Renungan Harian Katolik Hari Ini 21 Juli 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 21 Juli 2023, Bacaan Injil Matius 12:1-8 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kel. 11:10-12:14; Mazmur: 116:12-13.15-16bc.17-18: R:13; PEKAN BIASA XV (H); St.Laurensius dr Brindisi; 

Pada suatu hari Sabat, Yesus dan murid-murid-Nya berjalan di ladang gandum. Karena lapar, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya. Melihat itu, berkatalah orang-orang Farisi kepada Yesus, lihatlah, murid-murid-Mu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat.” Tetapi Yesus menjawab, “Tidakkah kalian baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan para pengikutnya lapar? la masuk ke dalam bait Allah, dan mereka semua makan roti sajian yang tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam.

Atau tidakkah kalian baca dalam Kitab Taurat, bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam bait Allah, namun tidak bersalah? Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi bait Allah. Seandainya kalian memahami maksud sabda ini, ‘Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan’, tentu kalian tidak akan menghukum orang yang tidak bersalah. Sebab Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 21 Juli 2023, Bacaan Injil

“Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebajikan-Nya kepadaku?” (Mzm. 116:13). Adakah dari kita yang tidak pernah merasakan kebaikan Tuhan? Tentu saja semua hal yang kita alami dalam hidup merupakan bentuk kasih Tuhan terhadap manusia. Kasih-Nya yang begitu besar terhadap manusia membuat manusia tidak akan mampu mengukur betapa dalam kasih Tuhan. Napas kehidupan setiap kali kita bangun pagi hari merupakan bentuk kasih-Nya.

Lantas, bagaimana kita bisa membalas kasih Tuhan pada kita? “Aku akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama Tuhan, akan membayar nazarku kepada Tuhan di depan seluruh umat-Nya” (Mzm. 116:13). Kita sadar bahwa kita adalah manusia berdosa yang amat dikasihi-Nya, maka marilah kita mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati. Berusaha untuk melakukan segala hal baik setiap hari yang menyenangkan hati Tuhan dan sesama.

Hal konkret yang dapat kita lakukan untuk membalas kasih Tuhan, yakni rajin berdoa, rajin beribadah ke gereja, membaca Alkitab, mempersembahkan talenta yang kita punya untuk melayani Tuhan, dan berbuat kasih kepada sesama di sekitar kita. Tuhan sendiri menghendaki agar kita penuh kasih pada-Nya dan sesama. “Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan” (Mat. 12:7b).

.

Tuhan Yesus, biarlah kasih-Mu tinggal abadi di dalam hati kami. Ajarlah kami untuk mengasihi sesama seperti Engkau mengasihi kami. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here