Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik 18 September 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Katolik 18 September 2023, Bacaan Injil

19890
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 18 September 2023, Bacaan Injil Lukas 7:1-10 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Tim. 2:1-8; Mazmur: 28:2.7.8-9; R:6; PEKAN BIASA XIV (H); St.Yosef dr Copertino, St.Yohanes Makias; 

Pada suatu ketika, setelah mengakhiri pengajaran-Nya kepada orang banyak, masuklah Yesus ke Kapernaum. Di situ ada seorang perwira yang mempunyai seorang hamba yang amat ia hargai. Hamba itu sedang sakit keras dan hampir mati. Ketika mendengar tentang Yesus, la menyuruh beberapa orang tua-tua Yahudi kepada-Nya untuk meminta agar la datang dan menyembuhkan hamba-Nya. Mereka datang kepada Yesus dan dengan sangat mohon pertolongan-Nya, katanya, “Sudah selayaknya Engkau menolong dia, sebab ia mengasihi bangsa kita, dan dialah yang menanggung pembangunan rumah ibadat kami.”

Maka pergilah Yesus bersama mereka. Ketika Yesus tidak jauh lagi dari rumahnya, perwira itu menyuruh beberapa sahabatnya mengatakan kepada Yesus, “Tuan, janganlah bersusah-susah, sebab aku tidak layak menerima Tuan dalam rumahku. Sebab itu aku juga merasa tidak pantas datang sendiri mendapatkan Tuan. Tetapi katakanlah sepatah kata saja, maka hambaku akan sembuh. Sebab aku pun searang bewahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang ‘Pergi!’ maka ia pergi: atau kepada yang lain, ‘Datanglah!’ maka ia datang:dan jika aku berkata kepada hambaku, ‘Kerjakanlah ini!’ maka ia pun mengerjakannya. “

Mendengar itu, heranlah Yesus akan dia. Sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti-Nya, la berkata, “Aku berkata kepadamu: Di Israel pun iman sebesar itu belum pernah Kujumpai. Setelah orang-orang suruhan itu kembali ke rumah, mereka mendapati hamba yang sakit itu sudah sehat kembali.

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 18 September 2023, Bacaan Injil

Dari awal mula, Tuhan “menghendaki agar semua orang diselamatkan” (1 Tim. 2:4). Dan, Injil hari ini memperlihatkan bahwa kehendak Tuhan tersebut nyata ketika Yesus melayani siapa saja, termasuk perwira yang mungkin seorang Romawi, penjajah Israel. Tuhan memerhatikan semua umat manusia. Lagi pula kita percaya bahwa Tuhan itu satu dan Dia adalah Bapa kita. Itu berarti Tuhan adalah Bapa semua umat manusia dan kita adalah satu keluarga. Tuhan memperlakukan semua manusia sebagai anak-anak-Nya.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik 17 September 2023

Cara pandang Tuhan ini adalah kabar baik yang perlu kita wartakan kepada semua orang. Sebenarnya kita dapat melihat sesama seperti Tuhan melihat mereka. Contohnya dalam hal berdoa. Ketika kita dalam perjalanan entah itu dengan bus, kapal, atau pesawat, kita berdoa tidak hanya bagi kita atau golongan kita, tetapi juga bagi semua penumpang. Jika ada satu penumpang mengalami kecelakaan, itu berarti penumpang lainnya pun mengalami hal yang sama. Berdoa bagi semua orang, termasuk mereka yang berbeda agama dengan kita adalah sesuai kehendak Tuhan.

.

Ya Bapa, berkatilah dan jagalah para pengendara, semoga mereka selalu sehat saat mengemudi kendaraan. Amin.

.

Sumber renungan harian katolik: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here