Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 16 Juli 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 16 Juli 2023, Bacaan Injil

16352
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 16 Juli 2023, Bacaan Injil Matius 13:1-9 (13:1-23) (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Yes. 55:10-11; Mazmur: 65:10abcd.10e-11.12-13.14; R: Luk 8:8; Bacaan II: Rm. 8:18-23; O PEKAN II; PEKAN BIASA XV (H); SP Maria dr Gunung Karmel; 

Pada suatu hari, Yesus keluar dari rumah dan duduk di tepi danau. Maka datanglah orang banyak berbondong-bondong lalu mengerumuni Dia, sehingga Yesus naik ke perahu dan duduk di situ, sedangkan orang banyak semuanya berdiri di pantai. Yesus mengajarkan banyak hal kepada mereka dengan memakai perumpamaan-perumpamaan. la berkata, “Ada seorang penabur keluar untuk menabur. Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di pinggir jalan, lalu datanglah burung-burung dan memakannya sampai habis.

Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, yang tidak banyak tanahnya, lalu benih itu pun segera tumbuh karena tanahnya tipis. Tetapi sesudah matahari terbit, layulah tumbuhan itu dan menjadi kering karena tidak berakar. Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati. Dan sebagian jatuh di tanah yang baik lalu berbuah, ada yang seratus ganda, ada yang enam puluh ganda, ada yang tiga puluh ganda. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 16 Juli 2023, Bacaan Injil

Bacaan Injil hari ini seolah-olah bertanya kepada diri kita: Bagaimanakah aku menerima sabda Tuhan? Apakah aku sungguh mendengarkan atau hanya mendengar sabda-Nya sepintas dan melupakan? Melalui perumpamaan seorang penabur, Tuhan Yesus tidak hendak menghakimi tetapi memanggil kita untuk mengubah cara hidup agar semakin setia pada benih yang terakhir: mendengarkan, menanggapi sabda Tuhan dan menghasilkan buah dalam hidup.

Nabi Yesaya menubuatkan kepada kita bahwa sabda Tuhan akan senantiasa menyertai dan berkarya sepanjang hidup kita. Dari pihak kita dibutuhkan kerja sama dengan Allah agar kita mencapai pertumbuhan dan kesuburan rohani. Dalam Bacaan Kedua, Rasul Paulus mengingatkan bahwa kita telah memiliki karunia Roh Kudus, namun kerap kali kita tidak menanggapinya. Oleh karenanya, kita membutuhkan karunia Allah agar sungguh menjadi manusia baru.

Tuhan Yesus tidak letih memanggil kita dan membisikkan sabda-Nya ke dalam telinga kita. Mari kita dengarkan dan berjuang dalam pertumbuhan rohani. Jangan sampai kuasa kejahatan dan godaan dunia menghalangi kita untuk berbuah.

.

Tuhan Yesus, semoga kami senantiasa mendengarkan dan menanggapi sabda-Mu dengan setia agar berbuah dalam kehidupan. Amin.

.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here