Renungan Harian Hari Ini 14 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 14 Juni 2024, Bacaan Injil Matius 5:27-32 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Raj. 19:9a. 11-16; Mazmur: 27:7-8a. 8b-9abc. 13-14; R: 8b; PEKAN BIASA X (H); B.Gerardus; Nabi Elisa;

BACAAN I

1Raj 19:9
Di sana masuklah ia ke dalam sebuah gua dan bermalam di situ. Maka firman TUHAN datang kepadanya, demikian: “Apakah kerjamu di sini, hai Elia?”

1Raj 19:11
Lalu firman-Nya: “Keluarlah dan berdiri di atas gunung itu di hadapan TUHAN!” Maka TUHAN lalu! Angin besar dan kuat, yang membelah gunung-gunung dan memecahkan bukit-bukit batu, mendahului TUHAN. Tetapi tidak ada TUHAN dalam angin itu. Dan sesudah angin itu datanglah gempa. Tetapi tidak ada TUHAN dalam gempa itu.

1Raj 19:12
Dan sesudah gempa itu datanglah api. Tetapi tidak ada TUHAN dalam api itu. Dan sesudah api itu datanglah bunyi angin sepoi-sepoi basa.

1Raj 19:13
Segera sesudah Elia mendengarnya, ia menyelubungi mukanya dengan jubahnya, lalu pergi ke luar dan berdiri di pintu gua itu. Maka datanglah suara kepadanya yang berbunyi: “Apakah kerjamu di sini, hai Elia?”

1Raj 19:14
Jawabnya: “Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup, dan mereka ingin mencabut nyawaku.”

1Raj 19:15
Firman TUHAN kepadanya: “Pergilah, kembalilah ke jalanmu, melalui padang gurun ke Damsyik, dan setelah engkau sampai, engkau harus mengurapi Hazael menjadi raja atas Aram.

1Raj 19:16
Juga Yehu, cucu Nimsi, haruslah kauurapi menjadi raja atas Israel, dan Elisa bin Safat, dari Abel-Mehola, harus kauurapi menjadi nabi menggantikan engkau.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 14 Juni 2024

Mzm 27:7
Dengarlah, TUHAN, seruan yang kusampaikan, kasihanilah aku dan jawablah aku!

Mzm 27:8
Hatiku mengikuti firman-Mu: “Carilah wajah-Ku”; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN.

Mzm 27:8
Hatiku mengikuti firman-Mu: “Carilah wajah-Ku”; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN.

Mzm 27:9
Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku!

Mzm 27:13
Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup!

Mzm 27:14
Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 14 Juni 2024

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata, “Kamu telah mendengar bahwa dikatakan: Jangan berzina. Namun, Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan hingga menginginkan- nya, sudah berzina dengan dia di dalam hatinya. Jika matamu yang kanan menyebabkan engkau berbuat dosa, cungkil dan buanglah,

karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa daripada tubuhmu seutuhnya dicampakkan ke dalam neraka. Jika tangan kananmu menyebabkan engkau berbuat dosa, penggal dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa daripada tubuhmu seutuhnya masuk neraka.

Telah dikatakan : Siapa yang menceraikan istrinya harus memberi surat cerai kepadanya. Namun, Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan istrinya kecuali karena zina, ia menjadikan istrinya berzina; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zina.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 14 Juni 2024, Bacaan Injil

Aturan hukum Taurat tentu sungguh baik sebagai penuntun bagi orang-orang Yahudi. Sekarang tinggal bagaimana aturan-aturan itu ditaati dan dihidupi dalam keseharian. Janganlah berzina! Titik. Jangan ada “embel-embel” lain. Bahkan, Yesus mengatakan, janganlah mengotori matamu dengan segala pandangan yang “kotor”. Karena, pada saat kita mengotori mata, kita sudah mengotori hati.

Membersihkan hidup dan menyucikan hati adalah tugas yang harus kita lakukan sampai kita menutup mata. Kita memang harus terus-menerus membersihkan dan menyucikan hidup kita. Banyak kotor, maka harus banyak tobat dan banyak bersujud. Jangan keras hati dan keras kepala. Jangan selalu merasa benar. Bahkan, jangan sampai merasa sudah bersih dan paling bersih.

Hanya orang yang mau sujud di hadapan Tuhan dengan segala kerendahan hatilah yang akan mendapatkan rahmat pengampunan, dan yang akan sungguh menemukan damai dalam hati, selama hidup di dunia ini. Walaupun kita tahu dan merasa banyak tantangan dan godaan yang terkadang melelahkan, dalam Tuhan ada kekuatan dan tuntunan. Berserahlah kepada-Nya.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 13 Juni 2024

.

.

Tuhan, terima kasih Engkau selalu menuntun dan mengingatkan kami agar kami selalu mawas diri serta menyucikan hidup dan hati kami dari dosa. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here