Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 11 Juni 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 11 Juni 2024 Bacaan Injil

241131
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 11 Juni 2024, Bacaan Injil Matius 10:7-13 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 11:21 b-26; 13:1-3; Mazmur: 98:1.2–3ab, 3c-4, 5-6; R: 2b; PEKAN BIASA X; Pw St.Barnabas, Rasul (M);

BACAAN I

Kis 11:21
Dan tangan Tuhan menyertai mereka dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan.

Kis 11:22
Maka sampailah kabar tentang mereka itu kepada jemaat di Yerusalem, lalu jemaat itu mengutus Barnabas ke Antiokhia.

Kis 11:23
Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan,

Kis 11:24
karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan.

Kis 11:25
Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Saulus; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia.

Kis 11:26
Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Kis 13:1
Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus.

Kis 13:2
Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”

Kis 13:3
Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 11 Juni 2024

Mzm 98:1
Mazmur. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.

Mzm 98:2
TUHAN telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa.

Mzm 98:3
Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

Mzm 98:3
Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.

Mzm 98:4
Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!

Mzm 98:5
Bermazmurlah bagi TUHAN dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu yang nyaring,

Mzm 98:6
dengan nafiri dan sangkakala yang nyaring bersorak-soraklah di hadapan Raja, yakni TUHAN!

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 11 Juni 2024

Sekali peristiwa Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Surga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang yang sakit kulit; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Janganlah membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah membawa kantong perbekalan dalam perjalanan, janganlah membawa hai dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat nafkahnya. Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat.

Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka Jika mereka layak menerimanya, salam damaimu itu turun ke atasnya, jika tidak, salam damaimu itu kembali kepadamu.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 11 Juni 2024, Bacaan Injil

Perutusan yang berat dan tidak mudah adalah mewartakan pertobatan; membawa orang untuk mengubah jalan hidupnya menjadi lebih baik. Mungkin kadang-kadang kita mengatakan kepada diri kita sendiri bahwa itu bukan tugas saya, itu tugas Tuhan. Mengapa kita berbicara demikian?

Karena kita merasa diri lemah dan tidak mempunyai kekuatan untuk “mempertobatkan” orang. Karena itu, Yesus mengutus para murid untuk menemukan domba-domba yang hilang. Jangan dikira bahwa ketika kita bisa berjumpa dengan “domba-domba yang hilang”, kita akan langsung mengalami sukacita dan damai-damai saja.

Sebaliknya, kita akan memperoleh banyak tantangan dan perlawanan dari mereka. Sebab, mereka sudah mempunyai cara berpikir sendiri. Mereka juga mempunyai “luka hati” tersendiri yang belum sembuh.  Mungkin mereka akan meremehkan kita. Akan mencibir kita. Mereka akan berkata kepada kita,”Jangan sok suci kamu!” Mereka akan menendang kita.

Bahkan, mereka mengigit kita dengan kemarahan dan kejengkelan pada Tuhan dan sesama yang pernah melukai mereka. Itulah situasi nyata yang akan kita hadapi ketika kita diutus Yesus dalam dunia dewasa ini. Karena itu, Yesus tidak menghendaki kita membawa banyak “bekal”: tongkat, baju, makanan.

Jika terlalu banyak membawa “bekal”, kita tidak akan sabar menghadapi mereka, dan mudah meninggalkan mereka. Akibatnya, tidak akan terjadi pertobatan dan penyelamatan; kita akan mudah terpancing untuk marah, bahkan “memukul” mereka dengan bekal yang kita bawa. Maka, Yesus menghendaki, dalam perutusan, yang kita andalkan hanyalah satu, yaitu Yesus sendiri dengan kekuatan kasih dan kerahiman-Nya. Mampukah kita?

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 10 Juni 2024

.

.

Tuhan, berikanlah kami perisai kasih dalam segala perutusan kami agar kami mampu menghadapi segala tantangannya. Amin.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here