Renungan Harian Katolik 31 Agustus 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 31 Agustus 2023, Bacaan Injil Matius 24:42-51 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Tes. 3:7-13; Mazmur: 90:3-4.12-13.14.17; PEKAN BIASA XXI (H); St.Raymundus Nonnatus; B.Andreas dari Sansepolcro; 

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Sebab itu, hendaklah karmu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.

Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. Akan tetapi, apabila hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya:

Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk, maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 31 Agustus 2023, Bacaan Injil

Menjadi hamba yang terus berjaga-jaga, tidak lengah, tetap siap sedia tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Dibutuhkan kesabaran, ketekunan, konsistensi dan keuletan dalam hidup. Apa yang dapat mendorong kesabaran, konsistensi, ketekunan dan keuletan? Jemaat Tesalonika sungguh teguh berdiri di dalam Tuhan dan berkelimpahan kasih seorang terhadap yang lain. Mereka teguh berdiri dengan tekun, tidak lengah, siap-sedia karena memiliki kasih yang berasal dari Allah dan kasih yang berlimpah antar sesama anggota.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik 30 Agustus 2023

Ternyata untuk terus sabar, tekun dan tidak lengah, setiap orang harus memiliki kasih berlimpah dari Allah dan kepada saudara dan saudari. Hamba yang berlimpah kasih-karunia harusnya mampu terus berjaga dan didapati tuannya melakukan tugasnya ketika ia datang. Hamba sedemikian ini akan mendapat kepercayaan yang besar.

Sebaliknya, hamba yang tidak memiliki kasih di dalam dirinya, akan menjadi hamba jahat dan mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan dan minum bersama pemabuk-pemabuk. Hamba seperti ini akan mendapatkan ganjarannya. Marilah kita memiliki kasih berlimpah, agar mampu menjadi hamba yang terus berjaga-jaga.

.

Tuhan, berilah kami kasih-Mu agar kami sanggup menjadi hamba yang tekun dan bahagia. Amin.

 

.

Sumber renungan harian katolik: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here