Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 30 Desember 2023 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 30 Desember 2023 dan Injil

119022
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 30 Desember 2023, Bacaan Injil Lukas 2:36-40 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Yoh. 2:12-17; Mazmur: 96: 7-8a.8b-9.10; R: 11a; HARI KE-6 OKTAF NATAL (P);

BACAAN I – 1 Yohanes 2

1Yoh 2:12
Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, sebab dosamu telah diampuni oleh karena nama-Nya.

1Yoh 2:13
Aku menulis kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu telah mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu telah mengalahkan yang jahat.

1Yoh 2:14
Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, karena kamu mengenal Bapa. Kepada kamu, hai bapa-bapa, karena kamu mengenal Dia, yang ada dari mulanya. Aku menulis kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat dan firman Allah diam di dalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat.

1Yoh 2:15
Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.

1Yoh 2:16
Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

1Yoh 2:17
Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

 

MAZMUR 96 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 30 Desember 2023

Mzm 96:7
Kepada TUHAN, hai suku-suku bangsa, kepada TUHAN sajalah kemuliaan dan kekuatan!

Mzm 96:8
Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya!

Mzm 96:8
Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya!

Mzm 96:9
Sujudlah menyembah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan, gemetarlah di hadapan-Nya, hai segenap bumi!

Mzm 96:10
Katakanlah di antara bangsa-bangsa: “TUHAN itu Raja! Sungguh tegak dunia, tidak goyang. Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran.”

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Hari Ini 30 Desember 2023

Ketika kanak-kanak Yesus dipersembahkan di Bait Allah, ada di Yerusalerm seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer, namanya Hana. la sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah menikah, ia hidup tujuh tahun bersama suaminya, dan sekarang ia sudah janda, berumur delapan puluh empat tahun.

la tidak pernah meninggalkan Bait Allah, dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa. Pada hari kanak-kanak Yesus dipersembahkan di Bait Allah, Hana pun datang ke Bait Allah dan mengucap syukur kepada Allah, serta berbicara tentang kanak Yesus kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem.

Setelah menyelesaikan semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah Maria dan Yusuf beserta kanak Yesus ke kota kediaman mereka, yaitu kota Nazaret di Galilea. Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 30 Desember 2023, Bacaan Injil

Yohanes dalam suratnya yang pertama mengajak para pengikut Tuhan untuk tidak terikat pada hal-hal duniawi dan tenggelam dalam aneka urusan hidup sekarang. Kita juga mesti selalu mengarahkan diri pada urusan surgawi dan kehidupan yang kekal. “Sebab semua yang ada di dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya” (1 Yoh. 2:16-17). Kerinduan akan Tuhan seperti itulah yang mendorong Hanna menghabiskan hari-hari hidupnya di sekitar Bait Allah. Nabi perempuan itu hingga usia tuanya menantikan penghiburan Tuhan bagi Israel dengan berdoa dan berpuasa setiap hari. Hanna pun bersukacita karena bertemu Tuhan dalam perjumpaan dengan kanak-kanak Yesus di Bait Allah.

Kita tentu tidak dapat menghindari aneka kesibukan pekerjaan dan urusan duniawi untuk kehidupan sckarang. Namun, semua itu tidak boleh membuat kita lupa akan kehidupan abadi yang menjadi tujuan akhir dari seluruh ziarah kita. Di tengah kesibukan itu, baiklah hati kita tetap terarah pada Tuhan.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini 29 Desember 2023

.

.

Ya Bapa, semoga perayaan kelahiran Putra-Mu pada hari Natal mengantar kami pada perjumpaan dengan-Mu. Dialah sumber penghiburan dan penuntun bagi kami dalam perjalanan menuju hidup kekal. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here