Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Juli 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Juli 2023, Bacaan Injil

15867
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Juli 2023, Bacaan Injil Yohanes 20:24-29 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Ef. 2:19-22; Mazmur: 117:1.2; PEKAN BIASA XIII; Pesta St.Tomas, Rasul (M); 

Pada hari Minggu Paskah, ketika Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya, Tomas, seorang dari kedua belas murid, yang juga disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka. Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya, “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka, “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, aku sama sekali tidak akan percaya.”

Delapan hari kemudian, murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu, dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang. Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, “Damai sejahtera bagimu!” Kemudian Ia berkata kepada Tomas, “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku, dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”

Tomas menjawab kepada-Nya, “Ya Tuhanku dan Allahku!” Kata Yesus kepadanya, “Karena telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Juli 2023, Bacaan Injil

Santo Tomas Rasul memberi kesan kurang positif karena menjadi orang yang sulit percaya, sedangkan rasul lain percaya bahwa Yesus yang disalib itu tetap hidup. Lalu, Yesus datang dan tidak hanya memperlihatkan tangan dan lambung-Nya, tetapi juga mengajak Santo Tomas untuk menaruh jari ke dalam tangan dan lambung-Nya. Akhirnya Santo Tomas percaya dan menjawab Dia, “Ya Tuhanku dan Allahku!” (Yoh. 20:28).

Sikap Santo Tomas mudah dikenal kembali oleh kita yang sering kali menuntut tanda bukti nyata. Banyak orang sekarang sulit menerima sesuatu yang adikodrati bila tidak melihat tanda yang nyata. Hendaknya bersama Santo Tomas, kita dapat melepaskan syarat-syarat yang tidak sesuai. Melebihi Tomas itu, kita percaya tanpa melihat penampakan Yesus, dan justru karena itu kita dinyatakan bahagia. “Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah” (Ef. 2:19).

.

Ya Tuhan, ajarlah kami untuk selalu rendah hati dan terbuka terhadap misteri-Mu yang tak terselami. Kami percaya, Engkau selalu hadir di tengah-tengah kami dan menuntun kami pada kebenaran sejati. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here