Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 8 Januari 2024 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 8 Januari 2024 dan Injil

126411
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 8 Januari 2024, Bacaan Injil Markus 1:7-11 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Yes. 55:1-11; Mazmur: Yes. 12:2-3. 4bcd. 5-6; R: 3; PESTA PEMBAPTISAN TUHAN (P); St.Severinus, Paus; St.Lusianus Beauvais; St.Apolinaris; B.Didakus Yoseph;

BACAAN I – Yesaya 55

Yes 55:1
Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!

Yes 55:2
Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.

Yes 55:3
Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.

Yes 55:4
Sesungguhnya, Aku telah menetapkan dia menjadi saksi bagi bangsa-bangsa, menjadi seorang raja dan pemerintah bagi suku-suku bangsa;

Yes 55:5
sesungguhnya, engkau akan memanggil bangsa yang tidak kaukenal, dan bangsa yang tidak mengenal engkau akan berlari kepadamu, oleh karena TUHAN, Allahmu, dan karena Yang Mahakudus, Allah Israel, yang mengagungkan engkau.

Yes 55:6
Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

Yes 55:7
Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.

 

Yes 55:8
Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Yes 55:9
Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Yes 55:10
Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan,

Yes 55:11
demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

 

MAZMUR Yesaya 12 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 8 Januari 2024

Yes 12:2
Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gementar, sebab TUHAN ALLAH itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku.”

Yes 12:3
Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.

Yes 12:4
Pada waktu itu kamu akan berkata: “Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, beritahukanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah, bahwa nama-Nya tinggi luhur!

Yes 12:5
Bermazmurlah bagi TUHAN, sebab perbuatan-Nya mulia; baiklah hal ini diketahui di seluruh bumi!

Yes 12:6
Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, agung di tengah-tengahmu!”

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 8 Januari 2024

Tatkala banyak orang minta dibaptis, Yohanes memberitakan kepada mereka demikian, “Sesudah aku akan datang la yang lebih berkuasa daripada aku, membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi la akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.

Pada waktu itu, datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan la dibaptis di Sungai Yordan oleh Yohanes. Segera sesudah keluar dari air, la melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya. Lalu, terdengarlah suara dari surga, “Engkaulah Anak-Ku yang terkasih, kepada-Mulah Aku berkenan.”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Hari Ini 8 Januari 2024, Bacaan Injil

Di Sungai Yordan, keilahian Yesus ditampakkan lewat peristiwa langit terbuka dan Roh Kudus yang turun ke atas-Nya dalam rupa burung merpati, serta suara Allah Bapa yang berkata, “Engkaulah Anak-Ku yang terkasih, kepada-Mulah Aku berkenan” (Mrk. 1:11). Dalam hal ini, Bapa di surga sendirilah yang mengungkapkan siapa Yesus, Putra kesayangan-Nya. Pewahyuan itu bukan hanya untuk Yohanes dan orang-orang Yahudi, melainkan untuk kita juga.

Yesus, Putra Bapa yang terkasih, yang dinyatakan kepada orang-orang Yahudi di Sungai Yordan, terus menyatakan diri kepada kita setiap hari. Di dalam doa, dalam Ekaristi, di dalam dan melalui saudara-saudara kita, serta dalam pembaptisan yang telah kita terima yang menjadikan kita anak-anak dari Bapa yang sama. Oleh karena itu, kita patut bertanya, “Apakah aku mengenali kehadiran-Nya, cinta-Nya dalam hidupku?

Dalam pergumulan hidup yang sering kali tidak mudah, kita pun ingin mendengar sabda Bapa, “Engkaulah anak-Ku yang terkasih, kepadamulah Aku berkenan.” Bukan karena perbuatan baik dan kesalehan yang membuat kita berkenan kepada-Nya, melainkan semata-mata karena cinta dan belas kasih-Nya.

Ya Bapa, semoga keyakinan kami akan kasih-Mu yang tanpa syarat selalu membawa kami lebih dekat pada-Mu. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here