Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Hari Ini 10 Mei 2024 Bacaan Injil

Renungan Harian Hari Ini 10 Mei 2024 Bacaan Injil

203727
0
renungan harian hari ini

Renungan Harian Hari Ini 10 Mei 2024, Bacaan Injil Yohanes 16:20-23a (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kis. 18:9-18; Mazmur: 47:2-3. 4-5. 6-7; R:8a; PEKAN PASKAH VI (P); St.Yohanes dr Avilla; St.Antonius dr Florence; St.Damianus de Veuster;

BACAAN I

Kis 18:9
Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: “Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!

Kis 18:10
Sebab Aku menyertai engkau dan tidak ada seorangpun yang akan menjamah dan menganiaya engkau, sebab banyak umat-Ku di kota ini.”

Kis 18:11
Maka tinggallah Paulus di situ selama satu tahun enam bulan dan ia mengajarkan firman Allah di tengah-tengah mereka.

Kis 18:12
Akan tetapi setelah Galio menjadi gubernur di Akhaya, bangkitlah orang-orang Yahudi bersama-sama melawan Paulus, lalu membawa dia ke depan pengadilan.

Kis 18:13
Kata mereka: “Ia ini berusaha meyakinkan orang untuk beribadah kepada Allah dengan jalan yang bertentangan dengan hukum Taurat.”

Kis 18:14
Ketika Paulus hendak mulai berbicara, berkatalah Galio kepada orang-orang Yahudi itu: “Hai orang-orang Yahudi, jika sekiranya dakwaanmu mengenai suatu pelanggaran atau kejahatan, sudahlah sepatutnya aku menerima perkaramu,

Kis 18:15
tetapi kalau hal itu adalah perselisihan tentang perkataan atau nama atau hukum yang berlaku di antara kamu, maka hendaklah kamu sendiri mengurusnya; aku tidak rela menjadi hakim atas perkara yang demikian.”

Kis 18:16
Lalu ia mengusir mereka dari ruang pengadilan.

Kis 18:17
Maka orang itu semua menyerbu Sostenes, kepala rumah ibadat, lalu memukulinya di depan pengadilan itu; tetapi Galio sama sekali tidak menghiraukan hal itu.

Kis 18:18
Paulus tinggal beberapa hari lagi di Korintus. Lalu ia minta diri kepada saudara-saudara di situ, dan berlayar ke Siria, sesudah ia mencukur rambutnya di Kengkrea, karena ia telah bernazar. Priskila dan Akwila menyertai dia.

 

MAZMUR – Renungan Harian Hari Ini 10 Mei 2024

Mzm 47:2
(47-3) Sebab TUHAN, Yang Mahatinggi, adalah dahsyat, Raja yang besar atas seluruh bumi.

Mzm 47:3
(47-4) Ia menaklukkan bangsa-bangsa ke bawah kuasa kita, suku-suku bangsa ke bawah kaki kita,

Mzm 47:4
(47-5) Ia memilih bagi kita tanah pusaka kita, kebanggaan Yakub yang dikasihi-Nya. Sela

Mzm 47:5
(47-6) Allah telah naik dengan diiringi sorak-sorai, ya TUHAN itu, dengan diiringi bunyi sangkakala.

Mzm 47:6
(47-7) Bermazmurlah bagi Allah, bermazmurlah, bermazmurlah bagi Raja kita, bermazmurlah!

Mzm 47:7
(47-8) Sebab Allah adalah Raja seluruh bumi, bermazmurlah dengan nyanyian pengajaran!

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 10 Mei 2024

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira. Kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita. Seorang perempuan berdukacita ketika ia melahirkan, karena saatnya telah tiba. Namun, sesudah ia melahirkan anaknya,

ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia. Demikian juga kamu sekarang berdukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira, dan tidak ada seorang pun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari kamu. Pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku.”

.

renungan harian hari ini

.

Renungan Harian Hari Ini 10 Mei 2024, Bacaan Injil

Keberadaan kita sebagai orang Katolik adalah satu bentuk pewartaan. Tidak mengherankan sejumlah orang Katolik menerima perlakuan yang kurang baik, bahkan kasar dan tidak adil dari orang-orang sekitar mereka semata-mata karena mereka beragama Katolik. Perlakuan ini tidak boleh membuat kita mengisolasikan diri dari masyarakat sekitar kita, tetapi semakin ikut aktif dalam membangun kebaikan bersama.

Yesus dalam Bacaan Injil (Yoh. 16:20-23) sudah mengingatkan kita bahwa akan ada saatnya kita sebagai murid-Nya akan berdukacita dengan menangis dan meratap. Akan tetapi, Dia juga memberikan harapan kepada kita bahwa dukacita kita akan berubah menjadi sukacita dan tidak ada seorang pun yang dapat merampas kegembiraan tersebut dari kita.

Rasul Paulus pun diingatkan oleh Tuhan dalam Bacaan Pertama (Kis. 18:9-18) untuk tidak takut memberitakan Injil. Para murid Yesus, termasuk kita, tidak perlu takut sekalipun kita disiksa, dibawa ke pengadilan. Sukacita dalam menghidupi dan mewartakan Injil janganlah dipadamkan oleh rasa takut.

Tidak sedikit umat Kristen dipenjara secara tidak adil karena menyatakan kebenaran iman mereka dalam masyarakat yang penuh korupsi, kemunafikan, dan penyelewengan kekuasaan. Mereka tidak gentar karena mereka tahu bahwa Tuhan akan memelihara dan membela mereka.

Baca Juga: Renungan Harian Hari Ini 9 Mei 2024

.

.

Ya Roh Kudus, berikanlah kepada kami Roh Keberanian. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK): Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.  

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here