Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 12 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 12 Mei 2024 Bacaan Injil

210707
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 12 Mei 2024, Bacaan Injil Yohanes 17:11b-19 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 1:15-17. 20a. 20c-26; Mazmur: 103:1-2. 11-12. 19-20ab; R:19a; Bacaan II: 1Yoh. 4:11-16; O PEKAN III PEKAN PASKAH VII (P);

BACAAN I

Kis 1:15
Pada hari-hari itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul itu, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya, lalu berkata:

Kis 1:16
“Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.

Kis 1:17
Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini.”

Kis 1:20
“Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya: dan: Biarlah jabatannya diambil orang lain.

Kis 1:20
“Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya: dan: Biarlah jabatannya diambil orang lain.

 

Kis 1:21
Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami,

Kis 1:22
yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya.”

Kis 1:23
Lalu mereka mengusulkan dua orang: Yusuf yang disebut Barsabas dan yang juga bernama Yustus, dan Matias.

Kis 1:24
Mereka semua berdoa dan berkata: “Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang, tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini,

Kis 1:25
untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya.”

Kis 1:26
Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 12 Mei 2024

Mzm 103:1
Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!

Mzm 103:2
Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!

Mzm 103:11
tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia;

Mzm 103:12
sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.

Mzm 103:19
TUHAN sudah menegakkan takhta-Nya di sorga dan kerajaan-Nya berkuasa atas segala sesuatu.

Mzm 103:20
Pujilah TUHAN, hai malaikat-malaikat-Nya, hai pahlawan-pahlawan perkasa yang melaksanakan firman-Nya dengan mendengarkan suara firman-Nya.

 

BACAAN II – Renungan Harian Hari Ini 12 Mei 2024

1Yoh 4:11
Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.

1Yoh 4:12
Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.

1Yoh 4:13
Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya.

1Yoh 4:14
Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia.

1Yoh 4:15
Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah.

1Yoh 4:16
Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 12 Mei 2024

Dalam perjamuan malam terakhir Yesus menengadah ke langit dan berdoa bagi semua murid-Nya, “Ya Bapa yang kudus, jagalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku menjaga mereka dalam nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku.

Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dia yang memang harus binasa, supaya digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci. Namun, sekarang Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka.

Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau menjaga mereka dari yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia.

Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; Firman-Mu itulah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia. Aku menguduskan diri- Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 12 Mei 2024, Bacaan Injil

Para rasul selalu berusaha setia melanjutkan apa yang Tuhan kita Yesus Kristus telah lakukan dan perintahkan. Yesus telah memilih dua belas rasul yang melambangkan Israel yang baru. Bacaan Pertama (Kis. 1:15-17, 20a, 20c-26, ) mengisahkan pemilihan Matias untuk menggantikan Yudas Iskariot yang mengkhianati Yesus supaya jumlah rasul tetap dua belas sebagaimana jumlah yang telah Yesus tentukan.

Menggenapi jumlah para rasul agar tetap dua belas merupakan lambang bahwa dalam menerima dan melaksanakan perintah cinta kasih Kristus, haruslah sepenuh dan sebulat mungkin. Pemilihan dua belas rasul tersebut adalah awal dari Gereja. Gereja dikehendaki oleh Yesus. Gereja bukan semata-semata sebuah organisasi, melainkan Tubuh Kristus. Karena itu, kita patut bersyukur telah menjadi bagian dari Gereja, Tubuh Kristus itu.

Selain itu, Yesus menghendaki kesatuan dan persekutuan di antara rasul. Kesatuan ini harus mereka teruskan dan akan terwujud jika mereka saling mengasihi. Rasul Yohanes dalam Bacaan Kedua (1 Yoh. 4:11-16) meneruskan kepada kita kehendak Yesus tersebut. Gereja sebagai lanjutan dari para rasul berusaha mengajari kita putra-putrinya untuk saling mengasihi. Dasar dari kasih di antara kita adalah kasih Allah kepada kita. Kita saling mengasihi karena Tuhan mengasihi kita. Salah satu wujud kasih itu adalah terlibat aktif dalam gerakan ekumene yang mengupayakan kesatuan dari berbagai denominasi Kristen.

Bapa telah mengutus Putra-Nya, kemudian Yesus mengutus para rasul-Nya, dan tugas perutusan yang para rasul terima dari Yesus diteruskan oleh Gereja. Akhirnya, Gereja mengutus kita ke dunia. Kita bertanya, “Untuk apa kita diutus ke dunia?” Beberapa tugas perutusan disebutkan dalam bacaan-bacaan hari ini. Seperti para rasul, kita diutus untuk menjadi saksi tentang kebangkitan Yesus; Yesus sebagai Anak Allah, dan Allah yang adalah kasih.

 

Di tengah masyarakat yang sedang berseteru, kita diutus untuk mengupayakan kehidupan yang harmonis. Di tengah penderitaan, kita diutus untuk menunjukkan pemeliharaan Allah. Kita juga dipanggil untuk selalu berdoa kepada Bapa supaya masyarakat kita dilindungi dari segala kejahatan. Di tengah keruntuhan moral hidup, kita ditugaskan untuk mewartakan dan hidup kudus dalam kebenaran.

Dengan dunia yang dipenuhi kebencian, kita ditugaskan untuk membawa kedamaian. Juga dunia yang diliputi penghinaan, perselisihan, kebimbangan, kesesatan, kecemasan, kesedihan, dan kegelapan, sebagai pengikut Kristus, kita diutus dan ditugaskan untuk mewartakan dan membawa pengampunan, kerukunan, kepastian, kebenaran, pengharapan, kegembiraan, dan terang. Dengan itu, hidup kita diharapkan berguna untuk melayani sesama manusia, terutama mereka yang mengalami penderitaan dan disingkirkan dalam hidup menggereja dan bermasyarakat.

Kita sebagai anggota Gereja, Tubuh Kristus, patut bersukacita karena kita telah diperbolehkan untuk mengambil bagian dalam rencana Tuhan. Tugas perutusan ini tidak dapat kita laksanakan dengan baik jika tidak dilandasi oleh kesatuan di antara kita. Meskipun kita berbeda, dengan pertolongan Roh Kudus, kita mengupayakan kesatuan tersebut dengan saling mencintai.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 11 Mei 2024

.

.

Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan, dan perbaruilah hidup kami. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here