Renungan Harian Katolik 7 September 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 7 September 2023, Bacaan Injil Lukas 5:1-11 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: Kol. 1:9-14; Mazmur: 98:2-6; R: 2a; PEKAN BIASA XXII (H); 

Pada suatu ketika, Yesus berdiri di pantai Danau Genesaret. Orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan sabda Allah. Yesus melihat dua buah perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya. la naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahu itu sedikit jauh dari pantai. Lalu Yesus duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu. Selesai berbicara Ia berkata kepada Simon, “Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan.”

Simon menjawab, “Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa. Tetapi atas perintah-Mu, aku akan menebarkan jala juga.” Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap ikan dalam jumlah besar, sehingga jala mereka mulai koyak. Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain, supaya mereka datang membantu. Maka mereka itu datang, lalu mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam. Melihat hal itu Simon tersungkur di depan Yesus dan berkata, “Tuhan, tinggalkanlah aku, karena aku ini seorang berdosa.”

Sebab Simon dan teman-temannya takjub karena banyaknya ikan yang mereka tangkap. Demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Yesus lalu berkata kepada Simon, “Jangan takut. Mulai sekarang engkau akan menjala manusia.” Dan sesudah menghela perahu-perahunya ke darat, mereka lalu meninggalkan segala sesuatu, dan mengikuti Yesus.

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 7 September 2023, Bacaan Injil

Jika kita berani mengikuti petunjuk Tuhan dalam hidup kita sehari-hari sebagaimana para murid lakukan dalam Injil hari ini, maka pekerjaan kita akan berlimpah hasilnya bahkan menakjubkan. Paulus pun dalam bacaan pertama berdoa supaya kita “memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik” (Kol. 1: 10). Memang tidak setiap hari kita menyelesaikan pekerjaan kita dengan baik dan memuaskan. Akan tetapi, sekurang-kurangnya kita dapat menulainya dengan niat baik dan mengakhirinya dengan harapan besar. Bagaimana kita dapat membuat hal tersebut menjadi konkret?

Baca Juga: Renungan Harian Katolik 6 September 2023

Hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah memulai rencana dan pekerjaan kita dengan doa singkat, bahkan dengan tanda salib pun bisa, dan mengakhirinya dengan doa singkat pula. Untuk lebih serius, kita dapat memulai hari kita dengan membaca perikop Injil, memilih ayat yang berkesan, merenungkan kehendak Tuhan bagi kita hari ini dan memohon bimbingan Tuhan sepanjang harí. Malam hari sebelum tidur, kita meluangkan waktu tiga menit untuk memeriksa batin: apa yang perlu kita syukuri dan sesali. Kita mohon ampun kepada Tuhan atas kelalaian kita dan bersyukur atas penyertaan-Nya hari ini. Dengan demikian, dari hari ke hari kita melihat hidup ini semakin baik dan memuaskan.

.

Ya Tuhan, condongkanlah selalu telinga kami kepada kehendak-Mu dan bukalah pikiran kami terhadap solusi baru bagi persoalan pekerjaan dan hidup kami. Amin.

.

Sumber renungan harian katolik: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here