Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik 2 September 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Katolik 2 September 2023, Bacaan Injil

18744
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 2 September 2023, Bacaan Injil Matius 25:14-30 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Tes. 4:9-11; Mazmur: 98:1.7-8.9: R: Ih. 9; PEKAN BIASA XXI (H); B.Ludovikus Yosef Francois, Yohanes Gruyer, dan Petrus R.Raque; B.Yohanes F.Burte; Hari sabtu Imam;; 

Pada suatu hari Yesus mengemukakan perumpamaan berikut kepada murid-murid-Nya, “Hal Kerajaan Surga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan memercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberinya lima talenta, yang seorang lagi dua, dan seorang yang lain lagi satu, masing-masing menurut kermampuannya. Lalu ia berangkat.

Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. la menjalankan uang itu dan mernperoleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua talenta pun berbuat demikian, dan mendapat laba dua talenta. Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lubang di tanah, lalu menyembunyikan uang tuannya. Lama kemudian pulanglah tuan hamba-hamba itu, lalu mengadakan perhitungan dengan mereka.

Hamba yang menerima lima talenta datang dan membawa laba lima talenta. la berkata “‘Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku. Lihat, aku telah memperoleh laba lima talenta. Maka kata tuannya kepadanya, ‘”Baik sekali perbuatanmu itu, harmba yang baik dan setia: engkau telah setia dalam perkara kecil! Aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.”

Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta, katanya, “Tuan, dua talenta Tuan percayakan kepadaku. Lihat, aku telah mendapat laba dua talenta.” Maka kata tuan itu kepadanya, “Baik sekali perbuatanmu hamba yang baik dan setia! Karena engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara kecil, maka aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.” (Bacaan selengkapnya lihat Alkitab!)

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 2 September 2023, Bacaan Injil

Bekerja adalah kata yang merangkai nasihat Paulus dan perumpamaan Yesus hari ini.  Paulus menasihati kita untuk bekerja dengan tekun dan tenang, sedangkan Yesus lewat perumpamaan, mengajar kita untuk mengembangkan talenta yang telah kita terima. Kita bekerja untuk mendapatkan nafkah agar hidup layak. Akan tetapi, makna pekerjaan kita lebih daripada itu. Dengan bekerja, kita juga menghargai waktu hidup dan talenta yang kita terima dari Tuhan.

Pekerjaan adalah bukti pertanggungjawaban kita atas waktu, tenaga, dari pikiran yang Tuhan berikan. Ketika kita bekerja, kita merealisasikan diri. Di atas semua itu, kita mengambil bagian dalam karya penyelamatan Tuhan. Kita diberi tugas untuk melanjutkan karya penciptaan. Semoga makna positif dari bekerja membuat kita melakukannya dengan sukacita tanpa bersungut-sungut.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik 1 September 2023

Kadang pekerjaan tangan dianggap lebih rendah dari jenis pekerjaan lain. Sebenarnya, tidak ada pekerjaan hina dan terlalu kecil sejauh itu bermoral dan dilakukan dengan cinta dan tanggung jawab. Menjadi petugas sampah tidak kalah penting dengan manajer perusahaan. Mari kita menghargai pekerjaan orang lain dengan memberikan apresiasi dan upah layak.

.

Ya Tuhan, bantulah mereka yang mencari pekerjaan hari ini. Semoga mereka mendapatkan pekerjaan sesuai pendidikan dan keahlian mereka dan mendapat upah yang layak. Amin.

 

.

Sumber renungan harian katolik: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here