Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 18 Januari 2024 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 18 Januari 2024 dan Injil

135536
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 18 Januari 2024, Bacaan Injil Markus 3:7-12 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Sam. 18:6-9; 19:1-7; Mazmur: 56:2-3,9-10a,10b-11,12-13; PEKAN BIASA II (H); Sta.Priska: Sta.Margaretha dr Hongana; Pembukaan Pekan Doa Sedunia;

BACAAN I – 1 Samuel 18

1Sam 18:6
Tetapi pada waktu mereka pulang, ketika Daud kembali sesudah mengalahkan orang Filistin itu, keluarlah orang-orang perempuan dari segala kota Israel menyongsong raja Saul sambil menyanyi dan menari-nari dengan memukul rebana, dengan bersukaria dan dengan membunyikan gerincing;

1Sam 18:7
dan perempuan yang menari-nari itu menyanyi berbalas-balasan, katanya: “Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa.”

1Sam 18:8
Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat; dan perkataan itu menyebalkan hatinya, sebab pikirnya: “Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu; akhir-akhirnya jabatan raja itupun jatuh kepadanya.”

1Sam 18:9
Sejak hari itu maka Saul selalu mendengki Daud.

1Sam 19:1
Saul mengatakan kepada Yonatan, anaknya, dan kepada semua pegawainya, bahwa Daud harus dibunuh. Tetapi Yonatan, anak Saul, sangat suka kepada Daud,

1Sam 19:2
sehingga Yonatan memberitahukan kepada Daud: “Ayahku Saul berikhtiar untuk membunuh engkau; oleh sebab itu, hati-hatilah besok pagi, duduklah di suatu tempat perlindungan dan bersembunyilah di sana.

 

1Sam 19:3
Aku akan keluar dan berdiri di sisi ayahku di padang tempatmu itu. Maka aku akan berbicara dengan ayahku perihalmu; aku akan melihat bagaimana keadaannya, lalu memberitahukannya kepadamu.”

1Sam 19:4
Lalu Yonatan mengatakan yang baik tentang Daud kepada Saul, ayahnya, katanya: “Janganlah raja berbuat dosa terhadap Daud, hambanya, sebab ia tidak berbuat dosa terhadapmu; bukankah apa yang diperbuatnya sangat baik bagimu!

1Sam 19:5
Ia telah mempertaruhkan nyawanya dan telah mengalahkan orang Filistin itu, dan TUHAN telah memberikan kemenangan yang besar kepada seluruh Israel. Engkau sudah melihatnya dan bersukacita karenanya. Mengapa engkau hendak berbuat dosa terhadap darah orang yang tidak bersalah dengan membunuh Daud tanpa alasan?”

1Sam 19:6
Saul mendengarkan perkataan Yonatan dan Saul bersumpah: “Demi TUHAN yang hidup, ia tidak akan dibunuh.”

1Sam 19:7
Lalu Yonatan memanggil Daud dan Yonatan memberitahukan kepadanya segala perkataan itu. Yonatan membawa Daud kepada Saul dan ia bekerja padanya seperti dahulu.

 

MAZMUR 56 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 18 Januari 2024

Mzm 56:2
(56-3) Seteru-seteruku menginjak-injak aku sepanjang hari, bahkan banyak orang yang memerangi aku dengan sombong.

Mzm 56:3
(56-4) Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu;

Mzm 56:9
(56-10) Maka musuhku akan mundur pada waktu aku berseru; aku yakin, bahwa Allah memihak kepadaku.

Mzm 56:10
(56-11) Kepada Allah, firman-Nya kupuji, kepada TUHAN, firman-Nya kupuji,

Mzm 56:10
(56-11) Kepada Allah, firman-Nya kupuji, kepada TUHAN, firman-Nya kupuji,

Mzm 56:11
(56-12) kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

Mzm 56:12
(56-13) Nazarku kepada-Mu, ya Allah, akan kulaksanakan, dan korban syukur akan kubayar kepada-Mu.

Mzm 56:13
(56-14) Sebab Engkau telah meluputkan aku dari pada maut, bahkan menjaga kakiku, sehingga tidak tersandung; maka aku boleh berjalan di hadapan Allah dalam cahaya kehidupan.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 18 Januari 2024

Sekali peristiwa Yesus dengan murid-murid-Nya menyingkir ke danau, dan banyak sekali orang dari Galilea mengikuti-Nya, juga dari Yudea, dan Yerusalem, dari ldumea, dari seberang Yordan, dan dari daerah Tirus serta Sidon. Mereka semua datang kepada-Nya karena mendengar segala hal yang dilakukan-Nya. la menyuruh murid-murid-Nya menyediakan sebuah perahu bagi-Nya karena orang banyak itu, supaya mereka jangan sampai menghimpit-Nya.

Sebab la menyembuhkan banyak orang, sehingga semua penderita penyakit berdesak-desakan kepada-Nya hendak menyentuh-Nya. Setiap kali roh-roh jahat melihat Dia, mereka sujud di hadapan-Nya dan berteriak, “Engkaulah Anak Allah.” Namun, la dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia.

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 18 Januari 2024, Bacaan Injil

Dalam Injil hari ini kita melihat “orang banyak dari Galilea mengikuti Yesus” dan sejumlah besar orang datang dari berbagai tempat mengerumuni Dia. Mereka ingin nendengarkan Dia dan ingin disembuhkan. Dia memerhatikan mereka semua, tanpa kecuali. Kasih memaksa-Nya untuk menerima banyak sekali orang, bahkan menggunakan perahu untuk tetap bisa bersama mereka. Orang banyak dari berbagai tempat itu berkumpul sebagai satu kawanan yang dipersatukan Kristus.

Mari sejenak melihat realitas kehidupan beriman kita: di keuskupan kita, paroki kita, wilayah kita, stasi kita, lingkungan kita, dan kelompok-kelompok kategorial kita. Apakah kita benar-benar satu? Tantangan kita adalah agar orang lain dapat melihat kita sebagai komunitas umat beriman yang bersatu, dikumpulkan oleh Roh Kristus di dalam Gereja-Nya. Kita meneladan cara hidup jemaat perdana, “Kumpulan orang yang telah percaya itu sehati dan sejiwa, dan tidak seorang pun berkata bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama” (Kis. 4:32). Kesatuan kita harus tampak sebagai buah Ekaristi, serta buah persatuan pribadi masing-masing dengan Yesus. Sebab kita memakan roti yang sama untuk menjadi satu tubuh dalam Kristus.

Tuhan, kami bersyukur atas komunitas-komunitas di mana iman kami bertumbuh. Doronglah kami juga agar selalu mengupayakan kesatuan umat beriman dengan kelompok mana pun di dalam Gereja-Mu. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here