sejarah. Pada masa sekarang, peristiwa semacam itu kerap terjadi. Ketamakan menjadi daya dorong bagi banyak orang untuk menghalalkan segala cara, asalkan keinginan mereka tercapai.

Kita pun menyaksikan bahwa karena tamak, manusia tidak pernah merasa puas. Ketamakan merupakan perwujudan nyata dari sikap egois. Ketamakan juga merupakan “self love” yang keliru. Kita akan sulit bersyukur jika terus-menerus menuruti keinginan kita sendiri, yang pasti tidak ada habisnya.

Yesus menegaskan hal yang sebaliknya. Kepuasan batin dan sukacita justru akan dialami oleh orang-orang yang memiliki hati yang rela memberi dan bahkan memberi lebih. la juga menegaskan bahwa pemberian tersebut ada kalanya akan mendatangkan kesukaran dan memerlukan pengorbanan. Berhadapan dengan kenyataan semacam itu, sebagai pengikut Kristus, kita patut bertanya, sejauh mana hidup kita disetir secara buta oleh keinginan-keinginan yang tidak ada habisnya?

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 16 Juni 2024

.

.

Ya Tuhan, mampukanlah kami untuk rela memberikan kepada mereka yang membutuhkan, sebagai wujud syukur kami kepada-Mu, sekaligus upaya kami melawan keserakahan kami sendiri. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here