Renungan Harian Hari Ini 13 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 13 Juni 2024, Bacaan Injil Matius 5:20-26 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Raj. 18:41-46; Mazmur: 65:10abcd. 10e-11. 12-13; R:2a; PEKAN BIASA X; Pw St.Antonius dr Padua, ImPujG (P);

BACAAN I

1Raj 18:41
Kemudian berkatalah Elia kepada Ahab: “Pergilah, makanlah dan minumlah, sebab bunyi derau hujan sudah kedengaran.”

1Raj 18:42
Lalu Ahab pergi untuk makan dan minum. Tetapi Elia naik ke puncak gunung Karmel, lalu ia membungkuk ke tanah, dengan mukanya di antara kedua lututnya.

1Raj 18:43
Setelah itu ia berkata kepada bujangnya: “Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut.” Bujang itu naik ke atas, ia melihat dan berkata: “Tidak ada apa-apa.” Kata Elia: “Pergilah sekali lagi.” Demikianlah sampai tujuh kali.

1Raj 18:44
Pada ketujuh kalinya berkatalah bujang itu: “Wah, awan kecil sebesar telapak tangan timbul dari laut.” Lalu kata Elia: “Pergilah, katakan kepada Ahab: Pasang keretamu dan turunlah, jangan sampai engkau terhalang oleh hujan.”

1Raj 18:45
Maka dalam sekejap mata langit menjadi kelam oleh awan badai, lalu turunlah hujan yang lebat. Ahab naik kereta lalu pergi ke Yizreel.

1Raj 18:46
Tetapi kuasa TUHAN berlaku atas Elia. Ia mengikat pinggangnya dan berlari mendahului Ahab sampai ke jalan yang menuju Yizreel.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 13 Juni 2024

Mzm 65:10
(65-11) Engkau mengairi alur bajaknya, Engkau membasahi gumpalan-gumpalan tanahnya, dengan dirus hujan Engkau menggemburkannya; Engkau memberkati tumbuh-tumbuhannya.

Mzm 65:10
(65-11) Engkau mengairi alur bajaknya, Engkau membasahi gumpalan-gumpalan tanahnya, dengan dirus hujan Engkau menggemburkannya; Engkau memberkati tumbuh-tumbuhannya.

Mzm 65:11
(65-12) Engkau memahkotai tahun dengan kebaikan-Mu, jejak-Mu mengeluarkan lemak;

Mzm 65:12
(65-13) tanah-tanah padang gurun menitik, bukit-bukit berikatpinggangkan sorak-sorai;

Mzm 65:13
(65-14) padang-padang rumput berpakaikan kawanan kambing domba, lembah-lembah berselimutkan gandum, semuanya bersorak-sorai dan bernyanyi-nyanyi.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 13 Juni 2024

Dalam khotbah di bukit, berkatalah Yesus, “Jika hidupmu tidak lebih benar daripada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga. Kamu telah mendengar bahwa kepada nenek moyang kita dikatakan: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. Namun, Aku berkata kepadamu:

Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang mencaci maki saudaranya harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala. Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat bahwa saudaramu sakit hati terhadap engkau,

tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu. Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama dia di tengah jalan, supaya lawanmu itu jangan menyerahkan engkau kepada hakim dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pengawal dan engkau dilemparkan ke dalam penjara.

Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar utangmu sampai lunas.

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 13 Juni 2024, Bacaan Injil

Dalam lubuk hati kita yang paling dalam, kita ingin berjuang untuk membersihkan hati kita dari dosa. Walaupun kadang-kadang tidak mudah, kita selalu berjuang. Maka, bagi Yesus, memperkecil ruang iblis menguasai kita adalah keharusan. Jangan memberikan keleluasaan bagi kekuatan iblis dalam hidup kita. Persempit ruang gerak bagi iblis dalam hidup kita.

Bahkan, bila perlu dan sangat perlu tidak memberikan ruang gerak iblis dalam hati kita. Maka, Yesus menghendaki kita agar menjauhkan dosa dari hidup kita. Jika firman Tuhan mengatakan, jangan membunuh, Yesus menegaskan lagi kepada kita, bukan hanya jangan membunuh, melainkan janganlah marah kepada sesama.

Juga, jangan mengatakan sesama kafir dan juga jangan jahil. Yesus menghendaki agar hati kita makin hari makin bersih dan terbebas dari dosa. Maka, janganlah mengatakan bahwa tidak mungkin semua itu terjadi. Sebab bagi kita tidak mungkin, tetapi bagi Allah semuanya menjadi mungkin. Utamakan Tuhan dalam hidup kita. Maka, Dia akan membuka jalan.

Mengapa harus takut? Terus berjuang dan jangan hanya mengandalkan kekuatan sendiri. Jangan hanya diam dan mengatakan bahwa Tuhan akan menyelesaikan semuanya. Sebab Tuhan menghendaki agar kita juga bisa diajak bekerja sama dengan Dia, dalam melawan kekuatan jahat. Maka, percayalah bahwa keterbukaan kita untuk bekerja sama dan berdialog dengan Tuhan adalah jembatan kecil untuk mempersempit gerak iblis dalam hidup kita.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 12 Juni 2024

.

.

Ya Tuhan, bimbinglah kami agar kami mampu hidup sesuai kehendak-Mu serta mampu menghadapi segala godaaan dan pencobaan dalam hidup kami. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here