Renungan Harian Katolik Hari Ini 18 Juli 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 18 Juli 2023, Bacaan Injil Matius 11:20-24 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kel. 2:1-15a; Mazmur: 69:3.14.30-31.33-34; R:33; PEKAN BIASA XV (H); Sta.Odilia; 

Sekali peristiwa, Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, meskipun di sana la melakukan paling banyak mukjizat. Ia berkata, “Celakalah engkau, Khorazim! Celakalah engkau, Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mukjizat-mukjizat yang telah Kulakukan di tengah-tengahmu, pasti sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi Aku berkata kepadamu, ‘Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.’

Dan engkau, Kapernaum apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak! Engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mukjizat-mukjizat yang telah terjadi di tengah-tengahmu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Maka Aku berkata kepadamu, ‘Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.’

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 18 Juli 2023, Bacaan Injil

Dua tokoh dalam bacaan hari ini adalah Musa dan Yesus. Keduanya sama-sama ingin mengangkat sesamanya dari penderitaan. Musa ingin mengangkat penderitaan sesamanya, sebab ia sudah lebih dahulu punya pengalaman ‘diangkat’. la diangkat menjadi anak oleh putri Firaun. “Ketika anak itu telah besar, dibawanya kepada putri Firaun, yang mengangkatnya menjadi anaknya dan menamainya Musa” (ay. 10). Bagi Musa, sesamanya adalah pribadi yang harus djunjung lebih tinggi.

Sebagaimana Musa mengangkat orang Ibrani yang dipukuli itu, Yesus pun mengangkat orang-orang Tirus dan Sidon karena sudah bertobat. Bagaimana jalan agar kita bisa diangkat oleh Allah? Pertobatan merupakan cara kita terhindar dari kebinasaan. Pembaptisan membuat kita diangkat menjadi anak Allah. Pertobatan membuat kita tetap tinggal dalam Allah. Maka, sejauh mana kita memperbaiki sikap dari hari ke hari?

.

Bapa, kami sadar bahwa kesalahan dan cacat cela kami tak terhitung banyaknya. Namun, kasih-Mu tak terbatas dan selalu ada ruang yang Kau berikan agar kami bisa memperbaiki kesalahan itu. Tolonglah kami, ya Bapa, agar berani bertobat hari demi hari. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here