Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 12 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 12 Juni 2024 Bacaan Injil

240625
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 12 Juni 2024, Bacaan Injil Matius 5:17-19 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Raj. 18:20-39; Mazmur: 16:1-2a. 4. 5. 8. 11; R:1; PEKAN BIASA X (H); St.Yohanes Fakundus; B.Yolenta, Florida dkk.; B.Fransiskus Kesy; B.Laurensius Maria Salvi;

BACAAN I

1Raj 18:20
Ahab mengirim orang ke seluruh Israel dan mengumpulkan nabi-nabi itu ke gunung Karmel.

1Raj 18:21
Lalu Elia mendekati seluruh rakyat itu dan berkata: “Berapa lama lagi kamu berlaku timpang dan bercabang hati? Kalau TUHAN itu Allah, ikutilah Dia, dan kalau Baal, ikutilah dia.” Tetapi rakyat itu tidak menjawabnya sepatah katapun.

1Raj 18:22
Lalu Elia berkata kepada rakyat itu: “Hanya aku seorang diri yang tinggal sebagai nabi TUHAN, padahal nabi-nabi Baal itu ada empat ratus lima puluh orang banyaknya.

1Raj 18:23
Namun, baiklah diberikan kepada kami dua ekor lembu jantan; biarlah mereka memilih seekor lembu, memotong-motongnya, menaruhnya ke atas kayu api, tetapi mereka tidak boleh menaruh api. Akupun akan mengolah lembu yang seekor lagi, meletakkannya ke atas kayu api dan juga tidak akan menaruh api.

1Raj 18:24
Kemudian biarlah kamu memanggil nama allahmu dan akupun akan memanggil nama TUHAN. Maka allah yang menjawab dengan api, dialah Allah!” Seluruh rakyat menyahut, katanya: “Baiklah demikian!”

1Raj 18:25
Kemudian Elia berkata kepada nabi-nabi Baal itu: “Pilihlah seekor lembu dan olahlah itu dahulu, karena kamu ini banyak. Sesudah itu panggillah nama allahmu, tetapi kamu tidak boleh menaruh api.”

1Raj 18:26
Mereka mengambil lembu yang diberikan kepada mereka, mengolahnya dan memanggil nama Baal dari pagi sampai tengah hari, katanya: “Ya Baal, jawablah kami!” Tetapi tidak ada suara, tidak ada yang menjawab. Sementara itu mereka berjingkat-jingkat di sekeliling mezbah yang dibuat mereka itu.

1Raj 18:27
Pada waktu tengah hari Elia mulai mengejek mereka, katanya: “Panggillah lebih keras, bukankah dia allah? Mungkin ia merenung, mungkin ada urusannya, mungkin ia bepergian; barangkali ia tidur, dan belum terjaga.”

1Raj 18:28
Maka mereka memanggil lebih keras serta menoreh-noreh dirinya dengan pedang dan tombak, seperti kebiasaan mereka, sehingga darah bercucuran dari tubuh mereka.

1Raj 18:29
Sesudah lewat tengah hari, mereka kerasukan sampai waktu mempersembahkan korban petang, tetapi tidak ada suara, tidak ada yang menjawab, tidak ada tanda perhatian.

 

1Raj 18:30
Kata Elia kepada seluruh rakyat itu: “Datanglah dekat kepadaku!” Maka mendekatlah seluruh rakyat itu kepadanya. Lalu ia memperbaiki mezbah TUHAN yang telah diruntuhkan itu.

1Raj 18:31
Kemudian Elia mengambil dua belas batu, menurut jumlah suku keturunan Yakub. ?Kepada Yakub ini telah datang firman TUHAN: “Engkau akan bernama Israel.” ?

1Raj 18:32
Ia mendirikan batu-batu itu menjadi mezbah demi nama TUHAN dan membuat suatu parit sekeliling mezbah itu yang dapat memuat dua sukat benih.

1Raj 18:33
Ia menyusun kayu api, memotong lembu itu dan menaruh potongan-potongannya di atas kayu api itu.

1Raj 18:34
Sesudah itu ia berkata: “Penuhilah empat buyung dengan air, dan tuangkan ke atas korban bakaran dan ke atas kayu api itu!” Kemudian katanya: “Buatlah begitu untuk kedua kalinya!” Dan mereka berbuat begitu untuk kedua kalinya. Kemudian katanya: “Buatlah begitu untuk ketiga kalinya!” Dan mereka berbuat begitu untuk ketiga kalinya,

1Raj 18:35
sehingga air mengalir sekeliling mezbah itu; bahkan parit itupun penuh dengan air.

1Raj 18:36
Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: “Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini.

1Raj 18:37
Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali.”

1Raj 18:38
Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.

1Raj 18:39
Ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: “TUHAN, Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah!”

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 12 Juni 2024

Mzm 16:1
Miktam. Dari Daud. Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung.

Mzm 16:2
Aku berkata kepada TUHAN: “Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!”

Mzm 16:4
Bertambah besar kesedihan orang-orang yang mengikuti allah lain; aku tidak akan ikut mempersembahkan korban curahan mereka yang dari darah, juga tidak akan menyebut-nyebut nama mereka di bibirku.

Mzm 16:5
Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku.

Mzm 16:8
Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.

Mzm 16:11
Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 12 Juni 2024

Dalam khotbah di bukit, Yesus berkata, “Janganlah kamu menyangka bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu huruf terkecil atau satu titik pun tidak akan lenyap dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan diberi tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Surga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkannya, ia akan diberi tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Surga.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 12 Juni 2024, Bacaan Injil

Di antara kita pasti banyak yang setuju bahwa yang utama adalah penghargaan pada manusia, bukan pada aturan-aturan. Memang, sebagian besar aturan dan tuntunan dalam hidup rohani biasanya baik dan benar adanya. Namun, hal yang utama adalah bagaimana sikap manusia terhadap aturan-aturan itu. Yesus menegaskan bahwa apa yang sudah dianugerahkan Allah dalam Taurat baik dan benar adanya.

Sungguh bisa menjadi tuntunan dan arah langkah rohani untuk mendekat kepada-Nya. Maka, Dia mengatakan bahwa kedatangan-Nya tidak menghilangkan sedikit pun apa yang ada dalam Taurat, melainkan menggenapinya. Mari kita selalu belajar untuk mawas diri akan hidup kita. Mempunyai hati dan pemikiran yang kritis akan ajaran iman harus dan boleh-boleh saja. Namun, yang utama adalah kita berjuang sungguh-sungguh untuk terlebih dahulu mendalaminya.

Kita berjibaku terlebih dahulu dengan jatuh bangunnya iman kekatolikan kita, sembari mengembangkan akal budi kita untuk mengkritisi semuanya. Semoga di sanalah kita akan menemuan kedalaman iman dan pengetahuan iman. Jangan takut. Semua harus dalam pergumulan. Bahkan, pada saat kita jatuh dan tak memahami apa yang Tuhan kehendaki, janganlah menyerah dan putus asa. Jangan-jangan itu menjadi jalan-jalan kecil kita untuk menemukan pencerahan rohani dan keteguhan iman.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 11 Juni 2024

.

.

Tuhan, semoga kami tetap rendah hati dalam menghadapi pergumulan hidup dan iman yang kadang-kadang tidak mudah ini. Amin. 

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here