Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 11 Januari 2024 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 11 Januari 2024 dan Injil

130645
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 11 Januari 2024, Bacaan Injil Markus 1:40-45 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Sam. 4:1-11; Mazmur: 44:10-11. 14-15. 24-25; R:27b; PEKAN BIASA I (H); St.Aleksander; St.Petrus Balsamus; St.Teodorus Cenobiarch;

BACAAN I – 1 Samuel 4

1Sam 4:1
Dan perkataan Samuel sampai ke seluruh Israel. (4-1b) Orang Israel maju berperang melawan orang Filistin dan berkemah dekat Eben-Haezer, sedang orang Filistin berkemah di Afek.

1Sam 4:2
Orang Filistin mengatur barisannya berhadapan dengan orang Israel. Ketika pertempuran menghebat, terpukullah kalah orang Israel oleh orang Filistin, yang menewaskan kira-kira empat ribu orang di medan pertempuran itu.

1Sam 4:3
Ketika tentara itu kembali ke perkemahan, berkatalah para tua-tua Israel: “Mengapa TUHAN membuat kita terpukul kalah oleh orang Filistin pada hari ini? Marilah kita mengambil dari Silo tabut perjanjian TUHAN, supaya Ia datang ke tengah-tengah kita dan melepaskan kita dari tangan musuh kita.”

1Sam 4:4
Kemudian bangsa itu menyuruh orang ke Silo, lalu mereka mengangkat dari sana tabut perjanjian TUHAN semesta alam, yang bersemayam di atas para kerub; kedua anak Eli, Hofni dan Pinehas, ada di sana dekat tabut perjanjian Allah itu.

1Sam 4:5
Segera sesudah tabut perjanjian TUHAN sampai ke perkemahan, bersoraklah seluruh orang Israel dengan nyaring, sehingga bumi bergetar.

 

1Sam 4:6
Dan orang Filistin yang mendengar bunyi sorak itu berkata: “Apakah bunyi sorak yang nyaring di perkemahan orang Ibrani itu?” Ketika diketahui mereka, bahwa tabut TUHAN telah sampai ke perkemahan itu,

1Sam 4:7
ketakutanlah orang Filistin, sebab kata mereka: “Allah mereka telah datang ke perkemahan itu,” dan mereka berkata: “Celakalah kita, sebab seperti itu belum pernah terjadi dahulu.

1Sam 4:8
Celakalah kita! Siapakah yang menolong kita dari tangan Allah yang maha dahsyat ini? Inilah juga Allah, yang telah menghajar orang Mesir dengan berbagai-bagai tulah di padang gurun.

1Sam 4:9
Kuatkanlah hatimu dan berlakulah seperti laki-laki, hai orang Filistin, supaya kamu jangan menjadi budak orang Ibrani itu, seperti mereka dahulu menjadi budakmu. Berlakulah seperti laki-laki dan berperanglah!”

1Sam 4:10
Lalu berperanglah orang Filistin, sehingga orang Israel terpukul kalah. Mereka melarikan diri masing-masing ke kemahnya. Amatlah besar kekalahan itu: dari pihak Israel gugur tiga puluh ribu orang pasukan berjalan kaki.

1Sam 4:11
Lagipula tabut Allah dirampas dan kedua anak Eli, Hofni dan Pinehas, tewas.

 

MAZMUR 44 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 11 Januari 2024

Mzm 44:10
(44-11) Engkau membuat kami mundur dari pada lawan kami, dan orang-orang yang membenci kami mengadakan perampokan.

Mzm 44:11
(44-12) Engkau menyerahkan kami sebagai domba sembelihan dan menyerakkan kami di antara bangsa-bangsa.

Mzm 44:14
(44-15) Engkau membuat kami menjadi sindiran di antara bangsa-bangsa, menyebabkan suku-suku bangsa menggeleng-geleng kepala.

Mzm 44:15
(44-16) Sepanjang hari aku dihadapkan dengan nodaku, dan malu menyelimuti mukaku,

Mzm 44:24
(44-25) Mengapa Engkau menyembunyikan wajah-Mu dan melupakan penindasan dan impitan terhadap kami?

Mzm 44:25
(44-26) Sebab jiwa kami tertanam dalam debu, tubuh kami terhampar di tanah.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 11 Januari 2024

Sekali peristiwa seorang penderita sakit kulit yang menajiskan datang kepada Yesus, dan sambil bersujud di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya, “Kalau Engkau mau, Engkau dapat menahirkan aku.” Lalu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan. la mengulurkan tangan-Nya, menyentuh orang itu dan berkata kepadanya, “Aku mau, jadilah tahir.” Seketika itu juga lenyaplah penyakit kulit orang itu dan ia menjadi tahir.

Segera la menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras, “Ingat, jangan katakan sesuatu kepada siapa pun juga, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk penahiranmu persembahan, yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka.” Namun, orang itu pergi memberitakan peristiwa itu serta menyebarkannya ke mana-mana sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. la tinggal di luar di tempat-tempat yang terpencil; tetapi, orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru.

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 11 Januari 2024, Bacaan Injil

Dalam Injil hari ini, si penderita sakit kulit atau kusta memohon dengan bertanya kepada Yesus, apakah Yesus mau menyembuhkan dirinya. Yesus sungguh ingin menyembuhkannya karena la tergerak oleh belas kasihan. Yesus menyembuhkannya bukan dari jauh, melainkan dari dekat, dengan menyentuhnya. Kusta adalah penyakit kulit yang dianggap kotor dan najis oleh orang Yahudi. Maka, penderita kusta harus memisahkan diri dari komunitas, harus berada sejauh mungkin dari masyarakat umum. Namun, Yesus tidak takut mendekati, bahkan menyentuh dan menyembuhkan si kusta itu.

Yesus mengajarkan kepada kita bahwa tidak cukup hanya mencintai dari kejauhan. Mereka yang bekerja merawat orang sakit sangat memahami bahwa ada kekuatan penyembuhan dan pemulihan yang nyata melalui keterlibatan pribadi dalam bentuk sentuhan manusiawi. Karena itu, hadirlah di dekat orang-orang terkasih kita, teristimewa pada saat mereka sakit atau sedih. Kita juga perlu belajar dari si kusta. Milikilah keberanian seperti dia yang mengakui diri sakit dan meminta tolong. Kita semua tahu betapa sakitnya menderita dalam diam, ketika kita tidak ingin membaginya dengan orang-orang yang mungkin saja siap menanggung kesusahan untuk kita dan bersama kita.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini 10 Januari 2024

.

.

Tuhan, mampukanlah kami untuk percaya bahwa di sekitar kami ada kebaikan, terutama puda saat kami terpuruk dan putus asa. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here