Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Agustus 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Agustus 2023, Bacaan Injil

17208
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Agustus 2023, Bacaan Injil Matius 13:47-53 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kel. 40:16-21.34-38; Mazmur: 84:3-6a. Ba.11; R: 2; PEKAN BIASA XVII (H); 

Sekali peristiwa, Yesus bersabda kepada orang banyak, “Hal Kerajaan Surga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai jenis ikan. Setelah penuh, pukat itu ditarik orang ke pantai. Lalu mereka duduk dan dipilihlah ikan-ikan itu, ikan yang baik ke dalam pas, yang buruk dibuang. Demikianlah juga pada akhir zaman. Malaikat-malaikat datang memisahkan orang jahat dari orang benar, yang jahat lalu mereka campakkan ke dalam dapur api. Di sana akan ada ratapan dan kertakan gigi. Mengertikah kalian akan segala hal ini?”

Orang-orang menjawab, “Ya, kami mengerti.” Maka bersabdalah Yesus kepada mereka, “Karena itu setiap ahli Taurat yang menerima pelajaran hal Kerajaan Allah seumpama seorang tuan rumah yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya.” Setelah selesai menyampaikan perumpamaan itu, Yesus pergi dari sana.

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 3 Agustus 2023, Bacaan Injil

Membicarakan zaman akhir kerap menimbulkan ketakutan. Sebagai manusia lemah kita tidak nyaman membayangkan gambaran-gambaran mengerikan ketika bumi akan bergoncang, matahari tidak bersinar lagi, kehancuran di mana-mana dan mengikuti gambaran Yesus sendiri, “Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api.”

Demikian akan ada pengadilan terakhir seperti digambarkan Yesus, laksana memisahkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik akan dibuang. Kita cemas, jangan-jangan dikelompokkan dalam kategori ikan yang dibuang atau yang dicampakkan ke dalam dapur api, dan mulai berpikir ‘teganya’ Tuhan membiarkan kita. Tetapi apakah Tuhan memang melepaskan kita berjuang sendirian?

Gambaran Yesus tentang akhir zaman adalah bukti Keadilan Allah. Dia yang penuh cinta itu sungguh adil. la adil dan menyertai perjalanan hidup manusia supaya tidak dibuang dan dicampakkan dalam dapur api. la menaungi Kemah Suci buatan Musa dalam awan di siang hari dan api di malam hari untuk menemani perjalanan bangsa-Nya. la melenyapkan kecemasan, tetapi menghendaki umat-Nya bersedia berjalan bersama-Nya sebagai bangsa dan juga berlaku adil satu sama lain.

.

Ya Tuhan, Engkau sungguh penuh kasih dan keadilan. Ajarlah kami agar mampu berjalan bersama dalam naungan kasih dan keadilan-Mu. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here